Jasa Marga Garap Tol Probolinggo-Banyuwangi Mulai 2022 ​

29/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) menargetkan pengerjaan konstruksi jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur bisa dimulai pada tahun 2022.

Pembangunan jalan Tol Trans Jawa masih menyisakan satu bagian, yakni Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) di Jawa Timur yang hingga kini belum memasuki tahap konstruksi. Meski demikian, tahapan terus berlanjut dengan peningkatan cukup signifikan.

Pembebasan lahan capai 24,88%

Dalam keterangan resminya, Jasa Marga menyebut hingga akhir Juli 2021 pembebasan lahan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Seksi 1 Probolinggo-Besuki (29,6 Km) mencapai 24,88%. Targetnya pada akhir 2021 pembebasan lahan selesai untuk kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan konstruksi pada 2022.

“Jika semuanya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka target penyelesaian konstruksi untuk seksi 1 dapat rampung pada tahun 2024. Karena pelaksanaan konstruksi belum dapat dimulai, saat ini fokus PT JPB adalah mendukung Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Lahan untuk mempercepat proses pembebasan lahan untuk seksi 1 Probolinggo – Besuki, agar target dari pengerjaan konstruksi bisa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” jelas Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), Adi Prasetyanto.

>>> Ini Tol Terpanjang di Indonesia dengan Pembangunan Tercepat

Foto menunjukkan Peta Tol Probolinggo-Banyuwangi

Pembangunan Tol Trans Jawa menyisakan Tol Probowangi yang belum digarap

Untuk seksi yang lain, yakni Seksi 2 Besuki-Bajulmati (110,9 KM) dan Seksi 3 Bajulmati-Ketapang (31,041KM) juga terus diupayakan pembebasan lahannya. Namun prioritas utama tetap Seksi 1 yang progresnya paling besar.

“Namun tentu saja kami juga terus melakukan monitoring untuk Seksi 2 Besuki-Bajulmati (Kab. Situbondo) sepanjang 110,9 Km serta seksi 3 Bajulmati-Ketapang (Kabupaten Banyuwangi) sepanjang 31 Km yang proses pembebasan lahannya juga terus dilakukan,” terang Adi.

Jalan Tol Probowangi

Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) memiliki panjang 172 Km, membentang dari Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo hingga Pelabuhan Ketapang Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

Proses pembangunannya terbagi menjadi 3 seksi, yaitu Seksi 1 Probolinggo-Besuki (29,6 KM), Seksi 2 Besuki-Bajulmati (110,875 KM), dan Seksi III Bajulmati-Ketapang (31,041KM).Tol ini ditargetkan selesai dalam waktu 2-3 tahun, atau jika mundur lagi paling lambat pada 2025 semuanya beres. Dengan begitu seluruh rangkaian Tol Trans Jawa tersambung sempurna dari pelabuhan penyeberangan Merak Banten hingga pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur. Dan jalan Tol Probowangi menjadi ruas terpanjang jalan Tol Trans Jawa.

>>> Tol Probowangi Bakal Mengalahkan Tol Cipali, Dalam Hal Apa?

Foto Gerbang Tol Probolinggo-Timur

Saat ini, Tol Trans Jawa berakhir di Gerbang Tol Probolinggo Timur

>>> Cari mobil plat nomor Jawa Timur, temukan di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top