Jelang Mudik Lebaran 2020; Korlantas Waspadai Bottle Neck Km 47

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jelang Mudik Lebaran 2020; Korlantas Waspadai Bottle Neck Km 47
Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) mulai mewaspadai titik-titik rawan macet di beberapa daerah jelang musim mudik Lebaran 2020.

Kurang lebih dua bulan lagi musim mudik Lebaran 2020 tiba. Berbagai persiapan mulai dilakukan sejumlah kalangan, termasuk yang berkaitan dengan pengamanan dan kelancaran arus mudik. Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) secara resmi menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Operasi Ketupat Tahun 2020.

Acara yang berlangsung di Lantai 4 Gedung NTMC Polri pada Kamis, 12 Maret 2019 itu dihadiri jajaran Korlantas dan instansi terkait seperti peserta Rakor perwakilan dari Bina Marga, Jasa Marga, Dirlantas se-Indonesia, dan Kasat Lantas se-Indonesia. Turut hadir juga Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiadi.

Foto menunjukkan Kakorlantas Irjen Istiono saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Operasi Ketupat Tahun 2020

Korlantas Polri mulai menggelar persiapan jelang musim mudik Lebaran 2020

Dalam paparannya Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan pentingnya melakukan persiapan dan skenario dini dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2020 ke Jalur Sumatra dan Bali, serta sebaliknya saat arus balik.

>>> Solusi Jika Kehabisan BBM di Tengah Jalan dan Jauh dari SPBU

Titik Kewaspadaan

Beberapa titik rawan yang diwaspadai diantaranya jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Km 48, dan Bottle Neck atau penyempitan jalur di Km 47. “Untuk wilayah Jabar arus mudik akan terbebani di Tol Elevated Km 48, kemudian agar dipersiapkan untuk antisipasi di Bottle Neck pada KM 47," tutur Kakorlantas, seperti dikutip dari ntmcpolri, (12/3/2020).

Selain kemacetan, kerawanan lain juga harus diwaspadai seperti kehabisan bensin di tengah-tengah tol serta penerangan yang masih minim di beberapa titik. Untuk yang terakhir ini diharapkan pihak-pihak yang bertanggung jawab mempersiapkan langkah-langkah antisipasi mulai sekarang.

"Semua kendala seperti kehabisan bensin dan penerangan juga harus disiapkan langkah-langkahnya,” katanya.

Foto menunjukkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated 2 dari udara

Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Elevated bakal jadi tumpuan baru para pemudik

>>> Persiapan Mudik Lebaran dengan Pasang Roof Rack, Perhatikan Hal Berikut!

Skenario One Way

Untuk skenario One Way Km 70-414 Kalikangkung, meski sudah pernah diberlakukan musim mudik sebelumnya juga harus dipersiapkan lebih matang. Termasuk pemberlakuannya yang situasional.

“Untuk arus balik yang menjadi perhatian masalah di KM 66, karena adanya pertemuan arus yang dari arah Bandung dan Jateng, agar diatur skenario bagaimana caranya agar tidak terjadi penumpukan,” jelas Kakorlantas.

Kakorlantas meminta agar Koordinasi dan Sinergitas bersama instansi terkait di lapangan dikuatkan khususnya daerah yang dilalui para pemudik.

“Seluruh jajaran di kewilayahan juga harus sering melakukan rakor dengan instansi terkait, guna memudahkan Koordinasi untuk meningkatkan sinergitas dan mendapatkan pengamanan yang siap pada pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2020” pesan Kakorlantas.

>>> Jalan Tol Serpong-Cinere Ditargetkan Beroperasi Sebelum Lebaran 2020

Foto menunjukkan salah satu pemandangan saat macet di jalan tol

Jangan sampai tragedi Brexit 2016 terulang lagi

>>> Simak berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Menyewa Mobil Untuk Mudik Di Jasa Sewa Kendaraan

03/03/2018

Jual beli

3 menit

Saat bepergian menuju tempat wisata atau mudik ke kampung tercinta membutuhkan kendaraan yang nyaman. Tentunya banyak orang yang akan memilih Mobil sebagai alat transportasi yang nyaman. Apalagi jarak yang ditempuh lumayan jauh, kendaraan ini merupakan solusi yang tepat. Sekarang banyak sekali jasa sewa Mobil di berbagai tempat yang memudahkan Anda untuk mudik meskipun tidak mempunyai Mobil pribadi. Namun tips menyewa Mobil untuk mudik sangat diperlukan supaya mendapatkan yang terpercaya.

Lihat juga

Refreshing Masa Mudik, Ini 3 Destinasi Wisata Kabupaten Semarang Paling Ngetop

31/05/2019

Pengemudian

5 menit

Ada banyak destinasi wisata Kabupaten Semarang Jawa Tengah, namun 3 tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi di masa mudik karena kelebihan yang dimiliki.

Lihat juga

Lalu Lintas Mudik Nataru Diklaim Lancar Sukses, Ini Faktanya!

15/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Pengamat trasportasi menilai lalu lintas mudik Nataru (Natal 2019 dan Tahun Baru 2020) berlangsung dengan lancar tanpa kendala berarti. Berikut fakta-faktanya!

Lihat juga

Mudik Nataru, One Way Diberlakukan Dari Cikampek hingga Kalikangkung

21/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Mengantisipasi kemacetan saat mudik Nataru (Natal dan Tahun Baru), pemerintah berlakukan skema one way dari GT Cikampek hingga GT Kalikangkung, Jawa Tengah.

Lihat juga

Mudik Lebaran 2019 Ke Malang? Ini Destinasi Wisata Malang Dari Para Pecinta Travel

06/06/2019

Pengemudian

5 menit

Perjalanan mudik Lebaran 2019 ini memang cukup mengesankan. Selain bersilaturahmi menjadi kegiatan utama, toh tak ada salahnya bagi Anda untuk menikmati sisa waktu dengan mengunjungi tempat wisata. Sama halnya bagi Anda yang sedang mudik ke kota Malang maupun kota Batu, Cintamobil.com hendak memberikan 5 destinasi wisata Malang yang sering dikunjungi oleh para pecinta Travel.

Lihat juga