Isuzu Yakini Produk Truk Mereka Memenuhi Regulasi Over Dimension Over Load (ODOL)

03/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Isuzu Yakini Produk Truk Mereka Memenuhi Regulasi Over Dimension Over Load (ODOL)
Kecelakaan yang melibatkan truk beberapa waktu terakhir ini memang membuat prihatin. Kecelakaan tersebut memicu berbagai pihak untuk mendorong pemerintah dalam menegakkan regulasi Over Dimension Over Load (ODOL) yang selama ini seolah diabaikan. Semua pabrikan truk siap mendukung, salah satunya adalah Isuzu yang meyakini produk truk mereka memenuhi regulasi ODOL.

Kecelakaan tragis di yang melibatkan truk beberapa waktu lalu membuat berbagai pihak mendorong regulator untuk menegakkan aturan ODOL yang seolah selama ini diabaikan. Dalam acara diskusi pintar yang diadakan oleh Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Isuzu menyatakan produk mereka memenuhi regulasi ODOL.

>>> Siap-siap Isuzu siap hadirkan produk terbaru bulan ini

Gambar menunjukkan Diskusi Pintar Isuzu dan FORWOT

Acara diskusi pintar FORWOT dihadiri pihak regulator, safety driving institute, komunitas bahkan truck maker

"Truk Isuzu keluar pabrik berbentuk karoseri, nah langkah Isuzu dalam memenuhi regulasi ODOL ini ada beberapa langkah. Yang pertama kami lakukan adalah kita (Isuzu) membina beberapa karoseri yang secara legalitas kita audit secara benar," papar Ernando Demily, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

>>> Mau beli truk Isuzu? Coba lihat pilihannya di sini

Gambar menunjukkan Jusri Pulubuhu

Jusri Pulubuhu dari Jakarta Devensive Driving Canter sedang memberikan materi mengenai bahaya overloading

Masih menurut pria ramah yang kami temui di bilangan Antasari, Jakarta Selatan ini, yang diaudit meliputi unsur teknikal, warranty, hingga kualitas karoseri. "Karoseri binaan kami, jelas mempunyai SKRB (Surat Keterangan Rancang Bangun) asli yang dikeluarkan kementrian perhubungan," tambahnya.

>>> Mending pilih Toyota Kijang Kapsul Atau Isuzu Panther?

Gambar menunjukkan Kombes.Pol Bambang Sentot Widodo, pihak Korlantas POLRI

Pihak Korlantas POLRI sedang menjelaskan data mengenai penindakan truk yang melanggar aturan

Lebih jauh, dari unsur safety dan desain truk pun, secara maksimal Isuzu selalu mematuhi apa yang jadi aturan pemerintah. "Contoh gampangnya, dari sisi keselamatan kendaraan produk Isuzu tracktor head bernama Isuzu GIGA itu sudah pakai sistem pengereman ABS," paparnya ke tim Cintamobil.com.

Gambar menunjukkan Truk Isuzu GIGA Tractor Head

Truk Isuzu modern punya ECU canggih yang dapat memonitor penggunaan truk

Dari sisi teknis truknya sendiri, truk besutan Isuzu ternyata juga punya sistem Electronic Control Unit (ECU) canggih. Jadi ECU truk ini dapat memonitoring penggunaan truk. Jika truk Isuzu ini tidak digunakan sebagai mana mestinya bahkan melanggar ODOL, secara otomatis warranty claim akan ditolak oleh Isuzu.

Gambar menunjukkan Drs. Budi Setiyadi, SH, Msi, Dirjen Perhubungan Darat

Dirjen perhubungan darat menerima plakat dari diskusi pintar ini

Maka tak heran Isuzu dengan percaya diri mengatakan bahwa truk andalan mereka memenuhi regulasi ODOL. Dan memang sudah seharusnya semua pabrikan atawa truck maker di Indonesia mendukung pemerintah untuk mengimplementasikan regulasi ODOL ini.

>>> Simak berita terbaru seputar otomotif di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top