John Cooper Works Akan Menjadi Divisi Mobil Listrik MINI?

31/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
John Cooper Works Akan Menjadi Divisi Mobil Listrik MINI?
Semakin bergeraknya maju industri otomotif ke segmen elektrifikasi membuat MINI berencana jadikan John Cooper Works menjadi divisi EV khusus.

Pelanggan dan penggemar MINI mengenal nama John Cooper Works (JCW) sebagai divisi performa dari merek MINI. Namun, MINI JCW bukanlah sub-merek tetapi lebih merupakan lini kinerja MINI. Namun, kedepannya, MINI ingin mengubah nama JCW menjadi sub-merek performa EV.

>>> Siap-Siap, MINI Bakal Perkenalkan Dua Crossover Listrik Baru

Gambar menunjukan MINI JCW

Tampilan The new MINI JCW Countryman

5 Persen dari Penjualan MINI dari JCW

Model MINI JCW saat ini menyumbang sekitar lima persen dari penjualan MINI, tetapi termasuk di antara model yang paling menguntungkan dalam portofolio. Bos perusahaan, Bernd Körber, percaya bahwa saat MINI memperluas penawaran EV-nya, ada peluang untuk mengembangkan John Cooper Works menjadi sesuatu yang lebih dari sekarang.

“Fase berikutnya dari portofolio kami juga tentang generasi berikutnya dari JCW,” kata Körber menjelaskan kepada Auto Express. “Persepsi, menurut saya, ketika Anda melihat JCW, itu bukan persepsi sub-merek yang berkembang pesat. Orang sangat sering menganggapnya sebagai model atau model kinerja teratas kami. Yang ingin kami lakukan adalah menjadikan JCW sebagai merek performa listrik yang nyata." tambahnya.

Pernyataan tersebut tentunya sangat menarik, karena ini tidak hanya menunjukkan niat untuk menjadikan MINI JCW menjadi merek kendaraan berkinerja sendiri tetapi juga memulai transisinya menjadi pembuat mobil yang sepenuhnya bertenaga listrik. Tidak hanya itu, rencana tersebut juga menunjukkan komitmen MINI di bidang elektrifikasi. 

>>> Apakah Angka Odometer Digital Bisa Dipalsukan?

Gambar menunjukan MINI JCW

Tampilan The new MINI JCW Countryman

Masih Akan Ada MINI JCW Bertenaga Bensin

Sangat masuk akal bagi MINI untuk bergerak lebih awal dari kebanyakan merek, karena ini akan memberi keunikan yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan. Menciptakan sub-merek EV performa akan semakin memperkuat MINI sebagai pembuat kendaraan listrik.

Tetapi jangan berpikir berarti tidak akan ada MINI JCW bertenaga bensin dalam waktu dekat. Akan ada. Tetapi transisi ini bisa segera dimulai.  “Masih akan ada permintaan pasar dan pelanggan untuk ICE (Mesin pembakaran internal) JCW, tetapi pada akhirnya kinerja merek akan dialiri listrik, dan untuk MINI cocok,” kata Körber.

Sekarang bayangkan kita sudah berada di tahun 2025, hatchback MINI JCW dilengkapi dengan powertrain listrik, dan Tesla Model 3 Performance bahkan lebih ekstrim dari sebelumnya. Mau menebak siapa yang akan lebih sukses?

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top