Jangan Nekat Nyelinap Mudik Naik Truk, Berbahaya!

10/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Demi sampai ke kampung halaman, banyak orang nekat mudik naik truk, padahal ada bahaya dan sanksi yang harus dihadapi

Meskipun pemerintah melarang aktivitas mudik untuk kendaraan bermotor umum dan perseorangan mulai 6-17 Mei 2021, toh masih banyak masyarakat yang tetap mudik dengan melakukan banyak cara.

Mudik naik truk

Banyak orang nekat mudik naik truk

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kendaraan yang bisa lolos penyekatan jalur mudik. Seperti yang sudah diketahui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merilis daftar kendaraan yang bisa melintas di seluruh jalur mudik.

Misalnya kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara, kendaraan dinas operasional, kendaraan petugas jalan tol, kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah, mobil barang dengan tidak membawa penumpang, kendaraan pengangkut obat-obatan dan alat kesehatan, kendaraan yang digunakan untuk keperluan mendesak, hingga kendaraan yang mengangkut repatriasi pekerja migran Indonesia.

>>> Sederet Kerugian Mudik Menggunakan Travel Gelap

Nekat Mudik Naik Truk

tampak pemudik naik truk

Bahayanya truk menarik penumpang

Ditlantas Polda Metro Jaya menemukan 10 pemudik yang bersembunyi dalam sebuah truk pengangkut sepeda motor yang akan melintasi Gerbang Tol Cikupa, Tangerang. Di tempat yang berbeda, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar juga membenarkan soal truk pengangkut motor yang membawa pemudik tersebut.

"Iya ditemukan mobil towing sepeda motor yang membawa penumpang sejumlah 10 orang yang akan ke Pandeglang," tutur Fahri seperti dikutip dari laman resmi Polri.

Dengan pelanggaran tersebut, pihak kepolisian melakukan sanki tilang sopir truk dengan Pasal  303 No.22 Tahun 2009 UU LLAJ tentang pelanggaran mobil barang untuk mengangkut orang dengan denda maksimal Rp 250.000.

>>> Tips Menghemat Biaya Makan di Perjalanan

Bahaya Nekat Mudik dengan Truk

Kasus tersebut menjadi contoh masih banyaknya calon pemudik yang nekat balik ke kampung halaman dengan menumpang di bak truk. Padahal, sebagai angkutan barang, menumpang di bak truk tentunya menjadi tindakan yang berbahaya, apalagi banyak kasus pemudik yang menumpang di bagasi truk.

Kabin truk

Penumpang paling aman berada di kabin truk

Pasalnya bak kendaraan bukan ditujukan untuk transportasi manusia. Bagian kabin adalah tempat yang aman untuk angkutan orang karena menggunakan safety belt. Sehingga jika tetap nekat menumpang di bak truk, bisa menambah korban jiwa jika terjadi kecelakaan.

Ditambah lagi, pemudik menyiasatinya dengan menutup bak atau bersembunyi di bagasi yang tidak memiliki safety belt dan belum tentu mendapatkan oksigen dengan baik. Seharusnya sopir truk mengutamakan keselamatan dirinya dan penumpang. Pikirkan resiko menaikan pemudik yang menumpang secara ilegal dan berani untuk tegas menolak.

>>> Baca tips & trik lainnya seputar otomotif di sini 

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top