Jalan Kaligawe Sering Banjir, Ini Jalur Alternatif Semarang-Demak

14/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Jalan Kaligawe Semarang sering tergenang banjir dan rob. Untuk kendaraan kecil berikut jalur alternatif Semarang-Demak untuk menghindari area tersebut.

Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan banjir di sejumlah kota di Tanah Air. Termasuk di Semarang, banjir melanda ibu kota Jawa Tengah ini pada Sabtu-Minggu (6-7/2/2020) pekan lalu. Akibatnya pemukiman warga dan sejumlah kawasan penting, seperti stasiun kereta api Tawang, Pasar Johar, Kawasan Wisata Kota Lama, hingga Bandara Ahmad Yani tergenang air dan berhenti beroperasi.

Banjir juga mengakibatkan jalan-jalan protokol terendam air. Seperti jalan Kaligawe yang menjadi area terparah hingga lalu lintas sempat lumpuh. Saat ini, air sudah surut dan lalu lintas kembali normal. Namun pengendara wajib waspada dan berhati-hati karena kondisi jalan mengalami kerusakan cukup parah.

Jalur alternatif Semarang-Demak

Jalan Kaligawe merupakan jalan utama penghubung Kota Semarang dan Demak di Jawa Tengah. Lokasinya tepat di bawah jembatan Tol Kaligawe hingga persimpangan Genuk. Sayang, jalan ini paling sering terdampak banjir. Terlebih di musim hujan, hampir pasti digenangi air setiap hari meski hujan tidak begitu deras.

>>> Banjir di Semarang Sempat Membuat 1 SPBU Berhenti Beroperasi

Foto Jalan Kaligawe tergenang air

Jalan Kaligawe Semarang menjadi langganan banjir dan rob

Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah sendiri merekomendasikan beberapa jalur alternatif. Khususnya untuk pengguna kendaraan kecil dari arah Semarang ke Demak atau sebaliknya. Meski jaraknya sedikit lebih jauh, tapi lebih aman dibanding melintas di jalan Kaligawe saat banjir. Berikut 4 jalur alternatif Semarang-Demak:

1. Mranggen - Onggorawe - Guntur - Demak

Dari Semarang lewat di Jalan Semarang-Purwodadi, belok ke kiri di Persimpangan Pasar Mranggen. Terus lurus melewati jalan raya Onggorawe hingga tembus jalur Pantura. Ambil kanan ke arah Demak.

2. Mranggen - Karangawen - Buyaran - Demak

Dari Semarang lewat di Jalan Semarang-Purwodadi, terus lurus melewati Pasar Mranggen. Sampai di persimpangan Pasar Karangawen belok ke kiri. Terus lurus melalui jalan raya Guntur hingga tembus jalur Pantura. Ambil kanan ke arah Demak.

3. Bangetayu - Banjardowo - Onggorawe - Guntur - Demak

Dari Semarang lewat di Jalan Semarang-Purwodadi, belok ke kiri di pertigaan Pedurungan (Jalan Soekarno-Hatta). Di pertigaan Palebon belok ke kanan arah Genuk (Jalan Wolter Monginsidi).  Terus lurus sampai di pertigaan Tlogo dan belok kanan. Terus lurus melalui Jalan Kudu Raya atau Jalan Banjardowo-Tlogo sampai di perempatan Pasar Waru Mranggen dan belok kiri. Terus lurus di jalan tersebut (Jalan Raya Onggorawe) hingga tembus jalur Pantura. Ambil kanan ke arah Demak.

4. Mranggen - Gubug - Mintreng - Dempet - Demak

Dari Semarang lewat di Jalan Semarang-Purwodadi, terus lurus melewati Pasar Gubug. Sampai di persimpangan Pasar Mintreng terus lurus (jangan belok kanan). Tetap di jalan tersebut (Jalan Dempet-Mintreng) sampai di pertigaan Pasar Dempet. Ambil kanan ke arah Demak.

Silahkan pilih salah satu jalur alternatif Semarang-Demak di atas untuk menghindari jalan Kaligawe yang dikhawatirkan sedang banjir atau rob.

>>> Bisa Bikin Mogok, Ketahui Batas Aman Mobil Menerjang Banjir

Foto jalan Kaligawe Semarang rusak

Jalan Kaligawe Semarang rusak parah akibat banjir dan rob

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top