Jangan Lupa! Ini Syarat Penumpang Bus TransJakarta Saat PPKM Darurat

12/07/2021

Pasar mobil

2 menit

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan bus TransJakarta mulai hari ini diwajibkan untuk membawa beberapa persyaratan selama masa PPKM Darurat di Jakarta.

Peraturan mengenai PPKM Darurat yang berlaku mulai hari ini, Senin 12 Juli, bukan hanya mempengaruhi pengemudi mobil pribadi maupun sepeda motor, tapi juga pengguna bus Transjakarta. Mulai hari ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluarkan beberapa persyaratan tambahan bagi setiap pengguna layanan TransJakarta.

Butuh STRP hingga surat dari Pemda

DIlansir dari keterangan resminya, setiap penumpang bus TransJakarta diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan dari pimpinan instansi minimal eselon 2 untuk pemerintahan, pimpinan perusahaan maupun bagi mereka yang bekerja di sektor esensial dan kritikal serta dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan tak lupa Surat Tanda Registrasi Pekerja atau STRP.

contoh surat STRP yang diperlukan selama PPKM Darurat
Pengguna harus menyertakan surat keterangan dan STRP

>>> Syarat Perjalanan Transportasi di Masa PPKM Darurat Diperketat

Sedangkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah bisa menggunakan layanan bus TransJakarta hanya dengan menunjukkan ID Card, sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi.

Nantinya, Petugas Layanan Halte (PLH) dan dibantu oleh tim Dishub DKI Jakarta akan memeriksa setiap pengguna bus TransJakarta sebelum masuk ke dalam hatle dan melakukan tap in. Penumpang yang tidak memiliki persyaratan tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam halte.

>>> PPKM, Akronim yang Paling Meresahkan Tahun 2021

Diperiksa oleh petugas

Sedangkan bagi pengguna layanan Non Bus Rapid Transit atau Non BRT serta Mikrotrans akan mendapatkan pengecekan di titik-titik masuk pada area penyekatan, Petugas dan pramudi akan mengingatkan pelanggan yang ingin melakukan layanan BRT maupun yang akan memasuki  area penyekatan untuk menunjukkan STRP.

penyekatan pas PPKM Darurat yang berlaku di Jakarta
Penyekatan mobilitas dilakukan selama PPKM Darurat

Lebih lanjut Budi menjelaskan, "Setiap pelanggan akan diperiksa oleh petugas kami. Jika surat dinyatakan sesuai syarat, maka bisa langsung melakukan Tap in dan memasuki area halte dan melanjutkan perjalanan. Namun sebaliknya apabila pelanggan tidak memiliki surat keterangan, pelanggan tersebut diminta untuk meninggalkan halte dan kembali lagi dengan membawa serta semua persyaratan.”

Selain Jakarta, PPKM Darurat juga akan diberlakukan di beberapa daerah yang mendapatkan lonjakan kasus tinggi selama beberapa pekan terakhir, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, hingga di Medan, Padang, Bandar Lampung, Mataram, hingga Balikpapan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top