Jadi Mobil LCGC Termahal, Apa Saja Fitur di Dalam Honda Brio Satya?

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Gelar mobil LCGC termahal kini disematkan pada Honda Brio Satya E CVT. Dengan banderol harga mencapai Rp 173 jutaan, ini fitur yang ada di dalam Brio Satya.

Mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) sejatinya dihadirkan sebagai pilihan bagi masyarakat dengan budget terbatas. LCGC yang kerap disebut sebagai mobil murah ini harus memenuhi spesifikasi tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan Permenperin No.33 tahun 2013. 

Tak cuma spesifikasi, harga mobil LCGC juga diatur oleh pemerintah. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa harga mobil LCGC paling tinggi adalah Rp 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek.

Honda Brio Satya

Brio Satya menjadi LCGC termahal dari seluruh model yang ditawarkan di Indonesia

>>> Harga Rp 173,5 Juta, Honda Brio Satya Jadi Mobil Murah Paling Mahal

LCGC Tak Lagi Murah

Mengenai besaran harga, dalam regulasi ini disebutkan, dapat disesuaikan apabila terjadi perubahan-perubahan pada kondisi atau indikator ekonomi yang meliputi besaran inflasi, kurs nilai tukar rupiah dan/atau harga bahan baku. Termasuk juga dalam penggunaan transmisi otomatis dan/atau teknologi pengaman penumpang. 

Untuk penyesuaian harga berdasarkan penggunaan teknologi transmisi otomatis maksimum sebesar 15%, sedangkan untuk penggunaan teknologi pengaman penumpang maksimum sebesar 10%. Tapi kenyataannya semakin ke sini harga mobil LCGC terus merangkak naik. Bahkan kalau dulu mencari mobil LCGC di kisaran harga Rp 100 jutaan masih mudah, kini hanya tersisa model tertentu. 

Honda Brio Satya

Harganya hampir menyamai mobil-mobil di segmen Low MPV

Jika dirunut dari semua mobil LCGC, yang termahal ada pada Honda Brio Satya E CVT. Berdasarkan informasi yang tercantum pada laman Honda Indonesia, Brio Satya E CVT dibanderol Rp 173,5 juta.

Honda juga memiliki dua varian Brio Satya lainnya dengan banderolan harga masing-masing Rp 149 juta dan Rp 158 juta. Meski menjadi mobil LCGC termahal, Honda Brio Satya tentu tetap memenuhi persyaratan dari pemerintah. 

>>> BBN Naik Bikin Harga Honda Brio Tembus Rp 200 Juta

Harga LCGC Termahal 'Nyerempet' Avanza Cs

Harga mobil LCGC paling mahal itu bahkan hampir menyamai deretan mobil di kelas Low MPV. Menyandang gelar sebagai mobil LCGC termahal, rasanya ada keunggulan tersendiri yang ditawarkan Honda pada Brio Satya ini. Apa saja fitur di dalam mobil LCGC termahal garapan Honda ini? 

Honda Brio Satya

Bagasi sudah bisa dibuka secara elektrik

Honda menyematkan mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW pada Brio Satya. Untuk sistem hiburan, pengendara diberikan audio 2DIN, USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD Player, AUX-IN, Bluetooth, serta Hands Free Telephone. AC juga sudah mengusung teknologi digital. 

Kemudian beralih ke fitur keamanan. Honda Brio E CVT ini dibekali Dual Front i-SRS Airbag, Seatbelt Reminder untuk pengendara, sistem alarm, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer, pembuka bagasi belakang elektrik, dan Keyless Entry. 

>>> Disukai Millenial, Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Honda Brio Satya

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top