Jangan Kaget, Harga Kendaraan Diesel Bakal Naik karena Aturan Euro 4

03/02/2022

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jangan Kaget, Harga Kendaraan Diesel Bakal Naik karena Aturan Euro 4
Penerapan Euro 4 pada kendaraan diesel membuat produsen melakukan penyesuaian agar bisa memenuhi standar, Tapi jangan kaget kalau ada penyesuaian harga.

Jajaran kendaraan diesel di Indonesia tengah bersiap menuju penerapan standar emisi Euro 4 yang berlaku pada April mendatang. Untuk itu para produsen telah menyiapkan ragam penyesuaian agar produknya bisa memenuhi standar Euro 4. 

>>> Review Isuzu Traga Blind Van 2022: Bandel dan Efisien untuk Ekspedisi

Isuzu Sudah Siap dari 10 Tahun Lalu

Isuzu misalnya yang terang-terangan menyebut bahwa mobil dan juga truk yang diproduksi dalam negeri sudah siap memasuki era Euro 4 bahkan dari 10 tahun lalu. Ya, kendaraan diesel Isuzu sudah dibekali mesin Commonrail dan terbukti tidak ada masalah dengan bahan bakar yang tersedia di Indonesia.

Gambar Isuzu Panther TBR541 kapsul

Panther merupakan 'korban' dari penerapan standar Euro 4 pada mesin diesel

Adapun nantinya akan ada penyesuaian dari sisi harga yang membuatnya kendaraan diesel jadi lebih mahal. Namun untuk kendaraan diesel yang sudah lebih dulu mengusung spesifikasi mesin Euro 4 seperti pada Mitsubishi Pajero Sport hingga Toyota Fortuner, penyesuaian komponen tak berlaku lagi. Maka kemungkinan harganya tidak akan mengalami penyesuaian. 

"Ada penambahan komponen, tentu ada penambahan harga," tutur Marketing Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/2/2022).

Meski harga produk bakal meningkat, Isuzu menyebut mesin lebih tetap irit. Ini bukan omong kosong belaka, Isuzu sendiri sudah melakukan pengujian untuk dengan membandingkan kendaraan berstandar Euro 2 dengan Euro 4. 

Walhasil, meski harga jualnya nanti bakal lebih mahal tapi biaya operasional kendaraan akan tetap irit. Tapi perlu digarisbawahi kendaraan tersebut harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan anjuran pabrikan sekaligus spesifikasi mesin. 

Pun demikian dengan penggunaan komponen yang tak jauh berbeda dengan mesin Euro 2. Dengan begitu, konsumen juga tak perlu khawatir akan biaya perawatan ke depannya. 

"Kami sudah melakukan pengujian engine Elf kami dengan power lebih besar utk Euro 4 bahkan konsumsi BBM-nya 10-12% lebih irit daripada engine Euro 2," tambah Aat. 

Sekadar informasi, penerapan mesin berstandar Euro 4 ini berlaku untuk seluruh kendaraan diesel yang diproduksi mulai 7 April 2022. Sementara kendaraan diesel Euro 2 yang kadung beroperasi di jalan tidak diharuskan mengganti spesifikasi mesinnya agar bisa berstandar Euro 4. Kalaupun Anda ingin melakukan modifikasi menjadi standar Euro 4 dari Euro 2, pastinya harus siap merogoh kocek dalam-dalam karena disebut tak murah. 

Tampilan depan mobil baru Isuzu Traga Blind Van 2022

Bakal ada penyesuaian komponen

Senada dengan Isuzu, produsen kendaraan diesel lainnya yakni Mitsubishi Fuso juga mengungkap hal serupa. Disebut Fuso akan ada peningkatan spesifikasi produk terkait penerapan Euro 4 seperti peningkatan Gross Weight Vehicle (GVW), dimensi belakang, kapabilitas daya dukung kendaraan terhadap beban, ban dengan 10 baut, sertia peningkatan final gear ratio. 

>>> Pakai BBM Premium, Indonesia Masih Tertinggal dari Vietnam

Berjalan Sesuai Rencana

Penerapan Euro 4 diesel sendiri sudah sesuai dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) di mana memberikan ketersediaan berbagai pilihan bahan bakar ramah lingkungan. Terkait supply-demand, DEN mendorong pemerintah daerah untuk menyelesaikan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar.

Sebagaimana diketahui, aturan Euro 4 tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, yang ditandatangani pada Maret 2017. Aturan ini berlaku 4 tahun setelah ditetapkan.

Selanjutnya pada 30 Desember 2020, Dirjen Migas Kementerian ESDM menetapkan Keputusan Nomor Nomor 146.K/10/DJM/2020 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Solar yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

>>> Euro 4 Siap Digunakan, Pemilik Kendaraan Euro 2 Tak Perlu Modifikasi Mesin

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top