Jokowi Undang Tesla Berkunjung ke Indonesia

14/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jokowi Undang Tesla Berkunjung ke Indonesia
Presiden Joko Widodo dikabarkan mengundang Tesla untuk datang ke Indonesia. Kedua belah pihak sempat berbicara lewat sambungan telepon belum lama ini.

Kabar terkait ketertarikan Tesla untuk berinvestasi di Indonesia tampaknya kian nyata. Baru-baru ini Presiden Joko Widodo didampingin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk pada Jumat (11/12/2020). 

Dalam kesempatan tersebut keduanya membicarakan soal peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia. 

mobil Tesla

Deretan mobil listrik yang digarap perusahaan besutan Elon Musk itu

>>> Tesla Tertarik Bangun Pabrik di Jawa Tengah

Akan Segera Kirim Perwakilan

Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X seperti dibeberkan dalam keterangan resmi keterangan resminya yang dilihat Cintamobil.com, Minggu (13/12/2020). 

Menanggapi hal itu, CEO Tesla Elon Musk dikabarkan akan mengirimkan timnya pada bulan Januari 2021 dalam menjajaki kerjasama tersebut. Pemerintah juga sempat mengirim perwakilan untuk ke Negeri Paman Sam Amerika Serikat pada pertengahan November lalu lewat Luhut. 

“Ini sangat penting karena kami punya rencana besar untuk membuat Indonesia sebagai produsen terbesar baterai lithium, dan kami didukung sumber daya nikel yang melimpah,” sebut Jokowi kala itu. 

Seperti diberitakan sebelumnya, produsen mobil listrik asal AS itu cukup serius dalam menjajaki pasar otomotif Tanah Air berkaitan dengan kendaraan listrik. Tesla juga disebut berminat untuk membangun pabrik di kawasan Batang, Jawa Tengah. 

>>> Soal Pabrik Baterai, Jokowi Kirim Utusan untuk Temui Tesla

Indonesia Punya Cadangan Nikel Besar

mobil Tesla

Cadangan nikel di Indonesia bisa jadi potensi produsen baterai kendaraan listrik di dunia

Indonesia memang diketahui punya cadangan nikel yang besar dan berencana untuk mengembangkannya sendiri. Tesla tertarik untuk menggarap cadangan nikel itu dengan mendirikan pabrk bateri listrik. 

"Kalau lihat China juga mungkin Tesla juga bagun di sana karena mungkin competitiveness baterai listriknya itu mereka mendekatkan dengan sumber bahan bakunya, padahal nikelnya ada di kita," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier baru-baru ini. 

"Kita coba bangun pabrik baterai listriknya di Indonesia supaya nanti muncul OEM mobil listrik di Indonesia yang sekarang ini sudah ada investasi, Hyundai dan nanti berikutnya kita berharap Tesla masuk di Batang, katanya berminat," sambung Taufiek. 

Selain Tesla, pabrikan lain justru sudah lebih dulu menyatakan minatnya untuk melahirkan kendaraan listrik di Indonesia. Ada Toyota yang menyiapkan investasi triliunan rupiah dan 10 kendaraan listrik hingga 2025. Kemudian ada juga Hyundai yang bersiap memproduksi mobil listrik di Tanah Air mulai tahun 2022.

>>> Hyundai Ioniq dan Kona Jadi Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Modifikasi BMW E30 EV, Padukan Motor Listrik Tesla dan Model Ikonik

10/12/2020

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi EV sudah menjadi tren dengan banyaknya mobil klasik ikonik diubah jati dirinya jadi sebuah mobil ramah lingkungan. Salah satunya BMW E30 dengan motor listrik Tesla satu ini.

Lihat juga

Head Unit Lebar Ala Tesla Ini Cocok Buat Fortuner dan Pajero Sport

08/12/2020

Event - Promosi

2 menit

Bagi Anda yang ingin mengganti head unit mobil bergaya kekinian, Asuka Car TV meluncurkan head unit ala Tesla yang cocok buat Fortuner dan Pajero Sport.

Lihat juga

Ini Sebabnya Teslaquila Berubah Nama Jadi Tesla Tequila

03/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Cuitan ‘Teslaquila’ Elon Musk tahun 2018 terealisasi menjadi Tesla Tequila di akhir 2020. Inilah penyebab minuman keras itu berganti nama dari rencana semula!

Lihat juga

Tesla Tak Menutup Kemungkinan Potensi Merger dengan Rival

02/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Musk mengatakan di masa depan permintaan mobil listrik akan berlipat ganda. Dan Tesla bisa pertimbangkan potensi merger dengan rivalnya di industri otomotif.

Lihat juga

Tesla Model Y Dapat Izin Untuk Segera Dijual di China

01/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah China menyetujui permohonan Tesla untuk memasarkan Model Y di dalam negeri, bahkan memasukkan ke dalam list mobil listrik yang direkomendasikan.

Lihat juga
 
back to top