Jarang Huni Daftar Mobil Terlaris, Apa Kabar Honda Mobilio?

21/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jarang Huni Daftar Mobil Terlaris, Apa Kabar Honda Mobilio?
Jarang mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia bukan berarti Honda Mobilio sepi peminat. Honda mengklaim penjualan Mobilio tengah merangkak belakangan ini.

Low MPV menjadi segmen yang paling banyak dihuni oleh para pabrikan di Indonesia. Mobil jenis Low MPV memang kerap menjadi pilihan orang Indonesia. Desain, dimesin, dan fitur, mobil-mobil Low MPV dianggap mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat di Indonesia. 

Setidaknya ada tujuh pabrikan yang berkecimpung di segmen Low MPV ini. Mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, dan Honda Mobilio. 

Honda Mobilio

Mobilio terakhir disegarkan Honda pada Februari 2019

>>> Mobilio dan BR-V Laris Manis Dijual Lewat Online

Mobilio Kalah Laris dari Brio

Hampir seluruh model Low MPV itu juga menjadi tulang punggung bagi pabrikan itu sendiri. Contohnya saja Toyota Avanza yang kerap menghiasi daftar mobil terlaris di Indonesia. Demikian pula dengan Mitsubishi Xpander yang sejak kemunculannya juga turut meramaikan daftar mobil terlaris seantero Indonesia. 

Tapi yang dialami Honda justru berbeda. Penjualan Honda di Indonesia ditopang oleh mobil jenis hatchback Brio. Honda Mobilio yang bertarung di Low MPV bisa dibilang masih kalah populer dari Brio. Padahal Honda Mobilio berada di segmen yang gemuk. 

Honda Brio

Brio jadi tulang punggung Honda

Honda pun tak menampik kalau penjualan Mobilio memang tak sebanyak Brio. Meski begitu, jenama asal Jepang tersebut justru menyebut Mobilio mendapat penerimaan yang baik dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini bisa terjadi lantaran program penjualan yang disiapkan untuk Honda Mobilio berhasil menggaet konsumen.   

"Mobilio dari bulan ke bulan increase karena first time buyer dengan program penjualan di Mobilio cukup efektif dari bulan ke bulan," kata Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam konferensi pers virtual baru-baru ini. 

>>> Honda Brio Satya Pimpin Penjualan Mobil Murah Bulan September

Masih Rahasiakan Penyegaran Mobilio

Bila melihat data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari hingga September 2020, Mobilio sudah terdistribusi sebanyak 4.628 unit. 

Padahal pada tahun 2019 periode Januari-September ada 10.577 unit Honda Mobilio yang dikirim ke dealer-dealer. 

"Mobilio acceptancenya masih bangus walaupun kuantitinya tidak terlalu besar tapi di Honda cukup bagus ya kontribusinya," kaya Billy lagi. 

Untuk meningkatkan penjualannya, salah satu cara yang bisa ditempuh Honda adalah memoles tampilan Mobilio. Tapi sayangnya, bagi Anda yang telah menanti Mobilio terbaru harap bersabar karena Honda masih belum berencana mempercantik wujudnya dalam waktu dekat.  

"Strategi dengan Mobilio, ya balik lagi penyegaran produk memang bisa meningkatkan penjualan tapi kapan ya ditunggu," tutup Billy.           

>>> All New Honda City Hybrid Siap Dipasarkan di Malaysia Awal 2021 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top