Jerman Siap Jadi yang Pertama Legalkan Mobil Otonom di Jalan Umum

15/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Jerman Siap Jadi yang Pertama Legalkan Mobil Otonom di Jalan Umum
Dengan banyaknya pengembangan oleh pabrikan otomotif, pemerintah Jerman sedang mempersiapkan peraturan guna melegalkan mobil otonom melaju di jalanan umum.

Jika sebelumnya mobil otonom atau swakemudi masih diperkenalkan dalam bentuk kendaraan konsep, tak lama lagi kendaraan yang bisa bergerak tanpa harus dikemudikan ini akan turun ke jalan. Kabarnya, Jerman akan menjadi negara pertama yang melegalkan mobil otonom untuk berkendara di jalanan umum.

Jerman yang pertama

Dilansir dari berbagai media, pemerintah Jerman sedang menyusun undang-undang untuk mengizinkan penggunaan teknologi mengemudi otonom Tingkat Empat di jalanan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman, Andreas Scheuer.

Keputusan Jerman diprediksi membuka jalan untuk negara lainnya melegalkan kendaraan otonom di jalanan. “Jerman akan menjadi negara pertama di dunia yang membawa kendaraan otonom dari laboratorium penelitiannya ke jalan,” ungkap Scheuer dalam pernyataan resmi yang diunggah secara online.

pengemudi mobil otonom yang sedang tertidur
Pengemudi bisa tidur dalam sistem otonom Tingkat Empat

>>> Mengenal Fitur ID. Light, Lampu LED Interaktif Milik Volkswagen ID.4

"Saya sangat senang kabinet telah membuka jalan bagi undang-undang kami tentang mengemudi otonom ... Pemerintah Jerman bertujuan untuk menerapkan undang-undang tersebut pada tahun 2022, yang berarti bahwa dalam 12 bulan mungkin ada mobil tanpa pengemudi yang beroperasi," tambahnya

Dalam sistem otonom Tingkat Empat, pengendara masih diperlukan di belakang kemudi. Namun perhatian pengemudi tak begitu dibutuhkan, sehingga pengemudi bisa tertidur ketika mobil berjalan. Untuk itu, peraturan ini dilaporkan terbatas pada kendaraan tertentu dan melalui zona jalan yang sudah ditentukan.

>>> Goodyear Jajaki Pasar Mobil Otonom

Keputusan ke arah masa depan

Ketika diwawancarai oleh Car Advice, Toby Walsh, seorang profesor untuk Artificial Intelligence di Universitas New South Wales menyebutkan bahwa keputusan pemerintah Jerman bukannya tanpa risiko. Namun dengan pengembangan mobil swakemudi yang semakin canggih membuat peraturan ini termasuk langkah yang benar untuk menyambut perubahan arah industri otomotif.

ilustrasi teknologi yang digunakan pada mobil otonom
Teknologi otonom diprediksi bisa mengurangi tingkat kecelakaan di jalan

“Mengemudi sendiri sudah menjadi aktivitas yang sangat berbahaya - orang meninggal di jalan setiap hari tetapi pada akhirnya, karena mobil otonom, hal itu mudah-mudahan tidak akan terjadi. Kami hanya perlu menemukan cara terbaik dan teraman untuk meluncurkan teknologi, dan Jerman - sebagai orang Jerman - sangat pragmatis tentang hal itu,” ungkapnya.

Pabrikan otomotif hingga non-otomotif saat ini seperti berlomba-lomba untuk memproduksi kendaraan yang bisa bergerak sendiri. Apple menjadi perusahaan terbaru yang berencana untuk mengembangkan mobil otonom bernama Apple Car. Sayangnya keinginan Apple masih harus tertahan setelah batalnya negosiasi kerja sama dengan Hyundai dan Kia. 

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top