Kabar Gembira Untuk Kita Semua! Bulan Desember 2019 Ini Kementerian PUPR Siap Buka Tol Layang Jakarta Cikampek II

04/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kabar Gembira Untuk Kita Semua! Bulan Desember 2019 Ini Kementerian PUPR Siap Buka Tol Layang Jakarta Cikampek II
Kabar gembira untuk kita semua! Bukan karena kulit manggis kini ada ekstraknya, tapi pada bulan Desember 2019 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersiap buka Tol Layang Jakarta Cikampek II guna hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2019.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) II dengan panjang sepanjang 36,4 Km. Jalan Tol layang ini dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas serta mendukung kegiatan masyarakat kawasan metropolitan yang saat ini sudah sangat padat. Menteri Basuki mengatakan selesainya tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat karena akan menunjang kelancaran mobilitas angkutan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke 3 kawasan industri di Cikarang, Karawang dan Cibitung maupun arus lalu lintas dari Jakarta ke arah Bandung dan ke arah Tol Trans Jawa akan sangat terbantu dengan adanya tol Japek II ini.

>>> Inilah daftar jalan tol gratis untuk liburan natal dan tahun baru

Gambar menunjukkan jalan Tol Japek II

Jalan tol Japek II (Jakarta Cikampek) siap digunakan liburan Natal dan Tahun Baru 2019 ini

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, “Sesuai arahan Bapak Menteri PUPR, Tol Japek II agar segera dioperasikan akhir November atau awal Desember 2019 supaya bisa digunakan saat mudik Natal dan Tahun Baru mendatang,” tukas Danang sapaan akrab Danang Parikesit. "Adapun skema tarif tengah dibahas disesuaikan dengan tarif pada ruas tol eksisting atau dilakukan rebalancing, Masih kami bahas terus dengan Ditjen Bina Marga dan PT. Jasa Marga, mudah-mudahan dapat disepakati skemanya sebelum Natal," tambah Danang.

>>> Inilah calon jalan tol terpanjang di Indonesia

Gambar menunjukkan Permukaan Jalan Tol Japek II

Permukaan jalan tol Japek sudah siap untuk digunakan

Adanya Tol Layang Japek II tentunya akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada dibawahnya serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh  terutama golongan I dan II dapat menggunakan Tol Layang Japek II. Tol Layang Japek II berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). Pengusahaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang merupakan anak usaha dari PT. Jasa Marga.

>>> Sedang cari mobil dengan kondisi dan harga terbaik? Kami punya solusinya

Gambar menunjukkan Kemacetan Tol Jakarta Cikampek

Kemacetan di jalan tol Cikampek dan simpulan tol lain tak akan terjadi lagi

Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated merupakan bentuk kerja sama operasi (KSO) antara PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk memiliki biaya konstruksi sebesar Rp 11,69 triliun. Selain itu memilki 9 Zona Konstruksi yakni, Zona I Cikunir – Bekasi Barat sepanjang 2,94 km, Zona II Bekasi Barat – Bekasi Timur sepanjang 3,42 km, Zona III Bekasi Timur – Tambun sepanjang 4,40 km, Zona IV Tambun – Cibitung sepanjang 3,30 km, Zona V Cibitung – Cikarang Utama sepanjang 4,66 km, Zona VI Cikarang Utama – Cikarang Barat sepanjang 1,96 km, Zona VII Cikarang Barat – Cibatu sepanjang 3,11 km, Zona VIII Cibatu – Cikarang Timur sepanjang 3,00 km, dan Zona IX Cikarang Timur – Karawang Barat sepanjang 9,58 km.

>>> Ini daftar tarif tol terbaru di Indonesia

Gambar menunjukkan melaju di jalan tol

Dengan adanya tol Japek II akan membuat akses ke tol trans jawa semakin cepat

Selain itu, Kementerian PUPR bersama Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan rangkaian uji beban pada Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II. Pengujian beban pertama dilakukan pada Rabu malam (2/10/2019) di ruas KM 39 yang memiliki bentang jembatan sepanjang 75 meter dengan menggunakan 16 truk berbobot masing-masing 40 ton terdiri dari uji statis dan dinamis. Pengujian beban ke dua dilakukan pada Senin malam (7/10/2019) pada Ruas KM 19. Pengujian beban ke tiga dilakukan pada Selasa (15/10/2019) pada Jembatan KM 10 dan pengujian beban terakhir pada Selasa malam (29/10/2019) pada jembatan di area 2 (P194 – P197) KM 22.

Video mengenai Tol Japek II

>>> Berita otomotif terlengkap dapat Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Daftar Tol Yang Gratis

03/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang mau bepergian saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 bisa memanfaatkan beberapa ruas tol yang gratis berikut untuk menghemat waktu dan biaya.

Lihat juga

Waspadai Derek Liar di Jalan Tol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya

03/12/2019

Pengemudian

3 menit

Derek liar menyasar mobil-mobil mogok di jalan tol demi mendapat banyak keuntungan. Agar tidak jadi korban, begini saran polisi untuk mengetahui dan menghindarinya.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

28/11/2019

Pengemudian

5 menit

Setelah disejumlah ruas jalan protokol, tilang elektronik di jalan tol juga sudah berlaku. Bahkan titik-titik kamera dipasang pada ruas jalan yang menghubungkan antara Jakarta dengan kota-kota lain disekitarnya.

Lihat juga

Begini Cara Nyetir di Jalan Tol Luar Kota Buat Pemula

01/12/2019

Pengemudian

5 menit

Ada cara nyetir di jalan tol luar kota yang patut Anda ketahui. Apalagi jika Anda termasuk pengemudi pemula yang belum pernah berkendara antar kota. Karena kendaraan lain di jalan tol berbeda dibanding jalan biasa.

Lihat juga

Bakal Ada Yang Mengalahkan Rekor Tol TERPEKA Sebagai Ruas Tol Terpanjang di Indonesia

23/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Tak lama lagi bakal ada yang mengalahkan rekor ruas Tol TERPEKA (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung) sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Lihat juga