Jasa Marga Umumkan Tol Trans Jawa Bakal IPO di Bursa Efek Indonesia

08/02/2020
Buat Anda pemburu cuan, bersiaplah. pengelola Jalan Tol Trans Jawa bakal melepas saham perdana alias Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia.

PT Jasa Marga (Persero) mengumumkan rencana pelepasan saham perdana salah satu anak usahanya (Initial Public Offering/IPO) yang mengelola Jalan Tol Trans Jawa, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) di Bursa Efek Indonesia.

Foto saat Briefing Jasa Marga bersama Media di Hotel Granddhika, Jakarta, Jumat (7/2/2020)

Jalan Tol Trans Jawa bakal melantai di Bursa Efek Indonesia

Hal tersebut disampaikan Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan di Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020). Disebutkan saat ini pembenahan tata kelola aset sedang dilakukan, aset-aset yang masih berada di Jasa Marga dirapikan dimasukkan ke dalam JTT agar saham menjadi bernilai.

"Sekarang subholdingnya sedang dirapikan agar yang di bawah-bawah Trans Jawa bisa masuk JTT, sekarang asetnya masih di Jasa Marga, harus dialihkan dulu ke Trans Jawa biar dia punya modal, punya aset. Kalau kita mau IPO tapi nggak punya aset ya nggak ada yang beli," tutur Agus, seperti dikutip dari Detik Finance, (7/2/2020).

1. Keuntungan Lebih

Menurut Agus, rencana IPO JTT ini telah melalui banyak pertimbangan dan perhitungan. IPO bakal memberi keuntungan besar terhadap perusahaan, terutama dengan dana yang didapat bakal mempercepat pengembalian dana investasi perusahaan dibanding pembiayaan melalui perbankan.

"Kalau IPO kan pengembaliannya relatif dan setiap tahun, disesuaikan setiap tahun dapat dividen. Sehingga dari sisi pembiayaan, IPO jadi alternatif yang paling baik, itu sedang jadi prioritas (Jasa Marga) untuk pembiayaan," jelas Agus.

Foto salah satu outlet di Rest Area 429A Tol Trans Jawa

Banyak aset besar di sepanjang jalur Tol Trans Jawa

Sedikit informasi ditambahkan, saat ini aset perseroan Jasa Marga sekitar Rp100 triliun. Sedangkan Jasamarga Transjawa Tol menguasai sekitar 50 persennya. "Nilai aset kalau Jasa Marga lebih dari Rp 100 triliun, Trans Jawa itu mungkin 40-50% dari Jasa Marga," ujarnya.

Kapan IPO bakal dilaksanakan, Jasa Marga belum memberikan informasi detail waktunya. Begitu pula dengan target dana yang ingin dicapai, juga tidak disebutkan. "Saya belum punya angkanya. Belum punya target rupiah dan belum punya target tanggal atau tahun. Tapi itu jadi salah satu yang sedang kita upayakan untuk sesegera mungkin," tuturnya.

>>> Pemerintah Proyeksikan Tol Trans Jawa Tersambung Dengan Tol Bali

2. Tol Trans Jawa

Jalan Tol Trans Jawa memilik panjang sekitar 1.150 Km membentang dari Pelabuhan Merak di ujung barat Pulau Jawa hingga Pelabuhan Ketapang Banyuwangi di ujung timur. Overall seluruh jalur sudah terhubung dan beroperasi, kecuali ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi sekitar 170 Km yang masih tahap pembangunan. Ditargetkan tol ini bisa selesai dan beroperasi pada awal 2022.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto Jalan Tol Trans Jawa di senja hari

Mempermudah akses darat ke Pulau Sumatra dan Bali

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain