Jasa Marga Lakukan Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi Hingga 24 Oktober

19/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga Lakukan Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi Hingga 24 Oktober
Perbaikan jalan dan perkuatan jembatan dilakukan Jasa Marga di Tol Jagorawi KM 15+ dan KM 23+ mulai hari ini hingga 24 Oktober. Pengendara dihimbau berhati-hati

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengumumkan dilakukannya perbaikan jalan dan perbaikan jembatan di ruas Tol Jagorawi. Pekerjaan yang dilakukan Jasamarga Metropolitan Tollroad itu ditujukan untuk menjaga kualitas jalan, meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Pekerjaan di 2 lokasi

Lokasi perbaikan jalan dan perkuatan jembatan dilakukan berada di 2 titik, yaitu Km 15+408 Lajur 4 arah Jakarta dan Km 23+225 Lajur 4 arah Jakarta.

Waktu pengerjaan keduanya sama, dimulai hari Senin tanggal 19 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB sampai dengan hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB. Saat pekerjaan selesai lalu lintas bakal dibuka lagi secara normal dan aman.

>>> Yang Perlu Dilakukan Jika Melihat Kejadian Khusus di Jalan Tol

Pengaturan lalu lintas

Foto menunjukkan Rekonstruksi jalan tol

Pemeliharaan jalan tol untuk menjaga kualitas jalan agar tetap memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol

Mengantisipasi dampak yang timbul saat proses perbaikan jalan di atas, Jasa Marga berkoordinasi dengan kepolisian melakukan pengaturan lalu lintas. Lajur 4 bakal ditutup selama pekerjaan serta lajur 3 dilakukan buka tutup secara situasional. Sedangkan lajur 1, lajur 2, dan bahu jalan masih bisa digunakan.

Berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Jasa Marga melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan. Selama pekerjaan berlangsung lajur 4 akan ditutup, serta diberlakukan buka tutup pada lajur 3 secara situasional. Lajur 1 dan 2, serta bahu jalan dapat digunakan sebagai jalur lalu lintas.

Selain pengaturan di atas Jasa Marga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan, dan menyiagakan petugas di lokasi pekerjaan.

Dihimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati dan mentaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Dihimbau juga untuk memperhatikan informasi di atas agar bisa mempersiapkan diri sebelum masuk tol atau mengatur jadwal perjalanan.

Untuk diketahui, pemerintah memang mewajibkan pengelola jalan tol atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan pemeliharaan rutin, berkala, dan peningkatan. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No, 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol.

Pada Pasal 53 disebutkan : (1) Pemeliharaan jalan tol meliputi pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan peningkatan. (2) Badan Usaha wajib memelihara jalan tol dan jalan penghubung.

Adapun ketentuannya harus disesuaikan dengan ketentuan teknik pemeliharaan, tidak merugikan pengguna jalan, tidak menimbulkan gangguan [signifikan] terhadap kelancaran lalu lintas.

>>> Pemerintah Prioritaskan 3 Jalan Tol Untuk Segera Diselesaikan

Foto menunjukkan keindahan Jalan Tol Jagorawi

Jalan Tol Jagorawi, dibangun tahun 1973 dan menjadi jalan tol tertua di Indonesia

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top