Jasa Marga Optimis 2 Tol Selesai Akhir Maret Meski Ada Kendala

19/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga optimis jalan Tol Serpong-Cinere dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran bisa selesai akhir Maret 2021 meskipun masih ada beberapa kendala kecil.

Pemerintah telah menetapkan akhir Maret 2021 pembangunan jalan Tol Serpong-Cinere dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran selesai dan bisa segera beroperasi. PT Jasa Marga juga optimis target ini bisa dicapai. Hal itu disampaikan dalam kunjungan yang dilakukan Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga, pada Rabu (17/3/2021).

Namun demikian Komisaris Utama Jasa Marga, Yuswanda A Temenggung mengakui keduanya masih belum sempurna 100 persen. Masih ada beberapa kendala minor yang harus dihadapi dan diselesaikan.

"Disamping beberapa kendala minor yang masih dihadapi, kita optimis kedua ruas tol ini dapat selesai di akhir Maret 2021", kata Yuswanda, seperti dirilis Jasa Marga (18/3/2021) tanpa menyebutkan kendala yang dimaksud.

>>> Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Ditargetkan Selesai Bulan Ini

 

Foto Kunjungan Komisaris dan Direksi Jasa Marga di Tol JORR II

Sebentar lagi bertambah ruas tol yang beroperasi di Indonesia

Progres Tol Serpong-Cinere

Jalan Tol Serpong-Cinere masuk dalam jaringan jalan tol lingkar luar Jakarta II (JORR II). Tol ini memiliki panjang 10,14 Km. Pembangunannya terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,59 Km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,55 Km). Progres konstruksi Seksi 1 sudah selesai 100% dan siap diresmikan. Sedangkan progres konstruksi Seksi 2 sudah mencapai 79,7% dengan pembebasan lahan mencapai 99,17%.

Progres Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran juga masuk dalam jaringan tol JORR II. Panjangnya 14,19 Km dan terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu yaitu Seksi I Simpang Susun Kunciran- Underpass Tirtayasa (2,04 Km), Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 Km), Seksi III Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 Km), dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,06 Km). Progres konstruksi yang sudah dicapai secara keseluruhan untuk tol ini sebesar 97,01%. Sedangkan untuk pembebasan lahan sebesar 97,74%.

Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong. Tol yang dikelola PT Marga Trans Nusantara ini sudah beroperasi sejak 2019. Ketiganya dapat menjadi alternatif bagi pengendara akan ke arah Bandara Soekarno-Hatta, arah Pondok Aren-Serpong, serta arah Banten/Pelabuhan Merak.

"Nantinya jika sudah beroperasi akan menjadi alternatif akses baru bagi masyarakat, terutama menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta", tutup Yuswanda.

>>> 5 Trik Biar Perjalanan Liburan Tidak Bergantung Pada Rest Area

Foto Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Tol Cengkaren-Batuceper-Kunciran bagian dari JORR II

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top