Jaguar Land Rover Indonesia Mau Tutup?

05/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Jaguar Land Rover Indonesia Mau Tutup?
Kabarnya Jaguar Land Rover Indonesia tutup dan menghentikan penjualan unit. Info yang didapat, akibat jajaran komisaris dari APM mobil Inggris ini terlibat kasus penyuapan pajak dan sudah ditetapkan sebagai tersangka

Kabar buruk terendus dari brand otomotif Inggris, Jaguar dan Land Rover. Kabarnya pihak PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku pemegang merek Jaguar, Land Rover, serta Bentley akan mengakhiri bisnisnya di Indonesia.

Kabar hengkangnya Jaguar Land Rover Indonesia ini disampaikan orang dalam WAE sendiri. Menurut penuturannya, mulai Februari 2020 beberapa karyawan WAE sudah di rumahkan. "Sekarang tinggal satu orang sales dan satu sales manager," kata sumber internal WAE yang kami kutip dari 100KPJ.

Menurut sumber yang tidak disebut namanya itu, per Februari 2020 Departement Sales dan Department Brand WAE sudah dibubarkan. Beberapa karyawan juga telah diberhentikan, namun aktifitas penjualan di dealer masih berlangsung.

>>> Pasar Masih Kecil, Jaguar Land Rover Tetap Impor

Akibat Tersandung Kasus Korupsi

Land Rover di Indonesia

WAE saat ini hanya habiskan stok unit yang masih ada di dealer

Masih dari kutipan yang sama, Jaguar Land Rover Indonesia hengkang lantaran tersandung kasus korupsi. Mengingat pada Agustus 2019 lalu, lima orang dari perusahaan tersebut ditetapkan sebagai tersangka suap restitusi pajak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pihak WAE diduga memberikan suap sebesar Rp1,8 miliar untuk pengajuan restitusi pajak di tahun 2015 dan 2016. Dan dari lima tersangka kasus korupsi yang ditetapkan KPK itu adalah Darwin Maspolim, Komisaris WAE.

>>> Anda sedang mencari mobil Land Rover, jangan tinggal daftar ini. Banyak mobil dijual dengan harga sangat terjangkau serta ribuan promo menarik lainnya

Layanan Servis dan Suku Cadang Masih Berjalan

servis Land Rover

Pihak dealer masih menerima layanan servis dan penjualan suku cadang

>>> Review Land Rover Defender 2019: Teknologi Baru Rasa Lama

Meski sedang terlibat masalah, namun sumber internal WAE itu menyebut tetap menerima layanan servis dan penjualan suku cadang dari para pemilik Jaguar, Land Rover, serta Bentley. "Yang bubar hanya divisi sales saja. Divisi aftersales masih ada," katanya.

Tapi ia tidak bisa memastikan, apakah nantinya akan ada pengumuman remsi dari pihak WAE tentang Jaguar Land Rover Indonesia tutup kepada publik. Tim Cintamobil.com sendiri sampai berita ini terbit, belum bisa dapat menghubungi direksi WAE untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Namun Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi enggan memberikan komentarnya terkait hal tersebut. 

"Saya belum tahu karena bukan anggota Gaikindo," jelas Nangoi saat ditemui di pameran GIICOMVEC, JCC Senayan, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

>>> Berita otomotif terbaru yang menarik baca disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jaguar Land Rover Kembangkan Fitur Pengenal Wajah untuk Mendeteksi Pengemudi Mengantuk

17/07/2019

Pengemudian

2 menit

Teknisi Jaguar Land Rover sedang berusaha untuk menggunakan perangkat lunak dalam fitur pengenal wajah untuk membantu pengemudi. Cocok untuk Anda yang sering berkendara jauh sendirian, fitur ini bisa memberikan peringatan ketika mendeteksi pengemudi mengantuk atau merasa bosan.

Lihat juga

Jaguar Land Rover Segarkan Line-Up Discovery Series di Indonesia

30/04/2019

Mobil baru

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), selaku Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia memperkenalkan varian baru Land Rover Discovery dan Discovery Sport, yang dibekali mesin baru dan fitur semakin lengkap.

Lihat juga

Mengintip Fasilitas Diler Jaguar Land Rover Berkelas Premium di Jakarta Selatan

02/04/2019

Pasar mobil

Untuk Anda yang berminat membeli mobil Jaguar dan Land Rover, ada baiknya mengunjungi diler JLR South Jakarta ini

Lihat juga

Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Urban SUV Kekinian Yang Andal Di Segala Medan

25/06/2019

Editor rate:

Hadir sebagai penerus suksesi Freelander, Land Rover Discovery Sport hadir dengan tampilan yang berbeda dengan SUV di kelasnya. Selain itu, nama besar Land Rover sebagai produsen mobil segala medan yang telah berpengalaman lebih dari 70 tahun menjadi nilai tambah bagi SUV premium satu ini

Lihat juga

Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat

17/08/2019

Editor rate:

Jaguar X-Type memang tidak sepopuler compact luxury sedan Jerman di Indonesia. Tapi jika Anda ingin tampil keren dan berkelas, sedan bekas ini bisa jadi pilihan dengan harga semurah mobil baru LCGC. Enggak percaya?

Lihat juga