Jelang Peralihan Elektrifikasi, Lamborghini Tutup Era V12 Dengan Sebuah Aventador Balap

12/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Jelang Peralihan Elektrifikasi, Lamborghini Tutup Era V12 Dengan Sebuah Aventador Balap
Mulai mengalihkan fokus menuju elektrifikasi, Lamborghini bersiap untuk meninggalkan mesin V12 Naturally Aspirated yang sangat ikonik dengan menyiapkan edisi khusus Aventador yang dikhususkan untuk trek balap.

Hal ini diungkapkan oleh Chief Technical Officer Lamborghini, Maurizio Reggiani di Geneva Motor Show, beberapa waktu lalu. Ia membeberkan akan menyiapkan edisi spesial Aventador sebagai penutup era mesin V12 Naturally Aspirated (NA) 6,5 liter tanpa embel-embel elektrifikasi.

>>> Lamborghini siapkan sedan listrik rival Porsche Taycan?

Kita jelas tidak membahas Lamborghini Sian FKP 37, karena jelas mobil itu menggunakan mesin hybrid. Menurut desas-desus yang berkembang, mobil baru itu masih masuk ke dalam keluarga Aventador.

Kehadiran varian baru Lamborghini Aventador itu juga diperkuat oleh komentar di salah satu forum McLaren, ia mengklaim telah memesan mobil misterius tersebut. Bukan hanya itu, ia juga membeberkan beberapa detail, termasuk nama mobil baru tersebut.

Lamborghini Aventador SVJ warna hijau dan putih

Nantinya,  model khusus itu akan jadi suksesor Aventador SVJ

Akan menjadi penerus Aventador Superveloce Jota (SVJ), mobil produksi tercepat di Nurburgring, edisi khusus Aventador ini akan diberinama SVR. Pemilihan nama yang menarik, karena baik Jaguar dan Land Rover sudah mengadopsi nama tersebut untuk Jaguar F-Pace SVR, I-Pace SVR, dan dan Range Rover Sport SVR. Namun, Lamborghini juga pernah menggunakan varian SVR pada line-up legendaris Miura SVR.

>>> Mobil pilihan dengan harga terbaik bisa Anda temukan di sini

Aventador SVR diplot Lamborghini sejajar dengan Ferrari LaFerrari dan FXX K, McLaren P1 dan P1 GTR, dan Porsche 911 GT2 RS 935. Namun menurut forum yang sama, mobil ini tidak akan road legal dan dikhususkan untuk penggunaan trek. Dan hanya tersedia 40 mobil yang akan mulai dikirimkan ke pembeli mulai 2021 mendatang.

Mesin V12 Lamborghini Aventador

Mesin V12 Aventador SVR akan mencapai tenaga 830 HP

>>> Kabar terbaru seputar pasar mobil dapat Anda lihat di sini

Tanpa adanya batasan yang diharuskan untuk sebuah mobil menjadi road-legal, potensi mesin V12 yang digunakan Lamborghini Aventador SVR dapat menyentuh angka 830 HP. Lebih besar 60 HP dibandingkan Aventador SVJ, dan bahkan lebih besar 11 HP dari Sian. Sementara untuk torsi, rasanya angka 720 NM milik SVJ juga dapat dilampaui.

Well, Aventador SVR memang bukanlah mobil trek pertama Lamborghini di luar Gallardo dan Huracan spesifikasi balap, sebelumnya mereka juga merancang Sesto Elemento dan Diablo GTR. Namun tetap saja, kehadiran mobil balap lainnya akan jadi sebuah penghormatan untuk mesin V12 Naturally Aspirated yang melegenda.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Lamborghini Berencana Hadirkan Sedan Listrik Empat Pintu, Pesaing Porsche Taycan?

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Lini model keempat Lamborghini bisa menjadi sebuah sedan yang terinspirasi oleh konsep Estoque 2008.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Valentino Balboni, Legenda Sant’Agata Bolognese Pengetes Lamborghini

01/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Penggemar Lamborghini kemungkinan besar mengenal sosok satu ini, Valentino Balboni. Test driver kelahiran 13 Mei 1949 ini bisa dibilang salah satu legenda Lambo yang pernah diabadikan menjadi nama mobil khusus Gallardo.

Lihat juga

Exclusive Interview Cintamobil & Valentino Balboni: Cinta Lamborghini Hingga Jadi Praktisi Di Bidang Klasik

26/09/2019

Event - Promosi

5 menit

Sebuah kesempatan emas diberikan kepada Cintamobil.com sebagai salah satu media yang berkesempatan berbincang secara khusus dengan Valentino Balboni, mantan Chief Test Driver Lamborghini. Kami berbincang terkait mobil klasik yang ada di Indonesia, pengalaman dirinya menjadi juri ICCOC Concours D'Elegance 2019, serta pengalaman dirinya selama menjadi test driver Lamborghini.

Lihat juga

Mobil Mahal Pajaknya Mahal? Lihat Dulu Harga Pajak Lamborghini Gallardo LP550-2 Ini

11/06/2019

Jual beli

2 menit

Sebagai salah satu mobil terlaris Lamborghini, Gallardo memiliki banyak fans di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, lihat dulu harga pajak salah satu Gallardo yang cukup marak di jalanan Tanah Air, Lamborghini Gallardo LP550-2.

Lihat juga

Keren! Bandara Bologna Pakai Lamborghini Huracan Buat 'Parkir' Pesawat

26/06/2019

Event - Promosi

4 menit

Apa jadinya jika sebuah supercar digunakan sebagai pemandu pesawat untuk parkir atau take off? Mungkin jawabannya bisa ditemukan pada Lamborghini Huracan yang satu ini

Lihat juga