Jakarta Kembali PSBB, Transportasi Umum Dibatasi Ketat

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jakarta Kembali PSBB, Transportasi Umum Dibatasi Ketat
Transportasi umum bakal dibatasi secara ketat menyusul diberlakukannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai 14 September 2020.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melakukan pembatasan transportasi umum di wilayah ibu kota menyusul diberlakukannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, 14 September 2020.

Selain mengurangi jumlah armada yang beroperasi, pembatasan bakal dilakukan dengan mengurangi jam operasional. Gambarannya seperti yang pernah dilakukan pada PSBB sebelum fase transisi. Tidak hanya itu, ganjil genap yang mulai diberlakukan bakal ditiadakan lagi seperti sebelumnya karena dianggap berperan terhadap pelonjakan kasus COVID-19.

Foto menunjukkan Gubernur DKI Anies Baswedan mengumumkan PSBB

Pemprov DKI Jakarta kembali berlakukan PSBB

>>> Panduan Naik Transjakarta Selama PSBB Transisi

PSBB diberlakukan

Informasi tersebut disampaikan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam konferensi pers melalui YouTube Pemprov DKI, Rabu (9/9/2020). Gubernur memaparkan sejumlah aktivitas harus berhenti beroperasi seperti yang pernah dilakukan pada masa awal pandemi bulan April hingga akhir Mei. Keputusan diambil menyusul situasi wabah COVID-19 di Jakarta dalam kondisi darurat.

"Kita akan menerapkan seperti arahan presiden di awal wabah dahulu yaitu bekerja dari rumah belajar dari rumah dan usahakan beribadah dari rumah." kata Anies.

"Mulai Senin tanggal 14 September kegiatan perkantoran yang non esensial diharuskan untuk melaksanakan kegiatan bekerja dari rumah. Bukan kegiatan usahanya yang berhenti, tapi bekerja di kantornya yang ditiadakan. Kegiatan usaha jalan terus, kegiatan kantor jalan terus, tapi perkantoran di gedungnya yang tidak diizinkan untuk beroperasi." tambahnya.

"Transportasi umum akan dibatasi ketat jumlahnya dan jamnya, ganjil genap untuk sementara akan ditiadakan, tapi bukan berarti bebas bepergian dengan kendaraan pribadi," jelas Anies.

>>> Simak Aturan Berkendara saat PSBB Berlaku Lagi di Jakarta

Penutupan akses keluar masuk DKI

Foto menunjukkan bus Transjakarta beroperasi

Penggunaan transportasi umum kemblai dibatasi ketat

Terkait penutupan akses keluar masuk Jakarta sebagaimana dilakukan pada PSBB sebelumnya, belum bisa dipastikan. Namun, untuk saat ini belum bisa diputuskan. Pemprov DKI bakal melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Bodetabek yang berbatasan langsung dengan DKI.

Mengacu pada PSBB sebelumnya Transportasi Umum hanya beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga petang pukul 18.00 WIB. Kemudian untuk jumlah penumpang juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas maksimal armada. Seluruh penumpang dan kru diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

>>> Baca berita otomotif lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Antisipasi PSBB Total, Suzuki Optimalkan Home Test Drive Suzuki

11/09/2020

Event - Promosi

3 menit

PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) jilid 2 siap dijalankan, mengantisipasi meningkatnya permintaan, Suzuki optimalkan layanan home test drive Suzuki

Lihat juga

Simak Aturan Berkendara saat PSBB Berlaku Lagi di Jakarta

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan akan memberlakukan PSBB secara ketat seperti awal. Ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi termasuk saat berkendara.

Lihat juga

Aturan Berkendara New Normal di Filipina, Mirip dengan PSBB Indonesia

03/06/2020

Event - Promosi

4 menit

Filipina mulai memasuki new normal pada 1 Juni 2020. Berkendara pun ada aturannya. Aturan berkendara di Filipina mirip dengan penerapan PSBB di Indonesia.

Lihat juga

PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang Hingga 30 Juli 2020

17/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali memperpanjang masa berlaku PSBB transisi fase pertama selama 2 pekan hingga 30 Juli 2020 mendatang.

Lihat juga

PSBB Bodebek Juga Diperpanjang Hingga 1 Agustus

20/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memutuskan memperpanjang pelaksanaan PSBB Bodebek secara proporsional selama 14 hari hingga 1 Agustus 2020 mendatang.

Lihat juga
 
back to top