Januari-Agustus 2020, Penjualan Toyota Avanza Masih yang Terbaik

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Januari-Agustus 2020, Penjualan Toyota Avanza Masih yang Terbaik
Sepanjang Januari-Agustus 2020 penjualan Toyota Avanza masih yang terbaik meski 5 bulan terakhir tidak menempati peringkat satu penjualan mobil di tanah air.

Penjualan mobil di tanah air mengalami koreksi cukup mendalam tahun ini karena pandemi COVID-19. Hingga bulan Agustus penjualan wholesales (pabrik ke dealer) baru mencapai 323.507 unit atau turun 51,3 persen dibanding penjualan tahun lalu sebanyak 664.134 unit. Sedangkan penjualan retail (dealer ke konsumen) baru mencapai 364.034 unit atau 46,4 persen dibanding penjualan tahun lalu sebanyak 679.263 unit.

Hampir semua model mengalami penurunan, termasuk Toyota Avanza. Mobil sejuta umat dan paling laris di Indonesia itu mengalami penurunan cukup besar.

Penjualan Toyota Avanza

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan Toyota Avanza sepanjang Januari-Agustus 2020 sebanyak 23.120 unit. Turun 58,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 55.680 unit.

Bahkan dalam 5 bulan berturut-turut dari April hingga Agustus 2020 Avanza tidak menempati peringkat satu penjualan mobil di Tanah Air. Posisinya digantikan model lain yang lebih laris, yaitu Honda Brio di bulan April, Mitsubishi Triton di bulan Mei, Honda Brio di bulan Juni, Suzuki Carry PU di bulan Juli, dan Nissan Livina di bulan Agustus.

.>>> Sudah 5 Bulan Avanza Kehilangan Status Mobil Terlaris di Indonesia

Foto menunjukkan tampilan depan Toyota Avanza 2019

Toyota Avanza, mobil paling laris di Indonesia

Meski hanya 23.120 unit, angka penjualan Toyota Avanza tersebut masih lebih baik dibanding penjualan model lain, baik Toyota maupun non Toyota.

Untuk merek lain, Honda Brio menjadi pesaing terdekat dengan penjualan sebanyak 22.083 unit. Disusul Suzuki Carry PU 20.277 unit, Mitsubishi Xpander 17.184 unit, dan Daihatsu Sigra 16.622 unit.

Sedangkan untuk merek Toyota, penjualan Innova adalah yang paling dekat, yaitu sebanyak 17.621 unit. Diikuti Rush 15.773 unit, Calya 14.079 unit, Agya 7.106 unit, dan Fortuner 7.017 unit. Di bawah Fortuner ada model Toyota lain dengan penjualan lebih rendah seperti Yaris, C-HR, Sienta, Corolla, Voxy, Alphard, dan yang lain.

Berpotensi disalip Honda Brio

Melihat data di atas, Honda Brio paling berpotensi menyalip Toyota Avanza. Hal tersebut tidak mustahil mengingat penjualan Honda Brio dalam 3 bulan terakhir sangat konsisten dalam performa terbaiknya. Sedangkan Avanza belum bisa stabil, angka penjualannya masih naik turun dan berada di bawah Honda Brio.

>>> Cari dan temukan mobil Avanza pilihanmu di sini!

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah 5 Bulan Avanza Kehilangan Status Mobil Terlaris di Indonesia

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Dalam 5 bulan terakhir Toyota Avanza kehilangan statusnya sebagai mobil terlaris di Indonesia setelah penjualannya digeser model lain secara bergantian.

Lihat juga

Murah Meriah, Inilah Harga Kampas Rem Mobil Avanza Original vs Aftermarket

30/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Kampas rem alias Brake Pads merupakan komponen Fast-Moving yang mana perlu diganti secara berkala. Seperti halnya mobil sejuta umat alias Toyota Avanza, kampas rem harus selalu dicek dan diganti jika dirasa perlu. Nah, buat sobat Cintamobil.com yang mengalami masalah tersebut, ini dia harga kampas rem mobil Avanza, benar-benar murah meriah.

Lihat juga

Berbeda dengan Servis Berkala, Berapa Biaya Tune Up Toyota Avanza?

22/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tune up dan sevis berkala merupakan dua hal yang berbeda. Bagi pengguna ‘Mobil Sejuta Umat’ ini, berikut biaya tune up Toyota Avanza yang perlu Anda keluarkan.

Lihat juga

Lebih Mewah, Ternyata Segini Harga Pasang Sunroof pada Toyota Avanza

16/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Anda bisa menambahkan sunroof pada Toyota Avanza untuk tampilan yang lebih mewah. Tapi, apa saja kelebihan dan kekurangan serta harga pasang sunroof pada Toyota Avanza?

Lihat juga

Ini Tekanan Angin Ban Mobil Toyota Avanza yang Disarankan

17/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Selain untuk kenyamanan, ternyata tekanan angin penting sebagai penunjang keselamatan. Berikut beberapa tips mendapatkan tekanan angin ban mobil Toyota Avanza untuk Anda.

Lihat juga
 
back to top