Jadwal Uji Emisi Gratis di Jakarta Januari 2021, Catat Tanggalnya!

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jadwal Uji Emisi Gratis di Jakarta Januari 2021, Catat Tanggalnya!
Di Januari 2020 ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggelar 4 kali uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor usia > 3 tahun. Pemilik diharap memanfaatkannya dengan baik.

Masuk di tahun baru 2021 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera melakukan pengujian terhadap kadar emisi gas buang kendaraan bermotor. Langkah ini dilakukan menindaklanjuti Pergub DKI No. 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor yang disahkan bulan Juli 2020.

Dalam unggahannya di akun Twitter @DKIJakarta, disebutkan uji emisi dilakukan untuk mengurangi polusi dan memperbaiki kualitas udara. “Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengurangi tingkat polusi udara di Ibu Kota.” tulis @DKIJakarta.

Jadwal uji emisi gratis

Di bulan Januari 2021 uji emisi gratis diselenggarakan sebanyak 4 kali. Untuk jadwal dan lokasinya sebagai berikut:

  • Rabu, 6 Januari : Jalan Pemuda, Jakarta Timur,
  • Rabu, 13 Januari : Depan Gedung CNI, Jakarta Barat,
  • Senin, 18 Januari : Waduk Pluit, Jakarta Utara,
  • Kamis, 21 Januari : Jalan Merdeka Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

>>> Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi

Foto menunjukkan proses uji emisi kendaraan bermotor

Uji emisi untuk memastikan pembuangan gas kendaraan tidak mencepmari lingkungan

Kewajiban uji emisi ini ditujukan kepada semua pemilik mobil pribadi dan pemilik sepeda motor yang beroperasi di Jakarta dan berusia lebih dari 3 tahun.

"Uji emisi ini sekaligus menjadi sosialisasi bagi masyarakat soal kewajiban melakukan tes gas buang kendaraan, khususnya bagi pemilik motor maupun mobil yang sudah berusia 3 tahun di Jakarta," tutur Tiyana Brotoadi, Kepala Seksi (Kasie) Penanggulangan Pencemaran Lingkungan DLH DKI Jakarta, kepada media. (2/1/2021).

Sanksi-sanksi

Bila setelah jadwal terakhir uji emisi cuma-cuma ini masih ditemukan kendaraan tidak dilakukan uji emisi atau emisi melebihi ambang batas diancam beragam sanksi. Bisa berupa kurungan, denda, ataupun disinsentif.

Sanksi kurungan dan/atau denda dikarenakan pemilik melanggar ketentuan kelayakan kendaraan bermotor. Sebagaimana disebut dalam Pasal 285 dan Pasal 2016 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sanksinya berupa kurungan 1 bulan hingga 2 bulan dan atau denda Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu.

Untuk sanksi Disinsentif sebagaimana disebut dalam Pergub DKI Nomor 66 Tahun 2020, yaitu pembayaran parkir tertinggi mengacu pada Peraturan Gubernur mengenai tarif
layanan parkir di ruang milik jalan dan/ atau luar ruang milik jalan.

Jika tidak ada perubahan aturan wajib emisi ini bakal diimplementasikan mulai 24 Januari 2021 mendatang. Jadi, diharapkan pemilik kendaraan bermotor bisa memanfaatkan kegiatan uji emisi gratis ini.

>>> Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

Foto Jadwal uji emisi gratis DKI Jakarta bulan Januari 2021

Manfaatkan kegiatan uji emisi secara gratis yang diselenggarakan pemerintah

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ingat! Januari 2021 Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Uji Emisi Kalau Tak Mau Ditilang

04/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Gubernur DKI Jakarta telah merilis aturan terbaru berkaitan dengan uji emisi. Dalam aturan itu mobil pribadi wajib uji emisi dan bila tidak bakal kena tilang.

Lihat juga

550 Bengkel di Jakarta Siap Tangani Uji Emisi Kendaraan Pribadi

26/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tengah menyiapkan teknisi yang nantinya siap melakukan uji emisi kendaraan pribadi di 550 bengkel kawasan Ibu Kota.

Lihat juga

Auto2000 Sediakan Fasilitas Uji Emisi Gas Buang Gratis saat Servis Berkala

01/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mendukung peraturan yang telah dicanangkan Pemerintah DKI Jakarta, Auto2000 sediakan fasilitas uji emisi gas buang gratis saat melakukan servis berkala.

Lihat juga

Kendaraan Pribadi Tak Lakukan Uji Emisi, Apa Sanksinya?

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI Jakarta mewajibkan kendaraan pribadi untuk melakukan uji emisi setidaknya setahun sekali mulai Januari 2021 seperti tertuang dalam Pergub.

Lihat juga

Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum lama ini meneken aturan yang mewajibkan mobil pribadi dan juga motor di Ibu Kota melakukan uji emisi mandiri.

Lihat juga

Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Rutin melakukan uji emisi kendaraan merupakan bentuk perawatan kendaraan tersebut. Karena dengan uji emisi, maka dpaat dilihat kondisi mesin dari kendaraan itu.

Lihat juga
 
back to top