Jasa Marga Beri 3 Keringanan Buat Pengguna Tol Trans Jawa

18/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Jasa Marga Beri 3 Keringanan Buat Pengguna Tol Trans Jawa
Sempat dikritik karena tarif yang dianggap terlalu mahal, kini pengguna jalan tol bisa menikmati perjalanan dengan tarif lebih murah dari sebelumnya. Jasa Marga bahkan memberikan keringanan lain selain tarif 'murah' tersebut.

Tersambungnya jalan Tol Trans Jawa sejak bulan lalu memberi angin segar bagi lalu lintas di pulau Jawa. Jarak tempuh dari Jakarta-Semarang-Surabaya menjadi lebih singkat dan lebih cepat bisa sampai ke tujuan. Jalan Tol Trans Jawa juga berpengaruh pada lalu lintas di jalur Pantura yang menjadi lebih lancar sebab volume kendaraan yang melintas berkurang.

Foto jalan tol Jakarta - Surabaya

Jalan Tol Trans Jawa, tersambung dari Jakarta hingga Surabaya

Di awal ditetapkan tarif realistis yang telah diperhitungkan yaitu Rp 1.300 per km, Jasa Marga mendapat kritik dari berbagai kalangan sebab dianggap kemahalan. Tarif itu kini tidak berlaku karena pemerintah akhirnya memangkas tarif menjadi lebih murah yang diharapkan bisa merangsang pengendara untuk menggunakan jalan tol. Group Head Corporate Communication and Community Development PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menuturkan Jasa Marga saat ini memberi 3 keringanan buat pengguna jalan Tol Trans Jawa:

1. Tarif Rp 1.000 per km

Besaran tarif Tol Trans Jawa maksimal Rp 1.000 ini adalah kebijakan pemerintah setelah sebelumnya ditetapkan tarif realistis Rp 1.300 dari Jasa Marga. "Tarif 1.300 itu sudah paling murah yang kami perhitungkan saat lelang. Tapi oleh pemerintah dipotong jadi Rp 1.000 per km. Sebagai gantinya, masa konsesi kami diperpanjang," tutur Dwi usai menerima kunjungan Komisi VI DPR RI di rest area jalan tol Km 519, Sragen, Jawa Tengah, Kamis (14/2/2019) lalu.

>>> Menempuh Perjalanan Jakarta-Surabaya Lewat Jalan Tol, Berapa Kali Pengemudi Harus Istirahat?

2. Pemangkasan golongan kendaraan

Sebelumnya tarif tol dibagi menjadi lima jenis. Namun untuk tarif baru diringkas menjadi 3 jenis.

  • Golongan I (mobil pribadi, truk kecil dan bus) Rp 1.000 per km
  • Golongan II dan III (truk 2 gandar dan 3 gandar) Rp 1.500 per km
  • Golongan IV dan V (truk 4 gandar dan 5 gandar) Rp 2.000 per km

"Dulu perbandingan tarif kendaraan paling besar dengan yang paling kecil sampai tiga kali lipat. Sekarang perbandingannya cuma dua kali lipat," kata Dwi.

>>> Sedang mencari membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Kendaraan mengantre di gerbang tol Weleri

Pengguna tol Trans Jawa sempat mengeluhkan tarif yang dinilai mahal

3. Tarif gratis dan diskon 15 persen di awal pengoperasian

Untuk tarif gratis Tol Trans Jawa sudah diterapkan sejak tol resmi tersambung akhir Desember 2018 lalu hingga 20 Januari 2019. Sedangkan untuk diskon 15 persen diberlakukan selama dua bulan mulai 21 Januari 2019 hingga 21 Maret 2019 di beberapa klaster.

"Sedangkan diskon 15 persen diterapkan sampai 21 Maret 2019. Itu untuk yang perjalanan jarak jauh di klaster-klaster tertentu," ujarnya.

>>> Lihat ketentuan tarif Tol Trans Jawa diskon 15 persen di sini!

Banner diskon tarif Tol Trans Jawa

Diskon 15 persen Tol Trans Jawa berlaku hingga 21 Maret 2019

Untuk perbedaan tarif tol baru dengan tarif tol lama menurut Dwi disebabkan perbedaan nilai investasi. Jadi tidak bisa disamakan. "Jalan tol yang lama kan dibangun sejak 30-an yang lalu, sekarang mereka sudah BEP (break even point). Kemudian baru bangun lagi tahun 2011. Pada jangka itu kan ada inflasi yang besar, wajar kalau tarifnya beda," jelasnya.

>>> Update berita otomotif paling aktual dan inspiratif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ada 54 Rest Area di Tol Trans Jawa, 22 Dikelola Jasa Marga

16/02/2019

Pengemudian

Mudik Lebaran 2019 masih jauh, meski demikian pos-pos pelayanan perjalanan mudik sudah dipersiapkan. Khusus jalan tol di pulau Jawa ada 54 rest area disiapkan, 22 diantaranya dikelola Jasa Marga. Sebagian sudah beroperasi penuh, namun sebagian yang lain belum beroperasi dan terus dikebut pembangunannya.

Lihat juga

Berlaku Mulai 14 Februari, Berikut Besaran Tarif Tol Bandara Soetta

12/02/2019

Pasar mobil

Setelah beberapa waktu dipertimbangkan bersama pihak-pihak terkait, Jasa Marga secara resmi mengumumkan tarif baru Tol Bandara Soetta (Soekarno-Hatta) atau Tol Prof. Dr. Sedyatmo.

Lihat juga

Tol Jakarta-Surabaya, Kesempatan Buat Menjajal Fitur Cruise Control

10/01/2019

Pengemudian

Salah satu keuntungan bagi pengemudi yang melintasi jalan tol Jakarta-Surabaya, Jawa Timur adalah bisa memanfaatkan fitur cruise control untuk menstabilkan laju mobil dalam kecepatan tertentu.

Lihat juga

Menempuh Perjalanan Jakarta-Surabaya Lewat Jalan Tol, Berapa Kali Pengemudi Harus Istirahat?

27/12/2018

Pengemudian

Ada yang harus diperhatikan para pengemudi saat menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya lewat jalan tol. Dengan jarak sepanjang 741 km potensi tubuh kelelahan jadi sesuatu yang harus diwaspadai. Lalu, berapa kali pengemudi harus istirahat?

Lihat juga
 
back to top