Jepara dan Kudus Banjir, Pertamina Pastikan Penyaluran BBM Aman

03/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Menyusul musibah banjir di Jepara dan Kudus, Pertamina menyiagakan fasilitas seperti SPBU dan memastikan penyaluran BBM di kedua wilayah tersebut aman terpenuhi.

Penyaluran BBM di wilayah Kabupaten Jepara dan Kudus dipastikan aman meski terdampak banjir. Informasi tersebut disampaikan Pejabat Sementara (Pjs.) Unit Manager Communication & Relations Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri. Menurut Marthia, seluruh fasilitas pengisian BBM atau SPBU dalam kondisi siaga dan siap memaksimalkan penyaluran selama musibah berlangsung.

“Di wilayah Jepara dan Kudus, kami memiliki total 46 SPBU dan 45 agen LPG yang siap melayani masyarakat. Selain itu, penyaluran BBM dan LPG di kedua wilayah tersebut hingga saat ini masih aman, namun bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan BBM dan LPG dapat menghubungi kontak Pertamina 135,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dirilis Pertamina, (3/2/2021).

Masih berjalan normal

Dijelaskan pula bahwa operasional penyaluran BBM di wilayah terdampak banjir masih berjalan normal dan belum terkendala. Jumlah BBM yang disalurkan masih mencapai ratusan ribu liter setiap hari. Di Kabupaten Jepara sebanyak 330 kiloliter (KL) per hari untuk BBM jenis gasoline (Pertamax, Pertalite) dan 110 KL untuk BBM jenis gasoil. Sedangkan di Kabupaten Kudus, sebanyak 280 KL per hari untuk BBM jenis gasoline, dan 180 KL per hari untuk BBM jenis gasoil.

>>> Harga BBM Pertamina Per 1 Januari 2021, Hanya di Bengkulu yang Naik

Foto menunjukkan Truk tangki Pertamina

Pertamina pastikan penyaluran BBM di Jepara dan Kudus aman

Jumlah penyaluran BBM ini bakal terus dipantau seiring perkembangan situasi dan kondisi di kedua Kabupaten tersebut. Begitupun fasilitas pengisian seperti SPBU dan pangkalan LPG juga terus diawasi agar tetap optimal.

 “Kami akan memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG kepada masyarakat. Jika ada kebutuhan informasi maupun masukan dan saran, masyarakat atau konsumen dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui email pcc@pertamina.com,” pungkas Marthia.

Banjir Jepara dan Kudus

Musibah banjir melanda beberapa wilayah Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di awal Februari 2021 akibat curah hujan yang tinggi. Banjir mengakibatkan ribuan rumah, area persawahan, dan akses jalan terendam air, serta aktivitas warga terganggu. Di Jepara salah satu wilayah terparah yaitu Desa Dorang Kecamatan Nalumsari. Banjir dengan ketinggian 50-150 cm merendam lebih dari 100 hektar pemukiman yang dihuni sekitar 1.004 KK serta merendam sekitar 150 hektar area persawahan.

Sedangkan di Kabupaten Kudus, banjir melanda 16 desa di tiga wilayah kecamatan, yaitu Desa Setrokalangan, Desa Banget, Desa Gamong, Desa Blimbing Kidul, dan Desa Kedungdowo (Kecamatan Kaliwungu), Desa Jati Wetan, Desa Jati Kulon dan Desa Pasuruhan lor (Kecamatan Jati), Desa Mejobo, Desa Hadiwarno, Desa Kesambi, Desa Tenggeles, Desa Payaman, Desa Gulang, Desa Golantepus, dan Desa Temulus (Kecamatan Mejobo). Lebih dari 4.400 keluarga terdampak dan ratusan rumah tergenang air dengan ketinggian bervariasi.

>>> Tinggal di Kudus, temukan mobil impianmu di sini!

Foto menunjukkan situasi Banjir di Kecamatan Nalumsari Jepara

Banjir menggenani wilayah Jepara dan Kudus di awal Februari 2021

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top