Jaguar Berencana Menghidupkan Kembali Mesin Klasik Tipe D

09/02/2018

Pasar mobil
Jaguar Berencana Menghidupkan Kembali Mesin Klasik Tipe D
2014, atau empat tahun lalu, Jaguar telah mengumumkan akan mengeluarkan enam seri kreasi Lightweights E, kreasi ulang dari mobil yang sudah diberi 18 slot produksi , meskipun hanya 12 yang terproduksi. Tapi, sekarang Jaguar punya rencana baru, menghidupkan kembali salah satu mesin paling berpengaruh dari Jaguar, yaitu mesin tipe D.

Untuk selanjutnya, Jaguar mengalihkan perhatiannya pada XKSS, yang direncanakan akan dibangun sebanyak 25 buah. Tapi, kebakaran besar-besaran yang terjadi pada salah satu pabriknya, membuat Jaguar hanya bisa menyelesaikan 16. Sedangkan 9 lainnya diselesaikan untuk pelanggan yang baru-baru ini ditampilkan dalam sebuah episode The Grand Tour disamping kelanjutan Aston DB4 GT.

Mobil klasik dari Jaguar dengan model Aston DB4 GT berwarna hijau

Mobil klasik dari Jaguar, Aston DB4 GT

Berhubungan dengan mesin tipe D sendiri, bagian dari model mewah yang telah diakusisi oleh Tata Motors pada 2008 ini, akan meluncurkan tipe D dari fasilitas Groom Lake USAF dengan menggunakan Upper Snodsbury. Bukan hanya untuk visualnya saja, tapi juga jangan lupakan kecepatan dan kekuatan yang dimilikinya.

Bagi yang belum mengetahui, mesin yang diperkenalkan pada tahun 1954 ini sudah mendapatkan hat trick kemenangan berturut-turut pada gelaran Lemans. Mesin ini telah menang di Sirkuit de la Sarthe pada tahun 1955, 1956, dan 1957.

>>> Baca juga spefisikasi BMW i8 2017

Meskipun Pedigreed telah mendapatkan perubahan sehingga bisa dijual menjadi lebih dari US$ 20.000.000, namun dengan standar dari XKSS dan Lightweight tipe E, mesin D bisa digunakan untuk mobil yang diproduksi secara masal.

Mobil yang sedang berada pada kejuaraan Le Mans pada tahun 1955

Kejuaraan Le Mans 1955 yang diadakan di Sirkuit de la Sarthe

Tidak termasuk produksi XKSS, menurut Jaguar, terdapat 75 contoh produksi antara tahun 1954 dan 1956. Menurut sumber lain, ada 71 produksi yang dibangun: 18 untuk kebutuhan balapan dan 58 untuk kebutuhan mobil pelanggan. Namun, 25 model lagi akan ditambahkan, karena Jaguar menegaskan bahwa pada awalnya ditujukan untuk membangun 100 produksi.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Mengingat pada dasarnya XKSS adalah tipe D yang tdak terbatas, program kebangkitan baru-baru ini memberikan nafas baru bagi Jaguar untuk memproduksi mobil balap. Tapi, pelanggan bisa memilih dari proyek bodywork “short nose” atau “long nose” yang memberikan kelincahan aerodinamis yang dibutuhkan oleh tipe D untuk menaklukan balapan di Prancis tersebut.

Prototype teknik yang dipamerkan pada gelaran auto show mobil-mobil klasik Rétromobile di Paris minggu ini, menampilkan bodywork berhidung panjang. Tapi, yang belum diketahui adalah mesin mana yang akan ditawarkan pada mobil. Dimana tipe D membawa 3.4L, 3.8L, dan 3.0L enam straights di bawah kap mobilnya.

Mobil XKSS dari Jaguar berwarna hijau yang sedang berada pada tanah lapang

Mobil bertenaga super, XKSS dari Jaguar

Model XKSS ini dijual seharga 1 Juta Pounds, yang jika dikonversikan ke dalam Rupiah hampir mencapai Rp. 20 Milliar. Cukup mahal memang, tapi Jaguar belum menunjukan tanda-tanda akan membeberkan harga mobil baru SKSS ini. Mengingat besarnya harga dan produksi, Jaguar dipastikan akan melakukan penghematan sehingga bisa meminimalisir harga yang ditawarkan ke pasaran.

>>> Baca juga berita mobil lainnya disini

 
back to top