Kalah Saing Di Pasar, Ini Kata Suzuki Soal Karimun

21/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Suzuki Karimun Wagon R bisa dibilang 'kalah set' bila dibandingkan dengan rival sekelasnya, tapi Suzuki Indonesia punya prespektif sendiri terhadap produk ini

Di artikel kami sebelumnya telah diungkapkan analisis dari tim Cintamobil.com mengapa Suzuki Karimun Wagon R tak mampu bersaing di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Namun ternyata Suzuki Indonesia punya sudut pandang lain soal mobil ini.

Fokus Fleet Customer

"Konsumen dari Suzuki Karimun Wagon R ini lebih ke arah fungsional, dan di saat kondisi pandemic ini, penjualannya kami fokuskan ke arah fleet (perusahaan), kami juga melakukan penjualan ke fleet customer," buka Dony Saputra, selaku 4W Marketing Director, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki Karimun Wagon R GS Blind Van

Karimun Wagon R GS pesanan fleet

Lebih lanjut, pria ramah yang akrab disapa Dony ini juga bilang, kalau pihaknya juga punya strategi khusus untuk Suzuki Karimun, "Ini merupakan salah satu strategi dari Suzuki untuk bagaimana menghadirkan portofolio produk yang baik, sehingga kami usahakan tidak hanya bergantung di pasar domestik," tambahnya.

>>> Suzuki Karimun Wagon R Kalah Saing Lawan LCGC Lainnya, Ini Penyebabnya

Karimun Jadi Jagoan Fleet & Ekspor

"Tapi juga bagaimana produk-produk ini bisa kami ekspor dan bersaing di negara-negara tujuan yang kami ekspor," tukas Dony. Karena, "Memang kalau dilihat volume ekspor dan domestik lebih banyak volume ekspornya," ujar Dony yang juga pegang Kartu Anggota Karimun Club Indonesia ini.

Suzuki Blind Van Series

Mobil-mobil ini juga jadi jagoan ekspor

Dony juga menambahkan, bila dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, angka penjualan retail domestik memang naik 25%, dari angka 45 ribuan ke angka 56 ribuan. Data ini dari bulan Januari sampai dengan Agustus.

Tampilan depan Suzuki Karimun Wagon R GS BV 2021

Karimun jadi salah satu pahlawan devisa negara

"Selain itu angka ekspor kami juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2020, tahun ini volume ekspor kami naik 37% dibandingkan tahun lalu atau kira-kira dari 29 ribu menjadi 39 ribu (hampir 40 ribu kurang sedikit lagi)," ujar Dony.

>>> Penawaran terbaik Karimun bisa Anda dapatkan di sini

Kapan Facelift? Sinyal Digantikan S-Presso?

Karimun Wagon R juga sudah cukup lama tidak mendapatkan pembaharuan atau update produk. Sepengamatan kami, Karimun mendapat update cukup banyak di tahun 2017 dan tahun 2020 lalu yang mana PT SIS meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition.

Suzuki S-Presso Filipina

Suzuki S-Presso bakal gantikan Karimun?

Saat ditanya mengenai rencana produk baru maupun rumor soal Suzuki S-Presso yang akan menggantikan Karimun, pria ramah ini belum ingin menjawab. "Kami masih belum bisa memberikan informasi mengenai rencana produk baru, maupun yang berkaitan dengan penghentian produk. Saya mohon maaf bila tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Karena ini berkaitan dengan strategi kami di pasar Indonesia," tutup Dony.

>>> Suzuki S-Presso Lebih Cocok Di Indonesia Dari Karimun Baru?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top