Jadi Mobil Anti Penyekatan Jalan, Inilah 5 Mobil Ambulans Termurah

03/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penyekatan jalan menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mengendalikan mobilitas warga, tapi 5 mobil ambulans termurah ini anti penyekatan jalan lho

Penyekatan jalan menjadi salah satu langkah preventif pemerintah untuk mengendalikan mobilitas warga dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hanya ada sedikit kendaraan yang boleh keluar-masuk termasuk mobil ambulans.

Gambar tampilan belakang Toyota Innova Ambulans

Mau pakai basis Kijang Innova buat mobil anti penyekatan jalan alias ambulans juga bisa, tapi kan mahal...

Yes, mobil ambulans tentunya memiliki tugas mulia yakni mengantar dan menjemput pasien yang sakit. Dan 5 basis mobil ambulans termurah yang disebutkan oleh tim Cintamobil.com ini tentunya anti penyekatan jalan lho. Apa saja mobilnya?

>>> Toyota Kijang Innova Ambulance: Pahlawan Virus Corona

1. Suzuki APV Ambulans

Mobil pertama yang menjadi salah satu ambulans termurah adalah Suzuki APV. Bagaimana tidak, APV memiliki cukup banyak trim level yang dapat dijadikan basic mobil ambulans. Mulai dari APV tipe GA, GL, GX, SGX, hingga trim Luxury, bahkan ada pula yang dilengkapi dengan transmisi otomatis.

Gambar Suzuki APV GA Ambulans

APV tipe GA jadi mobil basis ambulans yang banyak digunakan

Dengan banyaknya pilihan trim tersebut pihak rumah sakit, klinik, maupun dinas kesehatan dapat lebih mudah menentukan budget kendaraan ambulans mereka. Karena memesan mobil ambulans tentunya berbeda, alat medis yang ada di dalamnya harus disertakan dalam budget pengadaan.

Gambar Suzuki APV Luxury Ambulans

Ambulans seperti ini jadi mobil anti Penyekatan Jalan di masa PPKM seperti sekarang

Sebagai media yang punya reputasi tinggi seputar mobil, tentu kami tak asal bicara. Terbukti Suzuki APV ambulans jadi mobil yang paling banyak digunakan oleh pihak tenaga medis. Mesin 1.500 cc 4-silinder berkode G15 yang diusung dan posisi intake udara tinggi tak hanya membuatnya anti penyekatan jalan, tapi cukup anti banjir.

2. Daihatsu Luxio Ambulans

Pilihan kedua yang dapat dijadikan sebagai mobil anti penyekatan jalan selama masa PPKM adalah Daihatsu Luxio. Saudara dari Daihatsu Gran Max ini lebih kami pilih karena menawarkan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Gran Max yang sejak tahun 2007 tak berganti model maupun ada penyegaran.

Foto Daihatsu Luxio Ambulans

Luxio lebih kami rekomendasikan dari Gran Max

Memang harga yang dibayarkan sebagai mobil basis ambulans menjadi lebih mahal. Tetapi Anda akan mendapatkan beberapa hal yang tidak akan Anda dapat di Gran Max. Misal hal tak terlihat seperti peredaman kabin yang lebih baik dari saudaranya itu yang membuatnya lebih oke bila dijadikan basis ambulans.

Foto interior Daihatsu Luxio Ambulans

Luxio ambulans yang dipamerkan di salah satu pameran

Luxio sendiri dibekali mesin 1.500 cc berjumlah silinder kwartet alias pakai 4 buah piston dan tak tersedia varian 1.300 cc. Mesin dengan kode 3SZ-VE ini sudah terbukti mumpuni yaitu konsumsi BBM yang cukup baik, namun mampu memberikan performa yang cukup jempolan.

>>> PPKM Darurat Jawa-Bali, Polisi Siapkan Penyekatan

3. DFSK Gelora Ambulans

Jagoan PT Sokonindo Automobile ini tak bisa dipandang sebelah mata. Berbekal dimensi standar yang jauh mengungguli rivalnya asal Jepang yakni Suzuki APV dan Daihatsu Luxio membuat mobil bermerek Tiongkok ini patut diperhitungkan.

Gambar DFSK Gelora Ambulans

Gelora punya kelebihan yang tak dimiliki pesaingnya

Yes, mobil ambulans yang tentunya anti penyekatan jalan saat PPKM ini tak hanya punya ukuran bodi yang besar, tetapi juga diimbangi dengan interior yang lapang. Berbekal keunggulan tersebut tentunya alat medis yang bisa diletakkan di kabin mobil bisa lebih banyak serta pasien dan paramedis bisa lebih leluasa bergerak.

Gambar tampilan belakang DFSK Gelora Ambulans

Dimensi panjang jadi jaminan keluasan kabin

Dimensinya yang lega dan fungsional ini juga didukung dengan tenaga yang handal, kuat, dan responsif berkat ditunjang mesin 4-silinder berkode DK15 1.500 cc DVVT bertenaga 109 HP dan torsi 140 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 5-percepatan manual.

4. DFSK Super Cab Ambulans

Bila DFSK Gelora masih terasa terlalu mahal sebagai mobil basis ambulans. Anda bisa saja melirik pilihan ini yaitu DFSK Super Cab. Berbasis dari pick up yang cukup terkenal dan menjadi satu-satunya 'pemain' mobil niaga asal Negeri 1000 Panda tersebut.

Gambar tampilan samping DFSK Super Cab Ambulans

Jika Gelora terasa kemahalan sebagai mobil basis ambulans, coba lirik Super Cab

Keistimewaan ambulan DFSK Super Cab ini salah satunya punya ground clearance yang tinggi sehingga aman buat blusukan. Kabinnya pun luas jadi nyaman buat 3 orang di depan, dan yang terpenting adalah tersedia varian diesel.

Gambar interior DFSK Super Cab

Interior depan luas

Yes, pada 5 pilihan ambulans berharga murah ini, DFSK Super Cab menjadi satu-satunya varian yang dilengkapi dua pilihan mesin, yakni bensin -serupa dengan DFSK Gelora, dan diesel 1.300 cc berteknologi Italia. Ini cukup penting, sebab untuk untuk di pertambangan salah satu persyaratannya ambulance itu wajib diesel.

5. Suzuki New Carry Ambulans

Pilihan terakhir yang kami rekomendasikan untuk mobil ambulans berharga terjangkau adalah Suzuki New Carry Ambulans. Seperti yang kita tahu bersama New Carry Pick Up adalah raja di kelas pick up ringan dengan penjualan tertinggi setiap bulannya.

Gambar Suzuki New Carry Ambulans

Carry terbaru juga bisa disulap jadi mobil anti penyekatan jalan atau ambulans

Pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) yang berlangsung tahun 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales sempat memamerkan Suzuki New Carry Ambulans yang dimodifikasi total dari basis Suzuki New Carry Pick Up.

Foto mesin K15B-C Suzuki

Mesin jadi keunggulan utama New Carry

Kunci utama dari keunggulan Suzuki New Carry Ambulans terletak pada mesin 1.500 cc 4-silinder berkode K15B-C yang irit BBM, dan punya performa salah satu yang terbaik di kelasnya. Perbandingan rasio gigi yang pas membuat mobil ini dengan mudah melaju. Jadi, Anda mau pilih mobil mana yang bakal dijadikan basis ambulans?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top