Jaguar Land Rover Gaet Indomobil Group

20/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Jaguar Land Rover tengah bersiap meramaikan pasar otomotif Indonesia lagi setelah memutuskan untuk menggaet Indomobil Group sebagai mitra lokalnya di Tanah Air.

Merek Jaguar Land Rover (JLR) kembali melakukan aktivitas penjualannya di Indonesia. Baru-baru ini, JLR Asia Pacific mengumumkan penunjukan PT JLM Auto Indonesia sebagai distributor tunggal serta importir kendaraan dan suku cadang JLR di Indonesia.

Penunjukan tersebut berlaku mulai Agustus 2021 dan merupakan komitmen perusahaan untuk memperkuat kehadirannya di salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Pacific ini.

>>> Kelangkaan Semikonduktor, Produksi Land Rover Defender Dihentikan

JLR Gaet Indomobil

Jaguar XF 2.0 Black Jack dijual hanya dalam versi Limited Edition

Sebelumnya merek JLR dipegang Wahana Auto Ekamarga

JLM Auto Indonesia bakal bekerja sama dengan Inchape yang sebelumnya telah menjalin bisnis JLR secara global sekaligus di kawasan Asia Pasifik. Sedangkan untuk perusahaan otomotif lokal, JLM Auto Indonesia bakal menggandeng PT Indomobil Sukses International Tbk. Inchcape saat ini bertanggung jawab atas distribusi pembuat otomotif di Hong Kong dan Thailand.

“Bekerjasama dengan Inchcape, bisnis otomotif internasional terkemuka, dengan mitra lokal terbaik dan sangat dihormati menciptakan kombinasi sempurna dari keahlian distribusi, ritel, dan lokal. Kedua perusahaan multinasional berbagi prinsip guna memberikan layanan pelanggan yang terbaik; PT JLM Auto Indonesia, dengan jaringan lokal yang kuat, adalah mitra yang tepat untuk membangun warisan jangka panjang bagi Jaguar Land Rover,” kata Alistair Scott, Managing Director JLR Asia Pacific dalam siaran persnya. 

"Jaguar Land Rover dan Inchcape telah menjalin hubungan global yang kuat selama lebih dari lima dekade. Kami senang sekarang dapat memperluas hubungan ini ke Indonesia yang merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN dan bagian penting dari rencana ekspansi APAC Inchcape. Bermitra dengan pembangkit tenaga otomotif mapan seperti Indomobil, Inchcape berada dalam posisi terbaik untuk terus meningkatkan standar layanan kami bagi pelanggan Jaguar Land Rover, termasuk memperkenalkan jajaran model luar biasa mulai hari ini dan tahun-tahun mendatang,” tambah Khoo Shao Tze, Business Development Director, Asia di Inchcape Motors Pte Ltd dan Managing Director Inchcape Indonesia.

Indonesia Jadi Pasar Penting Buat JLR

PT Indomobil Sukses Internasional atau lebih dikenal dengan Grup Indomobil, adalah produsen mobil dan kendaraan bermotor yang berlokasi di Jakarta. Indomobil dianggap memiliki jaringan yang luas dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan lokal Indonesia untuk kemitraan. Seperti diketahui sederet merek ternama sudah tergabung dengan Indomobil seperti Nissan, Suzuki, Audi, VW, hingga yang terbaru ada KIA.

logo Nissan di Nissan Ariya berwarna putih

Merek Nissan juga berada di bawah naungan Indomobil


“Kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk meningkatkan distribusi dan layanan Jaguar Land Rover di Indonesia, di mana merek dan portofolio produk mewah tetap banyak dicari dan dicintai. Menciptakan pengalaman yang akan disukai pelanggan seumur hidup adalah semangat merek kami, dan kami berkomitmen untuk memastikannya ada di setiap aspek perjalanan pelanggan. Kami pun secara berkelanjutan akan memperkenalkan berbagai inisiatif maupun kegiatan-kegiatan yang revolusioner dalam beberapa bulan mendatang, untuk memberikan pengalaman baru yang bermanfaat bagi semua pemilik dan calon pemilik Jaguar Land Rover di Indonesia,” kata Gerry C. Kertowidjojo, Presiden Direktur PT JLM Auto Indonesia.  
 
“Indonesia adalah salah satu pasar mobil terbesar di kawasan Asia Pasifik di mana kami memiliki basis pelanggan dan pengikut merek yang kuat. Ini adalah pasar yang penting bagi kami dan oleh karena itu, penting bagi kami untuk menemukan mitra yang tepat yang dapat membawa merek kami ke tingkat berikutnya. Setelah berbulan-bulan mencari, kami yakin kami telah menemukannya,” sambung Royston Low, Network Development Director, JLR Asia Pacific. 

Konsumen JLR dapat mengunjungi bengkel sementara yang berlokasi di Halim, Jakarta Timur, serta showroom dan workshop sementara di TB Simatupang pada September 2021. Kemudian pada awal 2022, fasilitas penjualan JLR di Pantai Indah Kapuk (PIK) sesuai dengan standar global akan tersedia. Nantinya showroom akan memamerkan mobil JRL yang mengusung tenaga listrik.

>>> Jaguar F-Type R Dynamic Black, Perubahan Tipis Biar Makin Menawan

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top