Jaga Tradisi, Porsche Pertahankan Mesin NA-Transmisi Manual

11/07/2019
Perkembangan teknologi dunia otomotif membuat para pabrikan mulai mencari alternatif dari mesin Naturally Aspirated (NA) dan transmisi manual konvensional. Namun tidak bagi Porsche, yang masih mempertahankan keduanya untuk line-up mobil GT mereka.

Dengan maraknya pengembangan mobil listrik oleh berbagai pabrikan, tentu kita sudah harus siap meninggalkan era mesin konvensional. Dalam masa peralihan ini, pabrikan sudah mulai beralih menuju mesin dengan kapasitas mesin lebih kecil, dan menambahkan Turbocharger untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, tidak demikian dengan Porsche.

>>> Simak impresi awal Porsche 718 Cayman GT4 di sini

Kendati memiliki program mobil elektrik yang cukup masif, pabrikan Jerman itu nyatanya masih mempertahankan, bahkan meningkatkan performa mesin NA dan transmisi manualnya. Dan menurut Andreas Preuninger, kepala divisi GT Porsche, kedua hal tersebut setidaknya akan terus digunakan sampai satu dekade ke depan.

Desain interior Porsche 718 Cayman GT4 2019

Kokpit Porsche 718 Cayman GT4 yang masih mengguanakn transmisi manual

>>> Temukan daftar mobil manual pilihan Anda di sini

Berbicara kepada WhichCar.com saat peluncuran generasi kedua Porsche 718 Cayman GT4, Preuninger menekankan tren pabrikan yang meninggalkan mesin Naturally Aspirated dan transmisi manual adalah sebuah kekeliruan. Saat ini, separuh dari sportscar Porsche GT bertransmisi manual, angka yang cukup impresif, dan merepresentasikan keunikan pabrikan Stuttgart itu sebagai brand performa yang mengutamakan kenikmatan berkendara.

Mesin flat-6 Porsche 718 Cayman GT4 2019

Setelah sebelumnya menggunakan mesin turbo, kini 718 Cayman GT4 dibekali mesin flat-6

>>> Selalu update kabar pasar mobil Anda di sini

Hal ini dibuktikan dengan mobil GT terbaru mereka, 718 Cayman GT4 yang baru-baru ini diluncurkan dengan mempertahankan duet mesin NA-transmisi manual sebagai penggerak mobil, alhasil pujian pun bertebaran dari penggemar Porsche.

Porsche 718 Cayman GT4 dan 718 Boxster

Kedua varian GT entry level terbaru Porsche, 718 Cayman GT4 dan 718 Boxster

Bukan tanpa alasan, dua varian GT entry level terbaru Porsche, 718 Cayman GT4 dan 718 Boxster Spyder menggunakan mesin flat-6 bertenaga 414 HP dan torsi 420 Nm, performa ini cukup untuk melesatkan mobil dari 0-100 kpj dalam waktu 4,4 detik saja.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain