Jasa Marga Targetkan Tol Taman Mekar-Sadang Selesai Tahun Ini

09/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Dengan progres yang telah dicapai, Jasa Marga menargetkan pembangunan konstruksi ruas Tol Taman Mekar-Sadang atau Seksi 3 Tol Japek II Selatan selesai tahun ini.

Progres pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan terus mengalami peningkatan, baik pembebasan lahannya maupun pekerjaan konstruksinya. Kelak jika selesai tol ini bakal terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road  (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Progres

Dalam unggahannya di media sosial, (8/6/2021) PT Jasa Marga mengungkapkan, progres pembebasan lahan ruas Tol Taman Mekar-Sadang atau Seksi 3 Tol Japek II Selatan telah mencapai lebih dari 86%. Sedangkan konstruksinya lebih dari 46%.

Dengan progres tersebut PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) menargetkan pembangunan rampung tahun ini. Alasan lainnya, proses pembebasan lahan untuk Tol Japek II Selatan memang diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

“Hingga awal Juni 2021, progres pembebasan lahan jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Taman Mekar–Sadang) telah mencapai 86,82% dan progres konstruksinya mencapai 46,74%. PT JJS menargetkan Seksi 3 (Taman Mekar-Sadang) ini dapat segera rampung di tahun 2021 ini.” tulis Jasa Marga di akun IG-nya @official.jasamarga.

Foto Pembangunan jalan tol Japek 2 Selatan

Pembangunan Tol Taman Mekar-Sadang (Seksi 3 Tol Japek II Selatan) terus dikebut

Target di atas sedikit lebih cepat dari yang disampaikan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) beberapa waktu lalu dimana pembangunan ditargetkan rampung pada Maret 2022.

>>> Progres 42%, Seksi 3 Tol Japek II Selatan Selesai Maret 2022

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Proses pembiayaannya ditanggung APBN/APBD, BUMN, dan Swasta sebagaimana diatur Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diterbitkan pada 17 November 2020.

Tol ini memiliki panjang 62 Km membentang dari Jatiasih, Kota Bekasi hingga Sadang, Purwakarta. Proses pembangunannya dibagi menjadi 3 seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Jatiasih-Setu (Sta 00 hingga Sta 9+300) sepanjang 9,3 kilometer,
  • Seksi 2 Setu-Taman Mekar (Sta 9+300 hingga Sta 34+150) sepanjang 24,85 kilometer,
  • Seksi 3 Taman-Mekar Sadang (Sta 34+150 hingga Sta 62) sepanjang 27,85 kilometer

Untuk akses pengendara disediakan 7 gerbang tol yaitu Gerbang Tol Jatiasih, Gerbang Tol Bantar Gebang, Gerbang Tol Setu, Gerbang Tol Sukaragam, Gerbang Tol Taman Mekar, Gerbang Tol Kutanegara, dan Gerbang Tol Sadang.

“Jika sudah beroperasi penuh nanti, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan investasi sebesar Rp 14,69 Triliun dan masa konsesi 35 tahun ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan dan dapat meningkatkan mobilitas serta menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.” tulis Jasa Marga.

>>> Ini Tol Terpanjang di Indonesia dengan Pembangunan Tercepat

Foto progres Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan

Jika selesai Tol Japek 2 Selatan bakal terkoneksi langsung dengan Tol JORR 2

>>> Temukan harga terbaik mobil untuk impianmu, di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top