Kachow! Akhirnya Terungkap Jati Diri Mobil Asli Lightning McQueen

21/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Kachow! Akhirnya Terungkap Jati Diri Mobil Asli Lightning McQueen
Bagi mereka yang menyukai dunia otomotif dalam bentuk film maupun animasi, ada satu lagi misteri dalam dunia otomotif yang masih belum terpecahkan hingga saat ini; sebenarnya Lightning McQueen dalam seri Cars adalah mobil apa?

Karakter utama dan pahlawan otomotif dari trilogi Cars, Lightning McQueen pertama kali diperkenalkan pada 2006, saat popularitas NASCAR sedang naik-naiknya. Film animasi digital ini meraih kesuksesan box office, menghasilkan lebih dari $ 460 juta di seluruh dunia. Ketiga film bahkan berhasil menghasilkan lebih dari $ 1 miliar. Namun masih ada pertanyaan di otak para penggemar mobil ini, Lightning McQueen itu sebenarnya mobil apa?

>>> Kisah John DeLorean, Pencipta “Mesin Waktu”, Akan Diadaptasi dalam Film Semi-Dokumenter

Lightning McQueen berwarna merah

Lightning McQueen ternyata dibuat berbasis beberapa mobil

Secara umum diakui bahwa McQueen tidak didasarkan pada satu model pun. Tetapi mereka yang berada di DriveTribe tidak puas dan mencoba mencari tahu asal-usul dari mobil bernomor 95 ini. Kita tahu bahwa film ini memiliki tema NASCAR, sehingga beberapa komponen seperti roda, knalpot samping, bahkan spoiler depan mirip yang digunakan pada seri balap tersebut.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dan banyak pilihan? Di sini tempatnya

Meskipun begitu, selain beberapa komponen dibuat lebih besar dibandingkan spesifikasi NASCAR, masih ada beberapa desain yang sangat tidak NASCAR dalam Lightning McQueen. Penggemar Chevrolet bahkan melihat tidak sedikit pengaruh Corvette terhadap seluruh desain mobil tersebut. Mike Fernie dari DriveTribe melakukan beberapa penggalian untuk menemukan identitas mobil tersebut.

Chevrolet Corvette berwarna kuning

Lightning McQueen awalnya dibuat berdasarkan Chevrolet Corvette

Sepertinya, Chevrolet awalnya terlibat dalam proyek Cars, tetapi kerja sama kedua belah pihak tidak berhasil hingga akhir. Jadi karena itu desain mobil ini diubah. Aksen Corvette jelas terlihat, tetapi Fernie menjelaskan bahwa desainer Pizar beralih ke Le mans untuk inspirasi tambahan, dengan aksen Ford GT40 asli di belakang dan prototipe milik Lola terlihat di depan.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Tak hanya itu, Fernie mengajukan pertanyaan tentang asal usul Lightning McQueen kepada jurnalis motor dan presenter The Grand Tour, James May. Ia tidak hanya mengidentifikasi koneksi NASCAR dan Corvette, tetapi juga menunjukan kaca depan dan garis atap yang tak dapat disangkal berasal dari Porsche 911.

Lihat bagaimana Mike Fernie dan James May mengidentifikasi Lightning McQueen

Dan akhirnya terungkap. Mobil animasi keren dengan segudang kemenangan tercipta dari kendaraan berbasis NASCAR dengan proporsi Corvette, atap 911, aksen GT40 di belakang, dan prototipe Lola Cars di depan. Kolaborasi desain dan tampilan yang luar biasa untuk Lightning McQueen.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top