Jasa Marga Gelar Random Check Rapid Test Antigen Di Jalan Tol Jagorawi

25/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jasa Marga Gelar Random Check Rapid Test Antigen Di Jalan Tol Jagorawi
Jasa Marga mulai menjalankan Random Check Rapid Test Antigen di jalan Tol Jagorawi dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di hari libur Natal dan Tahun Baru.

Random check Rapid Test Antigen untuk mencegah penyebaran Covid-19 di hari libur Natal dan Tahun Baru 2020-2021 diberlakukan di sejumlah rest area jalan tol. Termasuk rest area di sepanjang jalan Tol Jagorawi.

Dalam dalam hal ini operasi random check dilakukan Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) bersama dengan Polres Bogor dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Satuan Tugas Covid Daerah. Jasa Marga selaku induk usaha JMT mendukung penuh pelaksanaan operasi gabungan ini dengan menyediakan lokasi pengecekan sesuai kebutuhan Pemerintah.

Targetkan ratusan pengunjung

Dalam rilisnya, (24/12/2020) Jasa Marga menyebut pemeriksaan acak yang dilakukan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area Km 35 A Ruas Jagorawi berhasil memeriksa sebanyak 40 orang pengunjung. Pemeriksaan sendiri dilakukan pada Kamis, 24 Desember 2020 selama 2 jam dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Jasa Marga yang bekerjasama dengan Polres Bogor bakal melanjutkan pemeriksaan rapid test antigen pada hari berikutnya di Tol Cipularang, yaitu Rest Area Km 72 A pada Jum’at 25 Desember 2020, Rest Area Km 97 B pada Sabtu 26 Desember 2020, dan Rest Area Km 72 B pada Minggu 27 Desember 2020. Ditargetkan di masing-masing rest area pemeriksaan mencapai minimal 100 orang pengunjung.

>>> Catat, Puluhan Tempat Wisata di Jakarta Ini Tutup Saat Natal dan Tahun Baru

Foto menunjukkan suasana saat Rapid Test Antigen di Rest Area KM 34 Tol Jagorawi

Rapid Test Antigen digelar secara acak di rest area jalan tol

Sebagai himbauan kepada pengendara yang ingin melakukan perjalanan baik lewat jalan tol maupun non tol tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman dengan orang lain). Tak kalah penting dari 3M tersebut, pengendara wajib dalam kondisi sehat dan selalu mematuhi aturan berlalu lintas. Bagi yang ingin lewat jalan tol agar memastikan saldo uang elektronik mencukupi agar tidak terjadi hambatan di perjalanan.

Protokol pelayanan Rest Area

Sebagaimana diketahui, di masa liburan akhir tahun 2020 (Natal dan Tahun Baru) pemerintah menganjurkan warga di manapun tidak pergi keluar kota. Baik untuk mudik ke kampung halaman maupun liburan untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19. Namun demikian kebijakan tersebut bukan bersifat larangan. Warga yang merasa ‘terpaksa’ harus pergi diperbolehkan dengan syarat benar-benar dalam kondisi negatif Covid-19 dibuktikan dengan hasil Rapid Test Antigen.

Di jalan tol pelayanan di rest area (masjid, toilet, SPBU, Pujasera, dan yang lain) juga tetap beroperasi penuh. Namun tetap memperhatikan protokol sebagaimana instruksi dari pemerintah melalui Surat Edaran Menteri PUPR nomor 07 /SE/ 2020 tentang Protokol Pencegahan Penanggulangan Covid 19 di TIP dan Surat BPJT Nomor BM 07 02 Pt/ 109 tanggal 26 Maret 2020 perihal Antisipasi Penyebaran Virus COVID 19.

Diantara ketentuannya membatasi jumlah pengunjung dan melakukan random check Rapid Test Antigen. Untuk pembatasan kendaraan; rest area ditutup jika kendaraan yang masuk sudah mencapai 50 persen, kendaraan parkir mengikuti tanda parking distancing serta tidak parkir di area yang ditandai rubber cone /MCB. Lalu waktu kunjungan maksimal 30 menit dan harus segera melanjutkan perjalanan.

>>> Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

Foto menunjukkan suasana lalu lintas di jalan tol

Meski nampak lengang ratusan ribu kendaraan sudah meninggalkan ibu kota lewat jalan tol jelang Natal dan Tahun Baru

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ada Rapid Test Antigen, Liburan ke Bali Naik Mobil Pribadi Jadi Lebih Mahal

22/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Satuan tugas penanganan Covid-19 telah membuat persyaratan utama yang wajib dipenuhi saat liburan ke Bali dengan penyertaan surat hasil rapid test antigen.

Lihat juga

Keluar-Masuk Jakarta Wajib Rapid Test Antigen, Bagaimana dengan Kendaraan Pribadi?

17/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Para penumpang transportasi umum diminta untuk melakukan rapid test antigen sebelum keluar masuk Jakarta. Bagaimana dengan pengguna kendaraan pribadi?

Lihat juga

Kendaraan Pribadi Diimbau Sertakan Rapid Test Antigen saat Pergi Libur Akhir Tahun

21/12/2020

Pasar mobil

7 menit

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis aturan terbaru yang berkaitan dengan perjalanan semasa Libur Akhir Tahun yakni menyertakan hasil rapid test antigen.

Lihat juga

Polisi Bakal Razia Rapid Test Antigen di Rest Area

21/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Pihak kepolisian bakal menggelar razia rapid test antigen di Rest Area dalam Operasi Lilin 2020 yang bakal dilaksanakan pada 21 Desember 2020-4 Januari 2021.

Lihat juga

Masuk Jateng Wajib Rapid Test Antigen, Gubernur Sarankan Tidak Mudik

17/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sarankan warganya untuk tidak mudik di libur Natal dan Tahun Baru 2020-2021 agar tidak diwajibkan Rapid Test Antigen.

Lihat juga
 
back to top