Jateng Disekat Tiap Akhir Pekan, Mau Masuk Wajib Vaksin!

29/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Penyekatan dilakukan di perbatasan Jawa Tengah di setiap akhir pekan, dengan aturan wajib vaksin dan bukti bebas Covid-19 bagi pengendara yang ingin masuk.

Pengendara dari luar wilayah tidak bisa melenggang begitu saja masuk Jawa Tengah (Jateng). Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng kini memberlakukan penyekatan di perbatasan provinsi, perbatasan kabupaten/kota, serta di rest area jalan tol.

Kebijakan ini berlaku selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) khususnya tiap akhir pekan, mulai Jum’at, Sabtu, dan Minggu dimana mobilitas masyarakat sangat tinggi.

“Karena di hari-hari itulah yang banyak pengguna kendaraan dari luar Jateng datang untuk berekreasi, untuk mengunjungi sanak saudara dan sebagainya, kami akan lakukan penyekatan secara intensif,” kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Syafiruddin dikutip dari NTMC Polri.

>>> Pemerintah Ingatkan PPKM Bakal Berlangsung Lama

Foto menunjukkan petugas melakukan pemeriksaan di titik penyekatan jalan Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah

Cegah peningkatan kasus Covid-19, Ditlantas Polda Jateng kembali melakukan penyekatan jalan

Wajib Vaksin

Penyekatan bukan berarti penutupan. Pengendara dari Jawa Barat, DIY maupun Jawa Timur masih bisa melanjutkan perjalanan. Namun ada syarat wajib vaksin untuk memastikan pengendara dalam kondisi baik, membawa surat keterangan bebas Covid-19 baik swab antigen maupun PCR, serta menggunakan aplikasi peduli lindungi.

“Kita akan intensifkan lagi penyekatan di perbatasan provinsi, perbatasan kabupaten/kota dalam masa PPKM Level. Kita akan lihat apakah pengguna jalan yang melintas di pos pos penyekatan sudah ter-vaksin dan mengunduh aplikasi peduli lindungi,” ujar Kombes Rudy.

Vaksin di tempat

Secara tidak ada tindakan tilang bagi pengendara yang tidak membawa surat bukti bebas Covid-19 dan belum divaksin. Mereka bisa melakukan vaksinasi di tempat. Dan bagi yang tidak berkenan dipersilahkan untuk putar balik dan tidak meneruskan perjalanan.

“Kendaraan tidak diputar balik. Kita fokus melakukan edukasi dan informasi. Kita memberikan masukan kalau belum divaksin tidak ada swabnya atau surat bebas COVID kita akan siapkan di tempat itu juga,” kata Kombes Rudy.

>>> Pengguna Mobil Pribadi Wajib Membawa Kartu Vaksin

Foto petugas melakukan pemeriksaan terhadap pengendara mobil

Ada syarat wajib vaksin dan menggunakan aplikasi peduli lindungi bagi pengendara yang ingin masuk Jateng

Sebagai informasi, penyekatan akses masuk Jawa Tengah pernah dilakukan pada pertengahan Juli 2021 saat PPKM Darurat berlangsung. Sekitar setengah bulan lamanya sebanyak 27 pintu tol masuk Jateng ditutup. Demikian pula akses di perbatasan juga dibatasi ketat.

Hanya kendaraan tertentu saja yang boleh melintas yaitu kendaraan kategori esensial seperti seperti kendaraan energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan dan minuman serta penunjangnya, serta pengangkut kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Pembatasan ini dilakukan dalam rangka mengurangi mobilitas masyarakat dimana saat itu kasus Covid-19 di Tanah Air sedang tinggi-tingginya.

Penutupan diakhiri pada 25 Juli 2021 seiring menurunnya tren kasus di banyak wilayah. Adapun akses ke kabupaten/kota dilonggarkan secara bertahap mengikuti level PPKM-nya.

>>> Cari mobil plat nomor Jawa Tengah, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top