Jasa Marga Segera Naikkan Tarif Tol Semarang-Batang

22/06/2021

Pasar mobil

3 menit

PT. Jasamarga Semarang Batang bakal menaikkan Tarif Tol Semarang-Batang tidak lama lagi. Diimbau agar pengendara mempersiapkan saldo uang elektronik yang cukup.

PT Jasa Marga dalam rencana melakukan penyesuaian tarif dua jalan tol di Jawa Tengah dalam waktu dekat, yaitu Tol Semarang-Solo dan Tol Semarang-Batang. Untuk tarif baru Tol Semarang-Solo bahkan sudah dirilis dengan besaran kenaikan antara Rp 1.000 hingga Rp 19.500.

Sedangkan untuk kenaikan tarif Tol Semarang-Batang belum diumumkan. PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku anak usaha PT Jasa Marga baru menginformasikan kenaikan tarif akan berlaku dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat ini, Ruas Jalan Tol Batang - Semarang akan diberlakukan penyesuaian tarif. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 777/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Batang-Semarang.” tulis JSB melalui akun IG @jasamarga_semarang_batang.

Tarif Tol Semarang-Batang

Saat ini masih digunakan tarif lama yang berlaku sejak awal 2019. Tarif ini terbagi 3 untuk 5 golongan kendaraan, yaitu tarif Golongan I, tarif Golongan II/III, dan tarif golongan IV/V.

Tarif termurah berlaku untuk kendaraan asal tujuan Batang - Kandeman dan sebaliknya. Kendaraan golongan I hanya Rp 3.000, golongan II/III Rp 5.000, dan kendaraan golongan IV/V Rp 6.500. Adapun tarif termahal berlaku untuk kendaraan asal tujuan Batang - Kalikangkung. Kendaraan golongan I sebesar Rp 75.000, golongan II/III sebesar Rp 112.500, dan kendaraan golongan IV/V sebesar Rp 150.000.

>>> Pembangunan Simpang Susun KIB Tol Semarang-Batang Terus Dikebut

Foto Tarif Tol Semarang-Batang sejak 2019

Sesuai regulasi, penyesuaian tarif jalan tol dilakukan setiap dua tahun

Meski belum diumumkan tanggal berlakunya tarif baru, JSB mengimbau pengendara tetap mempersiapkan saldo uang elektronik dalam jumlah cukup. Berikut daftar lengkap tarif Tol Semarang-Batang yang berlaku sejak 2019:

>>> Tol Semarang-Batang, Jalan Tol Dengan 40 Jembatan

Jalan Tol Semarang-Batang

Sebagaimana Tol Semarang-Solo, jalan Tol Semarang-Batang juga salah satu bagian utama dari Tol Trans Jawa. Panjangnya 75 km terbagi menjadi 5 seksi. Seksi 1 Batang-Tulis sepanjang 3,2 Km, Seksi 2 Tulis-Weleri sepanjang 36,4 Km, Seksi 3 Weleri-Kendal sepanjang 11,05 Km, Seksi 4 Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 Km dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,1 Km.

Foto Jembatan Kali Kuto Tol Semarang-Batang

Jembatan Kalikangkung yang ikonik dan eksotis

Tol ini memiliki satu ciri yang sangat ikonik, yaitu Jembatan Kali Kuto. Jembatan plengkung warna merah tersebut sangat eksotis. Dilihat dari sisi manapun jembatan Kalikuto terlihat menarik. Di malam hari jembatan ini terlihat indah dengan empat sinar lampu utama dari empat kaki jembatan terpancar ke bagian tengah atas plengkung. Sinarnya memunculkan efek bayangan merah pada air di bawah jembatan.

>>> Tinggal di Semarang, temukan mobil impianmu di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top