Jelang GP Australia, 5 Teknisi F1 Diduga Terpapar Virus Corona

12/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Jelang GP Australia, 5 Teknisi F1 Diduga Terpapar Virus Corona
Tinggal menghitung hari jelang balapan pembuka GP Australia, kabar tidak mengenakkan beredar di paddock F1 setelah lima teknisi dari dua tim berbeda disinyalir terinfeksi Virus Corona.

Berbeda dari FIM dan Dorna yang serta merta membatalkan balapan pertama MotoGP Qatar dan menunda gelaran GP Thailand akibat kencangnya penyebaran Virus Corona, FIA dan Liberty Media bersikukuh tetap menyelenggarakan balapan pembuka F1 GP Australia akhir pekan ini di Sirkuit Albert Park, Melbourne.

Berbagai langkah telah ditempuh penyelenggara balapan dan dinas kesehatan negara bagian Victoria agar akhir pekan F1 GP Australia bersih dari Virus Corona. Namun, selama dua hari terakhir ditemukan lima teknisi mengalami gejala Covid-19. Belum ada 24 jam setelah dua teknisi HAAS dikarantina, bertambah lagi dua anggota tim F1 asal Amerika Serikat itu diperiksa lebih lanjut setelah terlihat gejala Corona pada Kamis (12/3) pagi waktu Australia.

Kru HAAS F1 Team memasukkan mobil milik Kevin Magnussen ke dalam pit

Tiga mekanik dan satu enginner HAAS F1 diperiksa karena gejala Corona

>>> Apa saja gelaran yang telah 'dikacaukan' Virus Corona? Simak daftarnya di sini

Anggota tim HAAS dan McLaren dikarantina

Dengan empat anggota tim HAAS F1 Team dikarantina, setidaknya lima orang dari paddock F1 mendapat pemeriksaan terkait Virus Corona, satu lagi dari McLaren. Adapun hasil pemeriksaan akan keluar pada Kamis (12/3) sore ini.

“Seharusnya hasil (tes virus Corona) keluar soren ini. Sampai saat itu tiba, saya tak tahu apapun, saya tak ingin berspekulasi. Saya bukanlah dokter, semoga mereka semua negatif dan kita bisa bekerja sebagaimana mestinya,” ujar Team Principal HAAS F1, Gunther Steiner kepada Motorsport.Com.

Adapun empat anggota HAAS F1 Team yang terindikasi Corona terdiri dari tiga mekanik dan satu engineer, dan jika salah satu dari keempat anggotanya terbukti positif akan menggangu operasional tim sepanjang akhir pekan F1 GP Australia.

“Akan sulit menerapkan rencana alternatif karena tidak ada lagi yang bisa datang ke sini (Australia), baik secara waktu ataupun izin. Kami harus melakukan sesuatu, dalam dunia balap Anda selalu menemukan solusi, namun masalahnya harus jelas sebelum menyusun solusi,” tambah Steiner.

Team Principal HAAS F1, Guenther Steiner

Guenther Steiner harus memutar otak jika salah satu personel timnya positif Corona

>>> Tips Eco Driving Dari Seorang Pembalap F1

F1 harap-harap cemas

FIA dan Liberty Media kini pun sedang cemas menanti hasil tes, terlebih dengan pernyataan dari kepala dinas kesehatan Victoria mengatakan jika ada salah satu dari anggota tim terkena virus, maka seluruh tim harus dikarantina dan jalannya F1 GP Australia akan terganggu.

“Jika mereka semua negatif, dan jika mereka yang memiliki gejala dan negatif belum menularkan pada anggota tim lain, maka saya mengatakan mereka bisa terus bekerja,” ujar kepala dinas kesehatan Victoria, Bret Sutton, kepada stasiun Radio 1116 Sen seperti dilansir Motorsport.com.

“Namun jika ada kru yang positif Corona, dan mereka menularkan ke anggota lainnya, maka semuanya harus dikarantina. Dan, akan menjadi pertanyaan besar apakah staff operasional mereka dapat terus bekerja.

Valtteri Bottas memimpin balapan F1 GP Australia 2019

Jika satu dari kelima anggota paddock terbukti positif, F1 GP Australia dapat terganggu

>>> McLaren F1 GTR Longtail Pertama Akan Dijual, Harganya Fantastis​​​​​​​

“Saya telah berbicara dengan tim untuk mendapatkan hasil tes sesegera mungkin, karena semuanya sangat bergantung dengan itu. Jika hasil tesnya positif, maka saya akan langsung terlibat langsung dengan CEO (Australian GP), penyelenggara balap terkait apa langkah selanjutnya dan bagaimana implikasinya.”

Tidak hanya ajang balap, Virus Corona juga menggangu jalannya industri olahraga secara keseluruhan. Mulai dari liga Italia, sampai kompetisi basket NBA dihentikan menyusul salah satu pemainnya positif Corona.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

New York International Auto Show 2020 Resmi Diundur Karena Virus Corona

12/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Sempat dikabarkan tidak terdampak virus Corona, New York International Auto Show 2020 akhirnya diundur juga oleh pihak penyelenggara hingga akhir Agustus.

Lihat juga

Dampak Virus Corona Formula E 2020 Jakarta Ditunda

11/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Virus Corona mulai ngamuk di kawasan Asia Tenggara, dampaknya adalah instruksi langsung Gubernur DKI Jakarta yang menyatakan Formula E 2020 Jakarta ditunda

Lihat juga

Pameran Otomotif Manila 2020 Ditunda karena Virus Corona

10/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Melalui pemberitahuan media sosial Facebook, penyelenggaraan Manila International Auto Show 2020 resmi ditunda. Virus Corona kembali menjadi penyebabnya.

Lihat juga

Jadwal New York International Auto Show 2020 Belum Terdampak Virus Corona

09/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Pihak penyelenggara memastikan jadwal New York International Auto Show 2020 tidak mengalami perubahan gara-gara wabah virus Corona, semua masih sesuai plan.

Lihat juga

UPDATE: Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Virus Corona

29/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Dikarenakan penyebaran virus Corona yang semakin masif di Eropa dan Swiss, membuat pemerintah dan penyelenggara terpaksa membatalkan Geneva Motor Show 2020

Lihat juga