Jika Terealisasi, Indonesia Siap Sambut Invasi Mobil Ceko, Rusia, dan China

02/01/2019

Pasar mobil
Jika Terealisasi, Indonesia Siap Sambut Invasi Mobil Ceko, Rusia, dan China
Dikabarkan bakal masuk tahun 2019, Indonesia siap sambut kehadiran mobil Ceko, Rusia, dan China dengan tangan terbuka. Apakah potensi ini bakal terealisasi?

Sebagai negara dengan penduduk saat ini (Desember 2018) kurang dari 300 juta jiwa Indonesia dipandang pasar empuk bagi Industri otomotif. Terbukti dalam beberapa tahun terakhir penjualan mobil mencapai lebih dari 1 juta unit tiap tahun. Meski kebanyakan warganya sangat menyukai mobil-mobil merek Jepang, hal ini tak menyurutkan ketertarikan merek negara lain untuk mencoba peruntungan. Beberapa merek non-Jepang yang sudah merasakan bagaimana manis getirnya pasar mobil di Indonesia antara lain merek Jerman, merek Perancis, merek Inggris, merek Swedia, merek Merek Korea Selatan, merek Malaysia, merek India, merek Amerika dan merek China.

Foto kemeriahan pameran oomotif

Indonesia masih jadi pasar otomotif terbesar di ASEAN

Tahun 2018 ini banyak kabar beredar di media kalau Indonesia bakal kedatangan lagi pendatang baru mobil mancanegara, seperti Lada Rusia, Skoda Republik Ceko dan Geely China. Sayang, hingga saat ini belum ada kepastian perihal hadirnya ketiga merek non-Jepang tersebut. Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selaku asosiasi kendaraan bermotor roda empat di Indonesia belum memberikan konfirmasi apakah ketiga merek di atas jadi datang atau tidak pada 2019. Meski demikian, Gaikindo menyatakan siap menyambut kehadiran ketiganya dan juga merek lain kalau mereka benar-benar ingin memasarkan mobilnya di tanah air.

"Sampai saat ini kita tidak tahu apa-apa tentang mereka, yang jelas kita menyambut semua produsen mobil yang ingin memasarkan produknya di Indonesia," tutur Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiharto seperti dikutip dari detikOto (27/12/2018).

>>> Kerjasama Berlanjut, Geely Dorong Ekspansi Proton ke Pasar Global

Seperti diketahui rumor kehadiran merek Rusia dan China di Indonesia tersebar sejak pameran GIIAS 2018 di BSD City Tangerang Banten, Agustus lalu. "Setahu saya, untuk tahun ini belum ada (produsen otomottif baru) yang masuk. Tahun depan masih ada potensi, ada komunikasinya (yang sudah dijalankan). Data-datanya saya tidak pegang, tapi ada indikasi bahwa brand China dan Rusia mencoba masuk," tutur Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di lokasi pameran GIIAS 2018, Agustus lalu.

Foto dealer mobil Geely asal China

Merek China Geely dikabarkan bakal memasarkan mobil di Indonesia

Rumor makin menguat setelah pertemuan antara Menteri Perindustrian dengan pelaku industri asal Rusia di Gedung Kementerian Perindustrian, Jumat (23/10). Disampaikan Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian, Soerjono kalau dua merek otomotif Rusia, Lada dan Gaz terkejut dengan penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 1 juta unit per tahun. Meski belum sampai tahap investasi pembangunan pabrik keduanya menunjukkan ketertarikannya untuk menjajaki peluang pasar.

"Kalau mereka (Lada dan Gaz) mau penetrasi pasar, ya, mereka bikin kantor perwakilan dulu di Indonesia. Kemudian menggandeng agen yang menjadi importirnya,” tutur Sarjono seperti dikutip dari laman Kemenperin, (10/2018).

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Untuk Geely, kemungkinan masuk pasar Indonesia dimulai sejak merek China tersebut memperpanjang kerjasamanya dengan Proton Malaysia pada di kantor Geely - Hangzhou, Sabtu (18/8/2018). Geely dikabarkan bakal memberikan dorongan penuh kepada Proton untuk melakukan ekspansi global, termasuk Indonesia.

Bagaimana dengan merek asal Republik Ceko, Skoda?

Foto Skoda Superb tampak dari samping depan

Skoda Superb, salah satu model Skoda paling terkenal di dunia

Kerjasama ekonomi yang dirajut Indonesia dan Ceko lewat pertemua Ketua Senat Republik Ceko Milan Stech dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di kantor Kemenperin di Jakarta, Senin (17/9/2018) menjadi sinyal kalau merek mobil tertua asal Ceko ini bakal masuk ke Indonesia. Meski belum ada pembahasan lebih detail, Ketua Senat Republik Ceko Milan Stech mengakui kalau Indonesia memiliki basis ekonomi yang kuat di berbagai sektor, salah satunya adalah otomotif.

Layak ditunggu, bakal terealisasi atau tidak yang jelas Indonesia siap menyambut 'invasi' tiga merek mobil tersebut di atas.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top