Jaguar Land Rover Siapkan Platform BEV Baru, Defender EV?

01/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Jaguar Land Rover menyiapkan platform BEV terbaru untuk Land Rover Discovery maupun Land Rover Defender generasi terbaru sesuai perkembangan kebutuhan.

Land Rover Defender generasi terbaru boleh disebut sebagai sosok SUV yang fenomenal. Di luar performa mesin dan kemampuan jelajah off road yang legendaris serta padat teknologi canggih, ternyata penjualannya juga laris manis tanjung kimpul.

gambar land rover

Land Rover Defender, kini menjadi mesin uang andalan JLR

Sebagai gambaran informasi, Land Rover Defender telah terjual sebanyak 16.963 unit di pasar global  pada semester 1 tahun  2021 (pada tahun 2020, penjualan global Land Rover Defender mencapai  45.244 unit). Pada sisi lain, permintaan alias SPK Land Rover Defender telah menyentuh angka 14.000 unit (pasar global).  

>>> 7 Tips Membeli Land Rover Bekas, Si Sangar yang Bertenaga

Menanggapi kondisi tersebut, manajemen Jaguar Land Rover mulai berpikir jauh ke depan. Bukan hanya soal produksi yang tertinggal karena tingginya permintaan dan kesulitan pasokan chip, juga karena penjualan Land Rover Defender ternyata menggerogoti penjualan Land Rover Discovery alias terjadi kanibalisasi. Apalagi Land Rover Defender (terutama varian 110) dan Land Rover Discovery berada pada segmentasi yang hampir sama; SUV keluarga kelas 7 penumpang.

gambar land rover

Land Rover Discovery, mengalami kanibalisme penjualan dengan Land Rover Defender

Begitu pula dari sisi teknis, Defender dan Discovery saling berbagi platform yang sama dan berasal dari  jalur produksi yang sama dari pabrik JLR yang belokasi di Slovakia. Sebagai informasi pembanding, penjualan Land Rover Discovery pada tahun 2021 mencapai 3.691 unit sehingga menjadi “slowest-selling model” dalam keluarga besar Land Rover.  

Beda Segmentasi

Demi menyelamatkan Land Rover Discovery, manajemen Jaguar Land Rover menempuh kebijakan drastis. Menurut laporan Automotive News Europe, manajemen JLR memisahkan segmentasi pasar Land Rover Defender dan Land Rover Discovery. Intinya, Land Rover Discovery generasi terbaru akan dijadikan sebagai SUV listrik murni (BEV) dengan platform Electric Modular Architecture (EMA). Sedangkan generasi terbaru Land Rover Defender tetap memakai platform  Modular Longitudinal Architecture (MLA) yang juga digunakan pada  generasi terbaru  Range Rover dan Range Rover Sport yang siap muncul dalam waktu 18 bulan mendatang.

Platform EV & Hybrid

Kalau platform Electric Modular Architecture (EMA) bersifat 100% mobil listrik (BEV) dengan tenaga baterai, maka platform Modular Longitudinal Architecture (MLA) menjadi mobil hybrid karena memadukan  sistem pengerak  battery-electric dan mesin pembakaran dalam. Artinya, generasi terbaru Land Rover Defender bisa saja menjadi SUV full listrik 100% atau hybrid. Mengapa Land Rover Defender generasi mendatang masih tersedia dengan opsi mesin pembakaran dalam alias  format hybrid? Selama masih ada konsumen yang membutuhkan Land Rover Defender dengan mesin pembakaran dalam atau hybrid, selama itu pula Land Rover masih memasarkan Defender non BEV (mobil listrik murni).

gambar land rover

Nantinya semua generasi terbaru Land Rover menganut  platform BEV dan hybrid

Terkait Land Rover Discovery generasi terbaru, nantinya platform EMA bisa tersedia dalam format hybrid dan  plug-in hybrid dengan mesin empat silinder  atau dalam format full listrik 100% (BEV). Dengan demikian menjadi semacam diferensiasi produk untuk membedakan segmentasi Discovery dan Defender. Maklum saja, Land Rover masih menjadi mesin uang bagi Jaguar Land Rover melalui penjualan dalam jumlah banyak. Sedangkan Jaguar akan naik kelas dalam segmen pasar ultra mewah untuk melawan Bentley. 

>>> Land Rover Defender Menangkan Women’s World Car of the Year 2021

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top