Jeblok Di Indonesia, Suzuki Karimun Wagon R Laris Manis Di Mancanegara

29/10/2018

Pasar mobil
Tak digemari konsumen dalam negeri tak membuat Suzuki kepikiran berhenti memproduksi Karimun Wagon R. Satu alasan kuat karena mobil murah unggulan Suzuki ini sangat laris manis di luar negeri.

Foto Suzuki Karimun Wagon R tampak dari samping depan

Suzuki Karimun Wagon R menempati posisi terakhir penjualan mobil LCGC di Indonesia

Meski dalam dua bulan terakhir mengalami penurunan, mobil murah LCGC masih jadi idola konsumen Indonesia dengan belasan ribu unit terjual. Data penjualan GAIKINDO mencatat penjualan mobil LCGC di bulan Juli 2018 mencapai 20.491 unit, bulan Agustus 17.517 unit dan bulan September 15.222 unit.

Antara model satu dengan yang lain pun saling bersaing ketat seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya dan Datsun GO. Satu yang terlihat adem ayem adalah Karimun Wagon R. Model andalan Suzuki ini nampaknya tak terlalu kuat bersaing di tanah air dengan para kompetitornya. Dari Januari hingga September 2018 total penjualan wholesales hanya sebanyak 3.552 unit dengan penjualan rata-rata 350 unit per bulan. Tersedia banyak varian dengan harga jual sangat murah mulai Rp 107 jutaan hingga 138 jutaan, itu tidak cukup membantu buat mendongkrak penjualan.

Meski penjualan di Indonesia kurang bagus tidak membuat Suzuki kepikiran buat berhenti. Pasalnya mobil ini tidak hanya dijual di dalam negeri, tapi juga diekspor. Dan penjualan ekspor jauh lebih besar dibanding penjualan lokal, terutama di Pakistan. Di negara ini penjualan Karimun Wagon R sangat membanggakan. Dari Januari sampai September penjualan mencapai angka 23.712 unit, separoh dari penjualan ekspor Suzuki secara keseluruhan yang jumlahnya mencapai 47.122 unit.

“Terus terang saja, kita tidak malu mengakui (Karimun Wagon R) kurang berhasil. Tapi kita juga bangga karena ekspor ke Pakistan,” tutur Presiden Komisaris Indomobil Group, Subronto Laras beberapa waktu lalu.

Alasan mengapa Karimun Wagon R bisa sangat laris di Pakistan, Soebroto tidak mengetahuinya secara pasti. Dia hanya memprediksi kalau karakter konsumen Pakistan beda dengan Indonesia.

“Lantas kenapa laku di Pakistan, mungkin di sana tidak sok-sokan juga. Pakai ini juga oke sudah asik juga dan cocok,” jelas Soebronto.

>>> Mau cari mobil bekas Suzuki Karimun Wagon R yang dijual? Cek di sini!

Sementara itu Head of Export PT Suzuki Indomobil Motor, Hady Surjono Halim menjelaskan Pakistan adalah pasar paling potensial bagi Karimun Wagon R. Sejak pertama kali di kirim ke sana dalam bentuk urai atau Completely Knock Down (CKD) penjualan rata-rata per bulan 3.000 unit dan bertahan hingga sekarang. Jadi, meski tak begitu laris di Indonesia, produksi tetap jalan terus.

Di Indonesia, Suzuki Karimun Wagon tersedia dalam dua model yaitu Wagon R dan Wagon R GS. Keduanya sama-sama dibekali mesin bensin 1.000 cc K10B DOHC. Tenaga yang dihasilkan maksimum 68 PS dan torsi maksimum 90 Nm.

>>> Baca Review Lengkap Suzuki Karimun Wagon R di sini!

Adapun harga lengkap mobil Wagon R dan Wagon R GS pada bulan Oktober 2018 sebagaimana dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia adalah sebagai berikut:

Group Model

Sales Model

Harga

Karimun Wagon R

GA

Rp 107,500,000

Karimun Wagon R

BLIND VAN

Rp 120,000,000

Karimun Wagon R

GL

Rp 121,000,000

Karimun Wagon R

GL AGS

Rp 130,000,000

Karimun Wagon R

GS

Rp 129,500,000

Karimun Wagon R

GS AGS

Rp 138,000,000

Karimun Wagon R

GS AGS Airbag

Rp 138,000,000

Karimun Wagon R

GL AGS AIrbag

Rp 130,000,000

>>> Berita informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top