IIMS 2021: Jokowi Sebut Diskon PPnBM Bikin Industri Otomotif Indonesia Bangkit

15/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Diskon PPnBM dari pemerintah terbilang berhasil. Presiden Joko Widodo menyebut peningkatan penjualan itu jadi tanda bangkitnya industri otomotif Indonesia.

Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mulai menunjukan dampaknya. Terlihat penjualan mobil di Indonesia merangkak naik ketimbang Februari 2021 berkat adanya diskon PPnBM. Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Maret 2021, jumlah mobil 84.910 unit dari sebelumnya hanya 49.202. 

Pun demikian dari sisi penjualan ritel. Penjualan secara ritel pada Maret 2021 mencapai 77.511 unit meningkat dari sebelumnya 46.943 unit pada Februari 2021.

>>> Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Setelah Dapat Diskon PPnBM

Peningkatan Penjualan Jadi Tanda Pulihnya Industri Otomotif Indonesia

Daihatsu Xenia

Xenia menjadi salah satu model yang mendapat diskon PPnBM

Kenaikan penjualan mobil ini disebut Presiden Joko Widodo sebagai sinyal bahwa industri otomotif Indonesia mulai bangkit. Untuk itu, Jokowi meminta agar pemerintah dan sejumlah pihak bisa menjaga momentum tersebut. 

"Ada kenaikan untuk purchase order 190% artinya harus inden, artinya yang memproduksi kewalahan. Artinya lagi industri otomotif sudah bangkit kembali dan juga PMI (Purchasing Managers Index) kalau bangkit sudah ada di angka 53 kalau dari BI udah di angka 55 padahal sebelum pandemi kita di 51 justru sudah melompat naik di atas kenormalan," ungkap Jokowi saat membuka pameran IIMS 2021 dari Istana Negara, Kamis (15/4/2021). 

Industri otomotif Indonesia memang menjadi salah satu sektor yang cukup disorot Jokowi. Perlu diketahui, industri otomotif Indonesia merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. Saat ini, terdapat 22 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang ada di Indonesia.

Sektor ini telah menyumbangkan nilai investasi sebesar Rp99,16 triliun dengan total kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38,39 ribu orang. 

"Ini harus kita jaga agar kebangkitan di industri otomotif jangan sampai terganggu lagi karena pandemi covid naik. Banyak negara lain sudah turun anjlok covidnya tapi karena tidak bisa jaga kewaspadaan jadi naik lagi, ini harus dijaga," tutur Jokowi. 

>>> Tenang! Meski Belum Meluncur, Toyota Pastikan Raize Dapat Diskon PPnBM

Jokowi Buka Pameran IIMS 2021 Secara Virtual

presiden jokowi

Jokowi buka pameran IIMS 2021 secara virtual

Tentu adanya pameran IIMS 2021 ini juga diharap bisa menjadi dorongan agar industri otomotif Indonesia kembali pulih seperti sedia kala. Pameran IIMS 2021 resmi dibuka oleh Jokowi secara virtual langsung dari Istana Negara. 

Ketidakhadiran Jokowi di pameran IIMS 2021 secara langsung lantaran adanya pandemi yang belum juga usai di Indonesia. Meski begitu, Jokowi tetap mendukung adanya pameran otomotif yang mulai bergulir lagi. Seperti diketahui pada tahun lalu, sejumlah pameran otomotif harus ditunda. IIMS termasuk salah satunya. IIMS pulalah yang menjadi penanda bahwa pameran sudah mulai otomotif sudah bisa diselenggarakan kembali. 

"Namun yang juga harus kita ingat bersama-sama kita ini masih di dalam pandemi, kita tetap harus waspada terhadap pandemi. Tapi juga kita tidak boleh berhenti menggerakan ekonomi tetap dengan kewaspadaan dan kehati-hatian," pungkas Jokowi.

>>> Sudah Dapat Diskon PPnBM Duluan, Simak Harga Mobil LCGC Terbaru

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top