Jadi Kebanggaan! Ekspor Mobil Made in Indonesia Bisa Tembus Jepang

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jadi Kebanggaan! Ekspor Mobil Made in Indonesia Bisa Tembus Jepang
PT Astra Daihatsu Motor mengaku bangga bahwa ekspor mobil made in Indonesia bisa menembus pasar Jepang yang dikenal mengedepankan kualitas dari kendaraan.

Sederet merek mobil ternama di dunia khususnya asal Jepang memang diketahui membangun pabriknya di Indonesia. Hal itu tak hanya dilakukan untuk memproduksi mobil demi memenuhi kebutuhan lokal namun juga ekspor. 

Negara-negara tujuan ekspor pun banyak. Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara belum lama ini mengungkap sudah ada 80 negara yang menjadi tujuan ekspor mobil made in Indonesia

Ekspor mobil Indonesia

Sudah 80 negara yang melakukan ekspor mobil made in Indonesia

>>> Ekspor Mobil Merek Jepang dari Indonesia Diminati di Vietnam

Jepang Amat Mementingkan Kualitas

Bicara negara, tentunya tak semua mulus. Ada negara yang justru ketat saat melakukan impor mobil khususnya dari Indonesia. Salah satu negara itu adalah Jepang. Dikenal sebagai negara yang mengutamakan kualitas, Jepang cukup ketat sebelum akhirnya bisa percaya ekspor mobil made in Indonesia. 

"Jepang mbahnya kualitas, masuk ke pasar ekspor Jepang itu tidak main-main, tidak sembarangan. Daihatsu membuktikan mampu mengekspor secara rutin berupa brand Toyota, Mazda, serta Daihatsu sendiri," ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam kesempatan Workshop Wartawan Industri 2020 secara virtual, Kamis (1/10/2020). 

Amelia juga kembali bercerita sulitnya saat Daihatsu pertama kali ingin mengekspor mobil yang diproduksi di Indonesia. Indonesia sendiri memang memiliki reputasi yang kurang baik kalau bicara kualitas mobil. 

"Waktu awal mau ekspor banyak dealer Toyota meragukan apakah sebuah mobil bisa diproduksi Indonesia yang negara kemampuan minim dan banyak utangnya, tapi sejak 2007 kita ekspor dan tahun 2020 diperluas," beber Amelia. 

>>> Sudah 80 Negara Cicipi Mobil Made in Indonesia

Daihatsu Ekspor Beragam Model Mobil

Bagi yang belum tahu, Daihatsu memproduksi banyak model untuk dijual di Indonesia yakni Xenia, Terios, Sigra, Gran Max, Luxio, dan juga Ayla. 

Sedangkan mobil made in Indonesia yang diekspor Daihatsu ke mancanegara adalah Avanza, Rush, Calya, Agya, Town Ace, Lite Ace, dan yang terbaru Bongo. Khusus pasar Jepang hanya ada model Gran Max yang dijual Toyota dengan nama Town Ace dan Lite Ace serta Mazda bernama Bongo. Ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Daihatsu. 

Ekspor mobil Indonesia

Gran Max yang dijual menjadi Toyota Town Ace

Bila melihat data ekspor Gaikindo, bisa dibilang hanya merek Daihatsu yang mengimpor mobilnya ke Jepang. Sedangkan sisanya ke negara-negara kawasan ASEAN, Timur Tengah, hingga Amerika Selatan. 

"Ekspor ke Jepang bukan hanya membanggakan untuk Astra tapi juga untuk Bangsa Indonesia," kata Amelia. 

>>>  3 Jurus Jitu Bikin Ekspor CBU Toyota Tembus 1 Juta Unit 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Nissan Dikabarkan Bakal Ekspor Livina ke Negara-negara Asia

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Nissan dikabarkan bakal melakukan ekspor Livina yang dibuat bersama dengan Mitsubishi Xpander ke sejumlah negara di kawasan Asia dalam beberapa waktu ke depan.

Lihat juga

Sebelum Diekspor, KMW AMMDes Sudah Melewati Uji Coba Ini

17/09/2020

Mobil baru

3 menit

Sebelum akhirnya kendaraan multiguna ini sukses diekspor ke negara luar, inilah serangkaian prasyarat dan juga uji coba yang harus dilewati oleh KMW AMMDes

Lihat juga

Ekspor Mobil Bulan Juli Naik Tajam, Impor Turun Tipis

20/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Ekspor mobil pada bulan Juli 2020 ke berbagai negara meningkat cukup tajam dibanding bulan sebelumnya. Hal ini beda dengan impor yang hanya meningkat tipis.

Lihat juga

Produk Ekspor Suzuki Dukung Pemulihan Ekonomi Tanah Air

14/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Produk Ekspor Suzuki ternyata mendukung pemulihan ekonomi Tanah Air pasca pandemi COVID19 ini, lantas produk apa saja yang berkontribusi pada ekspor ini?

Lihat juga

Thailand Jadi Sasaran Ekspor Mitsubishi Xpander Berikutnya

04/06/2018

Pasar mobil

7 menit

Nuansa kebahagiaan Mitsubishi atas keberhasilan mengeskspor perdana Xpander ke Filipina masih terasa. Kini Mitsubishi bakal melanjutkan ekspansinya ke negara lain dan Thailand jadi negara sasaran selanjutnya.

Lihat juga
 
back to top