Jadi Tumpuan Libur Nataru, 30 Ribu Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Pejagan

09/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jadi Tumpuan Libur Nataru, 30 Ribu Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Pejagan
Diperkirakan terjadi kenaikan volume kendaraan yang melintas di Tol Pejagan-Pemalang pada musim libur Natal dan Tahun Baru, dari sebelumnya 27 ribu menjadi 30 ribu unit kendaraan. Bagaimana kesiapan pihak pengelola?

Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru yang segera datang, jalan tol Trans Jawa bakal menjadi tumpuan banyak orang. Terutama mereka yang berada di ibu kota untuk melakukan perjalanan ke daerah timur (Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali) baik yang untuk mudik ke kampung halaman atau sekadar mengisi liburan dengan berwisata.

Di ruas Tol Pejagan-Pemalang, sebagaimana dituturkan Kepala Cabang Operasional PT Pejagan-Pemalang Toll Road Ian Dwinanto diperkirakan bakal terjadi lonjakan volume kendaraan dibanding hari-hari biasa. "Perkiraan ada kenaikan dari hari normal," katanya seperti dikutip dari Gatra, (7/12/2019).

>>> Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Daftar Tol Yang Gratis

Pemandangan salah satu Tol Pejagan-Pemalang

Tol Trans Jawa bakal jadi tumpuan kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru

Dijelaskan, Tol Pejagan-Pemalang dilintasi 15 ribu unit kendaraan di hari-hari normal. Jumlah ini bertambah banyak secara signifikan pada moment-moment tertentu seperti musim libur lebaran, Natal dan Tahun Baru. Seperti, pada musim libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jakarta sekitar 27 ribu unit. Untuk tahun ini diperkirakan mencapai 30 ribu unit kendaraan, dengan perkiraan lonjakan mulai H-5 Natal dan H+5 Tahun Baru.

"Perkiraan peningkatannya mulai tanggal 21 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari? 2020," tutur Ian. "Kalau dibandingkan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, perkiraannya naik 10 persen," tambahnya.

Persiapan sambutan

Meski tak semasif saat musim mudik Lebaran, persiapan tetap dilakukan mengantisipasi berbagai hal buruk karena naiknya volume kendaraan. Pihaknya bersama dengan instansi yang berkaitan seperti Jasa Marga, Kemenhub, dan Kepolisian bakal memaksimalkan rest area - rest area yang ada di sepanjang ruas tol untuk mendirikan posko terpadu. Layanannya beragam seperti kesehatan, petugas keamanan, dan pengatur lalu lintas. Tentang bagaimana teknis pelaksanaannya Ian belum bisa memberikan informasi lebih rinci sebab masih didiskusikan dengan pihak kepolisian.

>>> Kabar Gembira Untuk Kita Semua! Bulan Desember 2019 Ini Kementerian PUPR Siap Buka Tol Layang Jakarta Cikampek

Foto Jalur hijau Tol Trans Jawa

Jangan paksakan mengemudi bila kondisi tubuh sudah kelelahan

Disarankan juga kepada para pengendara yang ingin melintas di Tol Pejagan-Pemalang saat libur Natal dan Tahun Baru untuk memastikan segala sesuatunya benar-benar siap, seperti kendaraan fit dan saldo e-toll yang mencukupi.

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap dan terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

5 Pilihan SUV Diesel Bekas untuk Liburan Akhir Tahun

06/12/2019

Jual beli

5 menit

Ada beberapa pilihan SUV diesel bekas yang bisa Anda miliki di akhir tahun ini. Apalagi jika Anda berniat liburan berpetualang bersama keluarga di malam pergantian tahun.

Lihat juga

Promo Akhir Tahun Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport: Bunga Ringan hingga Liburan ke Jepang

04/11/2019

Event - Promosi

2 menit

Promo akhir tahun semakin ramai dengan hadirnya kerja sama baru BRI Finance dan Mitsubishi Sun Star Prima Motor. Diluncurkan pada Sabtu, (2/11) lalu, promo bunga ringan 3.69% bisa Anda dapatkan untuk setiap pembelian Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport.

Lihat juga

Akhir Tahun, Yuk Pilih Mobil Paling Cocok Buat Liburan!

31/10/2019

Jual beli

3 menit

Pergantian tahun semakin dekat. Bagi Anda yang punya rencana berlibur ada baiknya dipersiapkan mulai sekarang, Termasuk untuk urusan transportasi, pilih mobil paling cocok buat liburan dan sesuai dengan kebutuhan.

Lihat juga

Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

25/10/2019

Pengemudian

3 menit

Supaya liburan bersama keluarga menggunakan mobil terasa nyaman, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Lihat juga