Jasa Marga Catat 336.929 Kendaraan Meninggalkan Jakarta Dalam 2 Hari

29/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jasa Marga Catat 336.929 Kendaraan Meninggalkan Jakarta Dalam 2 Hari
Jasa marga mencatat sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta via jalan tol dalam 2 hari libur, Cuti Bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H.

Ada libur panjang di akhir Oktober tahun ini, gabungan dari Cuti Bersama, Hari Libur Nasional Maulid Nabi Muhammad SAW, dan weekend day Sabtu-Minggu. Momen ini dimanfaatkan penuh oleh para perantau di ibu kota untuk mudik. Sebagian lagi mengisi dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.

336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta

Jasa Marga salah satu yang merasakan efek libur panjang. Dalam rilisnya, (28/10/2020) Jasa Marga menginformasikan sebanyak 336.929 unit kendaraan telah meninggalkan ibu kota dalam dua hari pertama liburan, yaitu Cuti Bersama dan Maulid Nabi 1442 H.

“Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5% jika dibandingkan lalin new normal.” tutur Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangannya.

Angka diatas merupakan total kendaraan yang melintas di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur) 51,62%, GT Cikupa (arah Barat) 26,61’% dan GT Ciawi (arah Selatan) 21,77%.

>>> Libur Cuti Bersama Jalan Menuju Jawa Tengah Lancar dan Arah Puncak Padat

Foto menunjukkan lalu lintas di jalan tol

Ribuan orang meninggalkan meninggalkan ibu kota untuk liburan

  • Arah Timur

Kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah timur merupakan kontribusi dari dua Gerbang Tol, yakni GT Cikampek Utama 1 menuju Tol Trans Jawa sebanyak 100.842 kendaraan dan GT Kalihurip Utama 1 menuju Tol Cipularang-Padaleunyi sebanyak 73.078 kendaraan.

Total sebanyak 173.920 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur atau naik sebesar 74,3% dari lalin new normal.

  • Arah Barat

Kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak mencapai 89.662 kendaraan, naik sebesar 11,1% dari lalin new normal.

  • Arah Selatan

Sementara itu, kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 73.347 kendaraan, naik sebesar 23,6% dari lalin new normal.

Angka di atas masih akan bertambah mengingat liburan masih berlangsung. Dihimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Selain memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pengendara juga harus mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM.

Jangan lupa pula untuk mempersiapkan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

>>> Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet

Foto Rest Area KM 52B

Sebagian rest area tutup untuk menghindari kepadatan

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top