Jalan Tol Terpanjang Jasa Marga, Tidak Ada Yang Sampai 100 Km

20/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jalan Tol Terpanjang Jasa Marga, Tidak Ada Yang Sampai 100 Km
Jasa Marga menguasai lebih dari 60 persen jalan tol di Indonesia. Tapi tahu tidak, 5 jalan tol terpanjang Jasa Marga tidak ada yang lebih dari 100 kilometer.

Jalan tol di Indonesia dikelola sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Salah satunya PT Jasa Marga dengan anak usahanya. BUMN ini mengerjakan lebih dari 60 persen jalan tol yang mayoritas berada di Pulau Jawa, dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Diantara yang dikelola yaitu Tol Jakarta-Tangerang, Tol Bandara Soetta (Prof. Dr Sedyatmo), Tol JORR (W2-E1-E2-E3), JORR S, Tol Semarang-ABC, Tol Cipularang, dan Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur.

5 jalan tol terpanjang

Selain jalan tol berjarak pendek-pendek Jasa Marga juga memiliki sejumlah jalan tol berjarak panjang. Dalam unggahannya di akun IG @official_jasamarga, (17/1/2021) disebutkan saat ini (Januari 2021) ada 5 jalan tol terpanjang yang sudah beroperasi secara penuh. Seluruhnya masuk dalam jaringan Jalan Tol Trans Jawa, yaitu: Jalan Tol Solo-Ngawi, Jalan Tol Ngawi Kertosono, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang-Solo.

>>> Pan-American Highway, Jalan Tol Terpanjang Di Dunia Yang Tak Tersambung 100 Persen

  • Jalan Tol Solo-Ngawi

Foto Jalan Tol Solo-Ngawi

Jalan Tol Solo-Ngawi, penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur via tol

Jalan Tol Solo-Ngawi memiliki panjang 91 Km menjadi penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di ujung barang tersambung dengan Tol Semarang-Solo. Dan di ujung timur tersambung dengan Tol Ngawi-Kertosono. Ada beberapa Gerbang Tol (GT) untuk mengakses tol ini, yaitu GT Colomadu, GT Adi Soemarmo, GT Ngemplak, GT Gondangrejo, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi.

>>> 5 Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

  • Jalan Tol Ngawi Kertosono

Jalan Tol Ngawi-Kertosono memiliki panjang 88,5 Km membentang dari Kabupaten Ngawi hingga Kertosono di Kabupaten Nganjuk. Di ujung barat tersambung dengan Tol Solo-Ngawi dan di ujung timur tersambung dengan Tol Kertosono-Mojokerto. Untuk akses warga tersedia gerbang keluar/masuk tol yaitu SS Ngawi, SS Madiun, SS Caruban, SS Nganjuk, dan SS Bandar.

  • Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Jakarta-Cikampek memiliki panjang 83 Km membentang dari Cawang hingga Cikampek. Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Karawang. Dari Jakarta, jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi satu-satunya akses via tol menuju Jawa Tengah dan menuju Kota Bandung (via Tol Cipularang).

  • Jalan Tol Batang-Semarang

Jalan Tol Batang-Semarang memiliki panjang 75 Km membentang dari Semarang (GT Kali Kangkung) hingga Pasekaran/Batang. Tol Batang-Semarang dikenal memiliki jembatan Kalikuto. Jembatan tersebut sangat ikonik dengan desainnya yang melengkung dan berwarna merah jreng. Beberapa gerbang tol jadi akses masuk jalan tol ini, yaitu GT Kaliwungu, GT Kendal, GT Weleri, dan GT Kandeman.

  • Jalan Tol Semarang-Solo

Foto Tol Semarang-Solo KM 334

Tol Semarang-Solo, melintasi kawasan pegunungan

Jalan Tol Semarang-Solo memiliki panjang 72,64 Km membentang dari Semarang (GT Banyumanik) hingga Kartasura (GT Colomadu). Jalan tol ini memiliki banyak gerbang keluar/masuk, seperti GT Ungaran, GT Bawen, GT Salatiga, GT Boyolali dan GT Colomadu. Tidak lama lagi di ruas tol ini bakal dibangun lagi satu gerbang tol, yaitu di Salatiga.

Di bawah 100 Km

Dari 5 tol terpanjang Jasa Marga di atas ternyata tidak ada yang mencapai 100 Km. Artinya lebih nyaman dilintasi karena tidak membutuhkan waktu lama untuk melintasinya. Jika dihitung berkendara dengan kecepatan 80 Km/jam hanya butuh waktu satu jam lebih beberapa menit. Apalagi jika dengan kecepatan lebih tinggi hingga 100 Km, waktu tempuhnya lebih singkat lagi.

Tidak direkomendasikan melaju lebih dari 100 Km. Selain melebihi batas yang diizinkan menurut aturan lalu lintas, potensi bahayanya juga jauh lebih besar.

>>> Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

Foto menunjukkan Resta Pendopo 456 Tol Semarang-Solo

Resta Pendopo KM 456 Tol Semarang-Solo, pertama di Indonesia rest area dengan skybridge

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tarif Jalan Tol Semarang ABC Segera Naik Bareng 2 Tol Lain

11/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga segera menaikkan tarif jalan Tol Semarang ABC bebarengan dengan Tol Palimanan-Kanci dan Tol Surabaya-Gempol yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa.

Lihat juga

Sepanjang 2020 Hutama Karya Garap 10 Jalan Tol Trans Sumatra

03/01/2021

Pasar mobil

3 menit

PT Hutama Karya menggarap 10 jalan Tol Trans Sumatra pada 2020 dengan panjang total mencapai 1.156 Km. Dua diantaranya sudah diresmikan dan beroperasi penuh.

Lihat juga

Dihadang Pandemi, Hutama Karya Tetap Untung Besar dari Jalan Tol

02/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Meski harus menghadapi pandemi Covid-19, profit besar tetap diraih PT Hutama Karya (HK) dari hasil mengelola jalan tol dan proyek lain selama setahun 2020.

Lihat juga

Pan-American Highway, Jalan Tol Terpanjang Di Dunia Yang Tak Tersambung 100 Persen

24/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan tol Indonesia belum apa-apanya dibanding Pan-American Highway. Dengan panjang mencapai 48.000 Km, jalan dinobatkan menjadi jalan tol terpanjang di dunia.

Lihat juga

Tol Lampung Segera Diresmikan, Dua Ruas Tol Terpanjang Bukan Lagi Milik Trans Jawa

02/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Bakal tak ada lagi dominasi ruas tol terpanjang di Indonesia oleh Jalan Tol Trans Jawa. Satu ruas tol yang bakal diresmikan di Jalan Tol Trans Sumatera tidak lama lagi bakal mengalahkan ruas-ruas tol Trans Jawa yang sebelumnya sangat dibanggakan.

Lihat juga
 
back to top