Kalah Popularitas, Mobil Murah Renault Kwid Tidak Diminati

09/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kalah Popularitas, Mobil Murah Renault Kwid Tidak Diminati
Meski mobil murah banyak diburu karena harga yang terjangkau, tidak menjamin semua mobil murah pasti laris. Salah satunya yang dialami mobil asal Prancis, Renault Kwid.

Gambar Renault Kwid tampak dari depan

Peluncuran Renault Kwid di Indonesia tahun 2016

Saat pertama diluncurkan akhir 2016 Renault Kwid langsung jadi sorotan. Betapa tidak, meski hanya dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc mobil ini adalah buatan Eropa yang tak perlu diragukan kualitasnya. Sudah begitu Renault Kwid dijual cukup murah hanya Rp 117,7 juta saja (kala itu) atau setara dengan harga mobil low cost green car (LCGC), padahal tidak masuk dalam segmen LCGC.

Beberapa bulan setelah peluncuran, baru terlihat kalau mobil murah Renault Kwid tidak banyak dibeli konsumen Indonesia karena memang kurang diminati.

Di tahun 2018 ini, penjualan Renault Kwid juga masih sangat minim. Sepanjang Januari hingga Mei hanya laku 53 unit saja dengan 19 unit terjual di bulan Mei.

>>> Baca review dan spesifikasi lengkap Renault Kwid 2017 di cintamobil!

Gambar Interior kursi Renault Kwid sangat canggih

Renault Kwid dibekali interior mewah khas Eropa

Bandingkan dengan dua mobil murah LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang bisa terjual lebih dari 2 ribu unit tiap bulan. Jauh, bagai langit dan sumur bor. Padahal bila dibanding dengan Agya yang harganya paling murah Rp 133.4 juta, harga Renault Kwid saat ini masih lebih murah, hanya Rp 119,6 juta.

Ada yang menganggap ini hanyalah soal merek. Andai Kwid ini berlabel merek Jepang, mungkin ceritanya bisa lain sebab diakui atau tidak, konsumen Indonesia masih suka ke Jepang-jepangan untuk soal otomotif.

>>> Beragam berita pasar mobil yang lain bisa Anda dapatkan di sini

>>> Cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top