Jalanan di Inggris Mulai menyusut Karena Banyaknya Mobil-Mobil Tua yang Ditelantarkan di Jalanan

19/02/2018

Pasar mobil
Jalanan di Inggris Mulai menyusut Karena Banyaknya Mobil-Mobil Tua yang Ditelantarkan di Jalanan
Mobil merupakan salah satu benda yang berharga di dunia ini. Meskipun tidak bisa dikendarai lagi, tapi mobil masih berharga besar. Karena harganya yang mahal, bagaimana perasaan Anda jika melihat jika ada yang meninggalkan mobil tua di jalanan?

Hal inilah yang terjadi pada jalanan di inggris. Banyak ditemukan mobil tua atau yang sudah menjadi rongsokan karena biaya scrappage atau tempat sampah bagi mobil tua yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan pengemudi meninggalkan mobil mereka di pinggir jalan.

Untuk menanggulangi hal ini, Freedom of Information sudah meminta kepada lebih dari 400 dewan untuk menunjukan jumlah mobil yang ditinggalkan. Data yang dikumpulkan terlihat sangat mengejutkan. Total mobil yang ditinggalkan pada tahun 2016 mencapai 147.616 unit, atau meningkat lebih tiga kali lipat dibandingkan pada tahun 2012 yang hanya 40.876 unit.

Gambar yang menunjukan mobil tua yang sudah rusak tergeletak pada bahu jalanan

Mobil tua tergeletak di pinggiran jalan di Inggris

Menurut para ahli, fenomena ini terjadi karena kenaikan biaya srappage tadi dan kecenderungan pengemudi yang lebih memilih untuk menelantarkan mobil mereka dibandingkan beralih ke model yang lebih baru.

>>> Baca juga Tips pakar ekonomi di Inggris untuk menuntaskan kemacetan

Edmund King, Presiden dari The Automobile Association, organisasi motoring terbesar di Inggris mengatakan,

“Dua puluh tahun yang lalu, jika Anda memiliki mobil tua, Anda bisa mendapatkan £ 150 (sekitar Rp.3 Juta) jika membuangnya. Tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, harga logam telah turun dan saat ini masyarakat diminta untuk membayar lebih dari £ 100 ( sekitar Rp. 2 Juta) agar mobil mereka diambil dan dibuang.”

Hal ini juga diperparah dengan data terbaru dari Society of Motor Manufacturers, dimana rata-rata usia kendaraan di jalan telah meningkat. Dengan usia kendaraan 6.8 tahun pada tahun 2003 menjadi 7.8 tahun yang tercatat pada tahun 2015 silam.

Gambar yang menunjukan beberapa mobil tua yang sudah berkarat ditinggalkan pada bagian hutan

Beberapa mobil tua dibiarkan berkarat di pinggiran jalan

Usia rata-rata sebuah mobil di scrappage pada tahun 2015 meningkat menjadi 13.9 tahun, meningkat dari 13 tahun pada 2009. Penjualan mobil baru telah anjlok pada beberapa bulan terakhir. Bahkan, penjualan mobil bekas juga mengalami penurunan 1.1% tahun lalu sebagai kemerosotan pasar mobil bekas untuk pertama kalinya.

Bahkan, dewan kota juga telah menetapkan denda ketika ada pengemudi yang membuang mobil mereka di jalanan. Denda tersebut bervariasi dengan rata-rata denda yang diterima sekitar £ 132 (sekitar Rp. 2.5 Juta) per insiden.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Salah satu penyebab utama dari meningkatnya pengemudi yang meninggalkan kendaraan mereka yaitu karena meningkatnya biaya bahan bakar, asuransi mobil, dan pajak yang tinggi. Tentu saja kenaikan ini membuat beberapa dari pengemudi membuang mobil mereka ketika terjadi kerusakan.

Gambar yang menunjukan beberapa mobil yang sedang berada pada tempat parkir dengan mobil putih berada di tengah

Harga bahan bakar dan pajak yang tinggi menyebabkan mobil ditinggalkan

Perkembangan mobil-mobil terlantar tidak luput dari perhatian publik. Hal ini dikarenakan tiga dari lima pengemudi di Inggris merasakan bahwa mereka merasa terganggu dengan mobil-mobil yang berserakan di tepi jalan dan membuat jalanan semakin sempit.

Untuk melaporkan kendaraan yang dibuang di Inggris, ketika seorang pengemudi mencurigai sebuah mobil sudah dibuang oleh pemiliknya, mereka bisa menghubungi dewan lokal yang akan menghubungi pemiliknya. Tentu saja hal ini memudahkan pencarian karena Inggris diketahui memiliki data setiap mobil dengan penggunanya.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top