Jalan Tol di Pulau Sumatra Sudah Beroperasi Sepanjang 648 Km

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan Tol di Pulau Sumatra Sudah Beroperasi Sepanjang 648 Km
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat hingga akhir Agustus 2020 jalan tol di pulau Sumatra yang telah beroperasi mencapai 648 km.

Pembangunan infrastruktur jalan menjadi salah satu prioritas pemerintah. Salah satunya jalan tol di Pulau Sumatra yang ditargetkan tersambung dari Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh sepanjang 2.987 Km. Proyek besar ini terus dikerjakan meski negara dilanda pandemi COVID-19.

Progres terkini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan hingga akhir Agustus 2020 jalan tol di pulau Sumatra yang sudah beroperasi mencapai 648 km 9 ruas, yaitu:

  1. Tol Bakauheni – Terbanggi Besar 140 km,
  2. Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km,
  3. Tol Kayu Agung-Jakabaring 33 km,
  4. Tol Palembang – Indralaya 22 km,
  5. Tol Medan – Binjai 13 km,
  6. Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 km,
  7. Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km,
  8. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi IV 14 km yang baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (25/8/2020) lalu, dan
  9. Tol Pekanbaru-Dumai 131 km yang sudah selesai dan menunggu diresmikan.

>>> Jalan Tol Pertama di Provinsi Aceh Akhirnya Diresmikan

Foto menunjukkan Peresmian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4

Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera." kata
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagaimana dirilis BPJT, Minggu (30/8/2020).

3 ruas segera diresmikan

Menyusul setelah peresmian Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 bakal diresmikan pula 3 ruas tol tahun 2020 ini, yaitu Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung segmen Jakabaring-Kramasan, Tol Banda Aceh-Sigli seksi 3 Jantho-Indrapuri dan Tol Medan-Binjai seksi 1A Veteran-Tanjung Mulia.

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung segmen Jakabaring-Kramasan sepanjang 9 km ditargetkan beroperasi pada bulan November. Progres ruas jalan tol tersebut kini sudah mencapai 98 persen.
Tol Banda Aceh-Sigli seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km ditargetkan beroperasi pada Desember 2020. Untuk progres saat ini sudah mencapai 65 persen.
Tol Medan-Binjai seksi 1A Veteran-Tanjung Mulia sepanjang 4 km ditargetkan beroperasi bulan Desember juga. Progresnya kini mencapai 89 persen.

Dengan tambahan ketiga ruas tersebut, maka total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2020 mencapai 677 km.

>>> Hati-Hati, Mengemudi Terlalu Pelan di Jalan Tol Bisa Picu Kecelakaan

Foto salah satu bagian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Jalan tol bakal tersambung dari Pelabuhan Bakauheni Lampung hingga Banda Aceh

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top