Jakarta Akan Terapkan Aturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi

15/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Jakarta Akan Terapkan Aturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi
Dishub DKI Jakarta berencana untuk membahas mengenai aturan beli mobil wajib punya garasi. Ini untuk menguatkan peraturan tentang larangan parkir di bahu jalan yang selama ini sudah berlaku.

Setelah Depok yang mulai punya Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan parkir di bahu jalan bagi warga yang punya mobil tak punya garasi, maka Jakarta pun akan menerapkan hal serupa. Namun penerapan peraturan ini bakal sedikit berbeda dibandingkan dengan Perda di Depok.

>>> Tilang Elektronik di Surabaya Mulai Diterapkan, Ratusan CCTV Telah Dipasang

Demikian disampaikan Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Seperti dikutip dari VIVA, peraturan mengenai kewajiban memiliki garasi bagi pemilik mobil diberlakukan mulai dari hulu ke hilir.

Sebelum Beli Mobil Harus Punya Garasinya Dulu

mobil di garasi rumah warga

Ada wacana para calon pembeli mobil wajib punya garasi terlebih dulu

>>> Promo mobil baru yang menarik ada disini

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan kalau peraturan kepemilikan garasi bagi warga yang mempunyai mobil akan diterapkan secara lebih luas. "Kita mulai dari hulu, jadi sejak warga ingin punya mobil maka sudah diwajibkan memiliki tempat parkir. Bukan pas sudah ada kendaraannya, kemudian kalau tidak punya garasi lalu didenda," kata Syafrin.

Ia juga menekankan, sebenarnya peraturan mengenai larangan parkir di badan jalan di DKI Jakarta sudah ada dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. "Tapi kalau soal kepemilikan garasi nanti akan kami bahas secara komprehensif dengan para stake holder yang ada," kata dia.

Selama Ini Sudah Berjalan

mobil di derek Dishub DKI Jakarta

Setiap parkir liar di bahu jalan akan diderek paksa

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas termurah disini

Meski sedikit berbeda dengan Perda di Depok, ia menilai melalui Perda Nomor 5 Tahun 2014 ditambah dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) maka perihal larangan parkir di bahu jalan selama ini sudah berjalan cukup efektif di wilayah DKI Jakarta.

"Yang saat ini berjalan adalah kalau ada warga parkir sembarangan kemudian kita tindak. Nantinya mobil tersebut akan diderek paksa ke tempat penampungan parkir yang sudah kita siapkan. Dan pemilik mobil akan dikenai denda retribusi Rp500.000 per hari. Itu yang sudah berjalan," tukas Syafrin.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top