Jenson Button Bawa Honda Civic Type R Jadi FWD Tercepat di Sirkuit Bathurst, Australia

11/05/2019

Pasar mobil
Share this post:
Jenson Button Bawa Honda Civic Type R Jadi FWD Tercepat di Sirkuit Bathurst, Australia
Honda Civic Type R kembali mencatatkan rekor baru untuk mobil produksi penggerak roda depan. Dengan Jenson Button di belakang kemudi, Type R mencatatkan waktu tercepat 2:35,207 di Sirkuit Bathurst, Australia.

Bertempat di Gunung Panorama, Australia, Jenson Button mengendarai Honda Civic Type R untuk mencatatkan waktu terbaik mobil penggerak roda depan di Sirkuit Bathurst. Juara dunia Formula 1 tahun 2019 ini melalui 14 lap lintasan sepanjang 6.2 kilometer dengan perbedaan vertikal 174 meter antara titik terendah dan tertinggi.

“Apapun yang Anda kendarai di sekitar Gunung Panorama sangat menakjubkan. Di seberang gunung, Type R begitu cepat lewat sana, jadi begitu saya mengikuti ritme dan terbiasa dengan kecepatan yang Anda bawa, itu benar-benar menyenangkan,” jelas pembalap yang memulai karirnya balapnya pada British Formula Ford Championship ini.

Jenson Button berbaju putih berpose di depan Honda Civic Type R berwarna merah

Jenson Button bersama Honda Civic Type R di Sirkuit Bathurst, Australia

>>> Rekor Kelima Honda Civic Type R Taklukan Waktu Sirkuit Hungaroring

“Saya benar-benar menempatkan mobil melewati langkahnya dan itu adalah waktu yang cepat, 2 menit dan 35 detik adalah waktu yang sangat baik pada mobil penggerak roda depan, dan [lebih cepat] panas. Jadi saya pikir jika itu lebih dingin, Anda bisa pergi sedikit lebih cepat, tapi aku merasa seperti mengeluarkan semua kemampuan mobil,” lanjut Button.

Sebelumnya, pembalap asal Inggris ini juga memegang rekor putaran tidak resmi di Gunung Panorama dengan mobil F1. Ia mencatatkan waktu 1:48,8 pada tahun 2011 sebagai bagian dari acara khusus untuk mempromosikan Grand Prix Australia. Ia juga merupakan pembalap yang memecahkan rekor lap untuk mobil produksi FWD di Hungaroring tahun lalu, sekali lagi dengan Civic Type R.

>>> Sedang mencari mobil berbagai merek? Kami punya pilihannya!

Sebagai perbandingan, putaran tercepat hatchback yang ditetapkan oleh Hyundai i30N adalah 2 menit 41,1 detik. Sedangkan penggerak semua roda Volkswagen Golf R memiliki waktu 2 menit 36,9 detik. Catatan waktu yang diraih Button cukup memenuhi syarat bagi Civic Type R untuk bertanding di uji ketahanan yang dilakukan di Bathurst beberapa waktu sebelum pemecahan rekor ini.

Pencapaian Jenson Button yang diabadikan oleh Honda

Sejauh ini, hatchback populer Honda tersebut mencatatkan rekor sebagai kendaraan produksi penggerak roda depan tercepat di berbagai sirkuit, seperti Nurburgring, Spa-Francorchamps, Silverstones, Estoril, dan Magny-Cours. Pencapaian baru di Bathurst merupakan rekor pertama yang ditetapkan di luar Eropa.

Padli Nurdin
Share this post:

Berita lain

Honda Lakukan Program Recall Untuk Penggantian Airbag Inflator Honda Accord CM5 Di Indonesia

08/05/2019

Pasar mobil

Inilah salah satu bentuk tanggung jawab PT Honda Prospect Motor (HPM) terhadap produknya. Meski Honda Accord yang di recall sudah uzur dan usianya lebih dari 10 tahun, namun PT HPM tetap bertanggung jawab akan produknya.

Lihat juga

Ingin Perbanyak “Kantung Suara” Jawa Tengah, Honda Buka Diler Pertama Di Jepara

04/05/2019

Pasar mobil

Mentargetkan penguasaan pasar hingga 25 persen tahun ini, Honda meresmikan Honda Mandalatama Jepara sebagai jaringan diler ke-152.

Lihat juga

Jelajah Pantura Bersama New Honda BR-V 2019

03/05/2019

Mobil baru

Sejalan dengan konsep “zona nyaman”, PT Honda Prospect Motor mengadakan sesi media test drive Honda BR-V 2019. Rutenya, Semarang – Jepara melalui jalur Pantura …

Lihat juga

Sosok Sangar Honda Civic Type R Mugen Concept Terlihat Di Malaysia

16/04/2019

Mobil baru

Setelah melakukan debutnya pada ajang Tokyo Auto Salon lalu, Malaysia merupakan Negara pertama di Asia Tenggara yang disinggahi oleh Honda Civic Type R Mugen Concept. Yuk kita melihat lebih dekat tampilan sports sedan berwajah sangar ini

Lihat juga

Honda Pamerkan Versi Hancur Honda HR-V 2019 pada New York Motor Show 2019

13/04/2019

Mobil baru

Tak hanya memamerkan mobil baru, tetapi Honda akan membawa Honda HR-V yang hancur setelah tes uji tabrak Insurance Institute for Highway Safety pada New York International Auto Show 2019 mendatang.

Lihat juga