Kala Suzuki Ertiga Disulap Menjadi Ambulan

19/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Kala Suzuki Ertiga Disulap Menjadi Ambulan
Detail mobil Ambulan berbasis dari Suzuki Ertiga 2018 banyak bertebaran di dunia maya. Kendati harganya belum diketahui, mobil ini tidak dikeluarkan secara resmi oleh ATPM, dan merupakan hasil modifikasi dealer.

Jadi andalan Suzuki dalam pertarungan di segmen Low MPV, Ertiga kini telah memasuki generasi kedua, dan tersedia dalam berbagai varian, yakni GA, GL, GX dan Sport yang kemunculannya tinggal menunggu hari saja.

Bocoran Suzuki Ertiga Sport berwarna hitam

Bocoran fascia depan Suzuki Ertiga Sport, yang akan diluncurkan beberapa saat lagi

Dengan dimensi yang cukup besar, panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm, mobil ini menawarkan bagasi 153 liter saat ketiga bangkunya berdiri, dan melonjak hingga 803 liter saat bangku tengah dan belakang ditiadakan.

>>> Baca Juga:

Tak heran, Ertiga dapat menjadi platform ideal bagi ambulan, seperti yang dilakukan PT. Sejahtera Buana Trada, selaku dealer utama Suzuki daerah Kep. Riau, yang menyulap Ertiga varian GL menjadi sebuah ambulan.

>>> Mencari Suzuki Ertiga atau mobil Suzuki lainnya?

Dari tampilan luar, hal yang paling mencolok perhatian adalah adanya lampu peringatan khas mobil ambulan yang ditempatkan di atap, serta livery ambulan yang ditempelkan ke mobil yang berwarna dasar silver itu.

Masuk ke dalam, kita tidak menemukan perbedaan signifikan pada bagian depan, selain tambahan control panel yang berfungsi mengatur lampu peringatan, sirine, dan sistem pengeras suara.

Perubahan signifikan terdapat pada bagian tengah dan belakang mobil. Hampir semua bangku baris kedua dan ketiga dilenyakpan, memberi ruang cukup untuk menempatkan berbagai peralatan medis, seperti lemari obat-obatan, tandu, tabung oksigen, dan sejumlah peralatan medis lainnya.

>>> Sebelum meminang Ertiga, ada baiknya lihat ini dulu

Penampakan mesin Suzuki K15B

Tidak ada modifikasi apapun terhadap mesin K15B, yang dinilai sudah cukup mumpuni

Untuk urusan dapur pacu, Suzuki tidak melakukan perubahan apapun terhadap mesin K15B, yang berkapasitas 1500cc dengan teknlologi VVT yang menghasilkan tenaga puncak 104,7 PS @6000 rpm dan torsi puncak 138 Nm @4,400 rpm.

Untuk pilihan transmisi, Ertiga generasi kedua mendapatkan dua pilihan, yakni manual lima kecepatan dan automatic torque converter empat percepatan.

Penasaran bagaimana penampakannya, simak video di bawah ini:

>>> Berita Seputar mobil baru terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top