Jaguar Land Rover Siapkan Project Zeus Kembangkan Mesin Hidrogen

17/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Jaguar Land Rover Siapkan Project Zeus Kembangkan Mesin Hidrogen
Jaguar Land Rover mempersiapkan Project Zeus untuk mengembangkan mesin bertenaga hidrogen yang akan ditanamkan pada berbagai merek Land Rover nantinya.

Tahun lalu, Jaguar Land Rover merinci inisiatif Project Zeus yang merupakan sebuah proyek penelitian tentang tenaga hidrogen untuk mengembangkan kendaraan besar bertenaga sel bahan bakar. Jika penelitian ini berhasil, teknologi sel bahan bakar akan digunakan untuk mempersenjatai Range Rover Evoque generasi berikutnya yang rencananya dirilis pertengahan tahun 2020-an.

Project Zeus

Dilansir dari Autocar, rencana Jaguar Land Rover untuk beralih ke era elektrifikasi dikenal dengan nama Reimagine. Strategi ini disebut menjadi permulaan Jaguar untuk menjual hanya mobil listrik mulai tahun 2025. Tapi bahan bakar hidrogen bisa menjadi opsi lain menanggapi rencana pemerintah Inggris melarang penjualan kendaraan bermesin internal pada awal 2030.

mobil listrik Jaguar Land Rover berwarna putih
Jaguar Land Rover hanya akan menjual mobil listrik sejak 2025

>>> Jaguar Vision Gran Turismo SV, Konsep Hypercar Penguasa Rimba Virtual

Project Zeus digambarkan oleh Kepala Teknik Produk JLR, Nick Roger, sebagai perubahan yang sangat penting. Ia menambahkan bahwa perusahaan akan segera meluncurkan mobil konsep sel bahan bakar hidrogen yang bisa dikendarai.

"Kami sedang mencari sistem propulsi yang tepat - yang melihat gangguan minimum terhadap lingkungan," ungkapnya.

Teknologi ini sedang dipertimbangkan secara serius untuk digunakan pada kendaraan besar JRL di masa depan. Model Land Rover, seperti Range Rover, Range Rover Sport, dan Range Rover Velar menjadi model terdepan yang mendapatkan mesin baru ini. Apalagi ukurannya yang besar dan mampu menawarkan daya jangkau yang panjang.

>>> Jaguar E-Pace 2021 Dapatkan Opsi Mesin Plug-in Hybrid

Mirip dengan i-Hydrogen

Keinginan JRL mengembangkan mesin bertenaga hidrogen mirip dengan rencana BMW memproduksi SUV berbasis i-Hydrogen yang sejajar dengan BMW X5. Model baru ini diprediksi akan diproduksi secara terbatas pada tahun 2022. Diikuti dengan mobil hidrogen dengan model yang lebih besar, seperti BMW X6 dan X7.

BMW i-Hydrogen berwarna putih
Rencana ini sejalan dengan i-Hydrogen milik BMW

Rogers menyebutkan penggunaan mesin bertenaga baterai merupakan aplikasi ideal untuk mobil berukuran besar. Pasalnya mobil dengan bobot yang berat bisa menyimpan energi yang lebih besar, sehingga bisa menghadirkan jangkauan yang lebih panjang.

Project Zeus pertama kali terungkap pada tahun 2020 ketika pemerintah Inggris menginvestasikan £ 73 juta (Rp 1,4 triliun) kepada pabrikan otomotif sebagai proyek untuk mengurangi emisi CO2. Dalam mengembangkan mesin bertenaga hidrogen, JRL siap bekerja sama dengan Delta Motorsport, Marelli Automotive Systems, serta Pusat Industrialisasi Baterai Inggris

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top