Jakarta PPKM Level 3, Ganjil Genap Dikurangi Jadi 3 Titik

25/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sistem ganjil genap di ibu kota diperpanjang lagi hingga 30 Agustus, namun berkurang menjadi 3 titik seiring diturunkannya Jakarta ke status PPKM level 3.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya kembali memberlakukan sistem ganjil genap seiring perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali, mulai 26 hingga 30 Agustus 2021

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo, ganjil genap masih sangat efektif dalam mendukung penerapan PPKM di ibu kota.

“Kebijakan ganjil genap ini masih cukup efektif untuk menurunkan mobilitas,” kata Kombes Pol. Sambodo, dikutip dari NTMC Polri, Selasa, (24/8/2021).

>>> Terapkan Ganjil Genap, Polda Metro Hentikan Penyekatan di Jakarta

Foto Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo

Polda Metro Jaya memastikan sistem ganjil genap diperpanjang

Hanya di 3 titik

Meski diperpanjang, namun area penerapan ganjil genap dikurangi menjadi 3 titik ruas jalan dari sebelumnya sebanyak 8 titik. Hal ini seiring turunnya DKI Jakarta ke status PPKM Level 3, dari sebelumnya Level 4.

“Kali ini hanya ada di tiga kawasan, yaitu Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, dan Rasuna Said,” terang Sambodo.

Untuk 5 titik yang lain yang sebelumnya diterapkan sistem ganjil genap, yaitu Merdeka Barat, Majapahit, Gajah Mada, Hayam Wuruk, Pintu Besar Selatan dan Gatot Subroto kini berlaku normal sebagaimana ruas jalan yang lain.

Adapun kepolisian yang bertugas hanya akan mengatur lalu lintas serta mengawasi kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan.

Aturan dan pengecualian

Untuk aturan masih sama seperti ganjil genap sebelumnya. Berlaku untuk kendaraan bermotor pribadi roda empat mulai jam 06.00 - 20.00 WIB. Hanya kendaraan dengan plat nomor sesuai hari yang boleh melintas. Plat nomor ganjil di tanggal ganjil dan plat nomor genap di tanggal genap.

Beberapa jenis kendaraan dikecualikan dan bebas melintas tanpa dibatasi aturan ganjil genap, seperti ambulans, pemadam kebakaran, kendaraan dinas pemerintah plat merah, sepeda motor dan ojek online (OJOL).

>>> Ini 19 Kendaraan yang Bebas Masuk Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Foto menunjukkan petugas berjaga di titik Pembatasan Ganjil Genap

Jakarta membaik, turun ke PPKM Level 3 dan tetap dilakukan pengawasan

Taksi online roda empat juga masuk dalam pengecualian dan boleh beroperasi tanpa pembatasan ganjil genap. Dengan catatan kendaraan yang digunakan dipasang stiker barcode yang diterbitkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Seperti diketahui, PPKM Jawa Bali resmi diperpanjang hingga 30 Agustus 2021. Namun kali ini lebih longgar mengingat semakin banyak daerah yang turun dari Level. Seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, dan Surabaya yang turun dari PPKM Level 4 ke PPKM Level 3.

>>> PPKM Diperpanjang, Jokowi Minta Daerah Turunkan Level

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top